Home News MotoGP Langkah Konsesi MotoGP untuk Pabrikan Jepang di Sepang

Langkah Konsesi MotoGP untuk Pabrikan Jepang di Sepang

by Dita

Langkah-Langkah Konsesi MotoGP untuk Membantu Pabrikan Jepang

Carlos Ezpeleta, direktur olahraga MotoGP, memperkenalkan langkah-langkah yang akan diambil oleh lima pabrikan yang terlibat dalam kelas utama di Sepang. Langkah-langkah ini bertujuan untuk membantu pabrikan Jepang mengejar ketertinggalan mereka dari tim-tim Eropa. Saat ini, Honda dan Yamaha berada di urutan terakhir dalam klasemen konstruktor, dengan Honda hanya memenangi satu balapan dan kehilangan Marc Marquez, yang pindah ke Gresini Ducati untuk tahun depan di tengah musim yang sulit. Sementara, Yamaha hanya memiliki tiga podium grand prix di tahun 2023.

Versi pertama dari konsesi ini, yang akan diimplementasikan mulai musim 2024 dan seterusnya, akan “dapat diterima” oleh Ducati, kata seorang sumber di pabrikan tersebut kepada Motorsport.com. Konsesi ini akan mencakup penggunaan ban, pengujian, dan mesin yang terbatas, serta tidak dapat menikmati wild card. Namun, baik KTM maupun Aprilia tidak bersedia menerima langkah-langkah tersebut. Pasalnya, mereka meminta pemotongan lebih lanjut untuk pabrikan yang berbasis di Bologna itu, langkah-langkah tambahan yang tidak mau diterima oleh Ducati.

Sistem yang dirancang oleh kejuaraan akan didasarkan pada skala poin berdasarkan klasemen kejuaraan dunia konstruktor, yang saat ini dipimpin oleh Ducati dengan 601 poin, diikuti oleh KTM (326), Aprilia (287) dan dua tim asal Jepang, Honda dan Yamaha, masing-masing dengan 166 dan 165 poin. Makin banyak poin, secara logika, makin besar pula pemotongan gaji. Ujung tombak dari sistem konsesi baru ini adalah ban. Saat ini, setiap pembalap berhak atas 200 unit per musim, baik untuk grand prix maupun uji coba. Kisaran unit yang tersedia untuk setiap pembalap akan berubah dari 230 (untuk Yamaha dan Honda) menjadi 170 (Ducati), sementara KTM dan Aprilia akan berada di kisaran menengah.

Jumlah wild card juga akan diberikan berdasarkan poin, sehingga Ducati tidak akan mendapatkan undangan dan pabrikan Jepang akan mendapatkan lebih banyak. Meskipun pada prinsipnya jumlah hari uji coba privat tidak akan berubah, pengurangan jumlah ban yang tersedia akan membatasi jumlah hari tes. Jumlah hari uji coba untuk para pembalap pabrikan dengan poin terbanyak pun dipangkas. Sementara, Ducati bersedia menerima kondisi ini, para pesaingnya di Eropa meminta pengurangan yang lebih besar, khususnya agar jumlah ban menjadi 140 per tahun. Angka ini tidak dapat diterima oleh Bologna, terutama jika KTM dan Aprilia dapat mempertahankan 200 ban per musim.

Poin lain yang diusulkan adalah jumlah mesin yang akan dimiliki setiap pembalap per musim. Saat ini, setiap rider dibekali tujuh mesin dan dalam kasus tim dengan poin lebih sedikit akan lebih banyak. Jumlah pastinya belum ditentukan. Dengan tidak adanya penyempurnaan proposal, Carlos Ezpeleta berharap bisa meyakinkan para konstruktor yang memberikan lebih banyak hambatan pada sistem konsesi baru ini dan mengumumkan secara resmi antara balapan di Qatar akhir pekan depan dan Valencia pada 26 November, sehingga Yamaha dan Honda dapat mulai bekerja pada 2024 untuk menutup kesenjangan dengan pabrik-pabrik di Eropa.

MotoGP sebelumnya memiliki sistem konsesi untuk membantu pabrikan yang sedang berjuang dan pabrikan baru, dengan Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM yang mengambil keuntungan dari hal ini untuk menjadikan diri mereka sebagai yang terdepan. Pada tahun lalu, semua pabrikan telah mendaftarkan hasil yang diperlukan untuk kehilangan konsesi. Dengan adanya langkah-langkah konsesi baru ini, diharapkan pabrikan Jepang dapat mengejar ketertinggalan mereka dari pabrikan Eropa dan memperkuat persaingan di MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

13 + four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.