Home News MotoGP Kontroversi Long Lap Penalty dalam Grand Prix Jepang: Maverick Vinales, Cal Crutchlow, dan Raul Fernandez Terkena Sanksi Berat

Kontroversi Long Lap Penalty dalam Grand Prix Jepang: Maverick Vinales, Cal Crutchlow, dan Raul Fernandez Terkena Sanksi Berat

by Dita

Pembalap MotoGP Raul Fernandez Marah dengan Long Lap Penalty yang Diterima.

Pada Grand Prix Jepang yang berlangsung pada hari Minggu lalu, terdapat tiga pembalap yang mendapatkan hukuman long lap penalty, yaitu Maverick Vinales, Cal Crutchlow, dan Raul Fernandez. Menurut Panel Stewards MotoGP, ketiga pembalap tersebut melakukan “pergantian motor yang salah” pada tahap awal balapan saat hujan turun dan kondisi flag to flag harus dilakukan. Hal ini dianggap berpotensi membahayakan mereka sendiri, pembalap lain, dan marshal.

Pergantian sepeda motor selama balapan merupakan manuver yang diawasi ketat oleh peraturan demi meminimalkan risiko. Dalam kasus Crutchlow dan Fernandez, keduanya berbelok ke garasi terlalu cepat. Awalnya, pembalap asal Inggris tersebut mengira bahwa itu adalah kesalahan dari para Steward. Namun, kemudian dia menyadari bahwa ada seorang pembalap di depannya yang menghalangi pandangannya untuk melihat arah yang seharusnya dia belokkan.

Sementara itu, pembalap RNF Racing, Raul Fernandez, merasa sangat marah dengan hukuman long lap penalty yang diberikan kepadanya. Ia berpendapat bahwa peraturan tersebut perlu ditinjau ulang. Baginya, peraturan yang ada terkadang dianggap sebagai lelucon. Ia meminta maaf kepada semua orang yang merasa tersinggung, namun menurutnya, penalti tersebut perlu diperbaiki. Ia menilai bahwa jika seorang pembalap menabrak pembalap lain, mereka hanya akan mendapatkan peringatan, namun jika mereka melewati garis garasi lain sebelum garasi mereka sendiri, mereka akan mendapatkan hukuman long lap penalty. Bagi Fernandez, hal ini dianggap sebagai lelucon. Ia berharap peraturan tersebut dapat diperbaiki agar lebih adil.

Raul Fernandez menegaskan bahwa ia memang berbelok terlalu dini ke arah pit untuk meninggalkan motornya, namun ia menganggap hukuman tersebut tidak proporsional. Menurutnya, jika seorang pembalap menabrak pembalap lain, mereka hanya akan mendapatkan peringatan. Namun, jika mereka melewati garis yang hanya berjarak kurang dari satu meter, mereka akan mendapatkan hukuman long lap penalty. Fernandez merasa bahwa aturan ini tidak adil.

Selama balapan, Fernandez berada di posisi kedelapan dan berada dalam jarak yang dekat dengan pembalap di depannya. Namun, setelah mendapatkan hukuman long lap penalty, ia harus puas dengan posisi kesembilan setelah balapan dihentikan secara pasti. Bagi pembalap asal Madrid ini, hukuman tersebut dapat membuatnya kehilangan hasil yang sangat bagus.

Fernandez merasa senang dengan pekerjaan yang telah dilakukan oleh timnya selama akhir pekan tersebut. Ia merasa bahwa semua orang di timnya telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Mereka berjuang untuk memperebutkan posisi enam besar, tetapi bagi Fernandez, hukuman tersebut tidak tepat. Ia berharap agar peraturan dapat diperbaiki, mengingat mereka berada di Kejuaraan Dunia MotoGP yang prestisius dan terkadang merasa bahwa mereka diperlakukan seperti anak-anak.

Fernandez tidak mengetahui siapa yang memutuskan hukuman tersebut dan ia meminta maaf atas ekspresinya yang marah. Ia mengungkapkan bahwa pada saat itu, ia sangat marah. Kemudian, balapan dihentikan karena adanya bendera merah dan hal tersebut dianggap sempurna untuk semua orang karena kondisi lintasan yang tidak aman. Namun, balapan tidak dilanjutkan setelah itu, sehingga ia merasa kesal dengan hukuman long lap penalty yang diberikan dan tidak ada lagi yang dapat ia katakan. Baginya, pendapatnya mungkin tidak akan mengubah apapun, namun ia merasa perlu untuk mengungkapkannya karena mereka berjuang sepanjang akhir pekan dan terdapat lebih dari 20 orang yang bekerja di belakang mereka yang tidak dapat menghancurkan balapan mereka dengan hukuman long lap penalty karena berbelok di depan garasi mereka. Ia berharap agar peraturan dapat diperbaiki mengingat mereka berada di MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

4 × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.