Home News MotoGP Ancaman Angin Ekstrem, Balapan MotoGP Australia Diadakan pada Sabtu

Ancaman Angin Ekstrem, Balapan MotoGP Australia Diadakan pada Sabtu

by Dita

Ancaman Angin Ekstrem di MotoGP Australia Membuat Balapan Utama Diadakan pada Hari Sabtu.

Ancaman angin ekstrem pada Minggu (22/10/2023), memaksa penyelenggara MotoGP Australia mengubah susunan acara, di mana balapan utama – yang dimenangi oleh Johann Zarco – diadakan pada Sabtu. Sprint Race dijadwalkan pada hari Minggu , satu jam lebih awal dari yang direncanakan, tetapi harus dibatalkan setelah kondisi memburuk dalam tes Moto3 dan Moto2. Pada balapan terakhir, 10 pembalap terjatuh dalam sembilan lap sebelum bendera merah dikibarkan.

Gangguan cuaca bukanlah hal yang tidak biasa di akhir pekan Phillip Island, yang berlangsung selama musim semi di negara tersebut. Pemimpin klasemen, Pecco Bagnaia, menunjukkan bahwa akan lebih baik untuk memindahkan acara ke musim panas Australia, yaitu pada awal tahun. “Kami memintanya, tetapi saya pikir itu sulit dilakukan karena berbagai alasan. Mungkin karena kalender Formula 1, saya tidak tahu,” kata pembalap Italia itu ketika ditanya apakah yang terjadi seharusnya mendorong Dorna dan penyelenggara balapan untuk memindahkan tanggal balapan. “Sudah jelas bahwa bagi saya mungkin lebih baik untuk memindahkan Mandalika (Indonesia) dan balapan ini ke awal (musim), karena Phillip Island di musim panas mungkin lebih baik daripada kondisi ini. Anginnya mungkin sama tetapi Anda akan mendapatkan sinar matahari, suhunya bagus. Di sesi Warm Up, tidak mungkin untuk memanaskan rem depan, dan kami mencapai tikungan 10 di setiap lap tanpa rem. Selain itu, suhunya terlalu rendah.”

Direktur balapan MotoGP, Mike Webb, mengatakan kepada media pada Minggu bahwa tanggal tersebut tidak akan berubah untuk kampanye berikutnya – Grand Prix dijadwalkan pada 20 Oktober 2024 – karena kalender telah ditetapkan. Pada saat yang sama, ia mencatat bahwa ada juga alasan komersial yang berperan. Bagian dari ini termasuk perjanjian Australian Grand Prix Corporation saat ini dengan Formula 1 , yang berlangsung hingga 2035 dan yang memastikan bahwa acara Albert Park diadakan sebagai salah satu dari tiga balapan pertama di musim Grand Circus.

Perlu diingat bahwa Qatar tidak menjadi tuan rumah Grand Prix perdana musim 2023 ini karena pekerjaan yang dilakukan di sirkuit Losail, tetapi akan melakukannya pada 2024. Bagnaia tiba di Sprint Race, Minggu, dengan keunggulan 27 poin dari Jorge Martin dalam perebutan gelar juara. Setelah finis di urutan kedua dalam balapan, sementara pembalap Spanyol itu berada di urutan kelima. Pecco menyatakan bahwa ia “siap bertarung untuk posisi pertama” dalam uji coba dan bahwa “keseimbangannya positif” sejak awal, meskipun ada kemungkinan

Related Articles

Leave a Comment

eleven + 10 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.