Home News MotoGP Balaton Park Siap Menjadi Tuan Rumah WorldSBK 2024 di Eropa Tengah

Balaton Park Siap Menjadi Tuan Rumah WorldSBK 2024 di Eropa Tengah

by Dita

WSBK Berencana Menjadi Tuan Rumah di Balaton Park dan Homologasi Sirkuit untuk MotoGP.

WSBK (WorldSBK) mengumumkan pada Senin bahwa mereka sedang bekerja untuk menjadi tuan rumah di kawasan Eropa Tengah, yang pernah mereka kunjungi pada awal sejarah kejuaraan ini. Dalam kerja sama dengan Badan Pengembangan Mobilitas Hungaria (HUMDA), Dorna Sports, Promotor WSBK dan MotoGP, sedang melakukan homologasi sirkuit Balaton Park untuk menjadi tuan rumah WorldSBK 2024.

Balaton Park sebenarnya pernah berharap dapat masuk dalam kalender MotoGP pada tahun 2010, namun akhirnya Grand Prix Hungaria dibatalkan karena proyek konstruksinya belum selesai. MotorLand Aragon kemudian menjadi penggantinya dan telah menjadi tuan rumah penggalian tanpa henti hingga 2022 dan akan kembali diadakan pada kalender MotoGP tahun depan.

Keputusan Dorna untuk bekerja sama dengan HUMDA terkait Balaton Park sebagai sirkuit tuan rumah WorldSBK dan MotoGP menunjukkan minat mereka yang sangat besar terhadap kategori utama balap motor roda dua. Dalam konfirmasi perusahaan Spanyol tersebut, mereka ingin memasukkan Balaton Park ke dalam kalender WorldSBK 2024 dan juga merencanakan untuk menjadikannya sirkuit cadangan MotoGP mulai tahun depan hingga MotoGP pindah ke Hungaroring mulai tahun 2025.

Balaton Park terletak sekitar 30 kilometer dari Budapest dan telah menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 Hungaria sejak tahun 1986. Dengan menjadi tuan rumah WorldSBK, sirkuit ini akan kembali menyambut Kejuaraan Dunia Motor setelah terakhir kali mengadakan balapan pada tahun 1990 dan 1992, dengan kemenangan untuk Mick Doohan dan Eddie Lawson di kategori 500cc.

Ini bukan kali pertama rumor tentang balap motor elite dunia kembali ke Hungaria berhembus. Namun, kali ini terasa lebih nyata dengan adanya homologasi yang dilakukan oleh Dorna untuk kedua sirkuit Balaton Park dan Hungaroring.

Pada musim 2023, MotoGP juga akan menggelar Grand Prix India pertama dalam sejarahnya di sirkuit Buddh setelah beberapa ajang baru di Finladi (KymiRing) dan Kazakhstan (Sokol) dibatalkan dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, WSBK juga sedang berusaha untuk menghadirkan lebih banyak kejutan di masa depannya. Vallelunga diperkirakan akan menggantikan Imola sebagai tuan rumah seri Italia pada 2024. Selain itu, Mandalika juga telah mundur dari daftar penyelenggara. Dengan upaya mereka yang terus berkembang, WSBK berharap dapat memberikan pengalaman balap motor yang lebih menarik di masa depan.

Related Articles

Leave a Comment

1 × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.