Home Otomotif Kendala eSAF Honda Banyak Bikin Celaka, Yamaha Ungkap Sasis Anti-Karat

Kendala eSAF Honda Banyak Bikin Celaka, Yamaha Ungkap Sasis Anti-Karat

by Rohmat Ali

Industri otomotif roda dua di Indonesia tengah diramaikan dengan kasus rangka motor Honda enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang berkarat. Sebagai rival di pasar tersebut, Yamaha mengklaim bahwa sasis buatannya lebih tebal dan tahan karat.

Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), Dyonisius Beti, mengungkapkan bahwa rangka motor Yamaha dibuat khusus sesuai kondisi di Indonesia. Hingga saat ini, belum ada keluhan mengenai rangka berkarat atau keropos pada motor Yamaha. Dyonisius menjelaskan bahwa Yamaha telah memperhatikan kondisi di Indonesia seperti musim hujan dan kemarau, serta kelembaban yang tinggi. Karat bukanlah masalah yang terjadi hanya pada motor, tetapi juga di pagar dan tempat lainnya. Oleh karena itu, Yamaha telah memperhatikan hal ini dengan memperhatikan sisi drainase rangka motor.

Untuk mengatasi masalah rangka motor yang berkarat, Yamaha menggunakan material rangka yang lebih tebal. Dengan begitu, Yamaha dapat mencegah karatan dan keropos yang mungkin terjadi akibat hujan dan kelembaban tinggi di Indonesia. Berbeda dengan rangka motor Yamaha yang lebih tebal, Dyonisius menyebut bahwa setahu dia, rangka motor dari merk lain hanya setebal separuh dari yang Yamaha gunakan. Ketebalan material tersebut memengaruhi kemampuan rangka dalam menahan karat. Selain itu, sistem drainase juga sangat penting dalam menjaga kualitas rangka motor. Jika terdapat banyak air yang tertampung di dalam rangka, maka kemungkinan karatan akan lebih tinggi.

Seperti yang kita ketahui, sistem drainase atau saluran air pada rangka motor sangat penting dalam menjaga kualitasnya. Oleh karena itu, setiap produsen motor akan memberikan lubang di titik terendah pada rangka motor. Hal ini bertujuan agar air yang masuk ke dalam rangka dapat mengalir dan keluar tanpa tersisa di dalam rangka.

Dengan adanya klaim dari Yamaha mengenai sasis motor mereka yang lebih tahan karat, hal ini menjadi pilihan menarik bagi para konsumen. Mereka dapat mempertimbangkan faktor tahan karat dalam memilih motor yang akan dibeli, terutama mengingat kondisi cuaca dan lingkungan yang ada di Indonesia. Yamaha pun terus mengembangkan teknologi dan sasis motor mereka guna memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada para konsumen di tanah air.

Jadi, Yamaha memiliki keunggulan dalam hal ketahanan rangka motor terhadap karat jika dibandingkan dengan merek lainnya. Dengan memilih material yang lebih tebal dan memperhatikan sistem drainase, Yamaha mampu menghadirkan motor yang tahan karat dan awet dalam menghadapi berbagai kondisi cuaca di Indonesia. Konsumen diharapkan dapat mempertimbangkan aspek ini saat memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Related Articles

Leave a Comment

3 × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.