Home News MotoGP Mantan Pemilik Tim MotoGP, Paul Bird Meninggal Dunia

Mantan Pemilik Tim MotoGP, Paul Bird Meninggal Dunia

by VR46 Fans
1000179 1

Sebuah pernyataan singkat dari tim Paul Bird Motorsport mengatakan bahwa sang pemilik meninggal dunia pada Jumat (1/9/2023) lalu setelah dirawat di rumah sakit.

“PBM dengan sangat sedih mengumumkan meninggalnya Paul Bird, pemilik tim Paul Bird Motorsport. Paul Bird meninggal dunia hari ini pada usia 56 tahun setelah dirawat di rumah sakit karena sakit. Keluarga Paul meminta privasi selama masa duka ini,” demikian bunyi pengumuman tim.

Bird paling banyak dikaitkan dengan BSB, di mana tim PBM Racing miliknya memenangi delapan gelar juara.

Kesuksesan pertama PBM diraih bersama mendiang Steve Hislop pada 2002, sebelum Shane Byrne – yang menggantikan Hislop – merengkuh titel pertama dari lima gelar yang diraihnya bersama tim tersebut pada 2003.

Byrne kembali menjadi juara untuk tim ini pada 2012, dan menambahkan tiga gelar lagi dalam kariernya pada 2014, 2016 dan 2017.

PBM kembali menjadi juara pada 2019 ketika merekrut mantan pembalap MotoGP, Scott Redding, untuk mengendarai Ducati.  Josh Brookes berhasil meraih gelar juara beruntun pada musim berikutnya.

Tim Bird juga mengelola tim pabrikan Kawasaki di WSBK dari 2009 hingga 2011, meskipun Provec akan mengambil alih sejak 2012 ketika dua truk balap PBM ditemukan sarat dengan narkoba, senjata, dan amunisi ketika mereka mencoba masuk ke Inggris.

Bird mengatakan kepada Motorcycle News pada saat itu bahwa sebuah geng telah menempatkan barang selundupan tersebut di truknya. Sementara, pembalapnya – Phil Roe – dijatuhi hukuman 18 tahun penjara.

PBM kemudian pindah ke MotoGP pada 2012 dengan munculnya peraturan CRT (Claiming Rule Team), dengan menurunkan James Ellison di atas motor Aprilia ART – meraih posisi kesembilan dalam dua kesempatan.

Tim ini berlanjut pada 2013 dengan Michael Laverty dan Yonny Hernandez, dengan Broc Parkes menggantikan yang terakhir pada 2014 sebelum PBM menarik diri dari balapan grand prix.

Bird juga menikmati kesuksesan TT bersama Ian Hutchinson pada 2015, dan berkompetisi dalam reli nasional di Inggris. Waktu tim Bird di jalanan juga menghasilkan kemenangan TT dengan orang-orang seperti John McGuinness dan Joey Dunlop.

Namun, ia dijatuhi hukuman larangan mengemudi pada 2019 yang akan berlaku hingga 2026.

PBM saat ini memimpin klasemen di BSB dengan Tommy Bridewell dan Glenn Irwin. Masih belum jelas apa rencana tim ke depannya, dengan putaran berikutnya yang akan berlangsung pada 15-17 September di Oulton Park.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.