Home News MotoGP Maverick Viales Tercepat di Latihan MotoGP Valencia

Maverick Viales Tercepat di Latihan MotoGP Valencia

by VR46 Fans
17008390083377

Maverick Viales menjadi yang pertama dalam Praktik MotoGP Valencia. Namun, berita menariknya adalah bahwa Jorge Martn sudah masuk dalam pertarungan untuk pole position, di Q2, sementara Pecco Bagnaia tidak. Hal ini disebabkan oleh tekanan dari Martinator dan juga bendera kuning yang ikut berkontribusi. Kondisi cuaca saat itu cukup baik, dengan sinar matahari dan suhu yang lebih tinggi, yaitu 23 derajat di udara dan 26 derajat di aspal, berbeda jauh dengan suhu 8 derajat di pagi hari.

Sebelum memulai, tim Repsol Honda memberikan informasi tentang kondisi Joan Mir, yang dievakuasi ke rumah sakit karena masalah leher. Meskipun tidak ada patah tulang, namun dia tidak bisa melanjutkan latihan bebas kedua pada hari Sabtu. Pecco Bagnaia mengubah strategi biasanya dengan menggunakan ban baru: keras di bagian depan dan lunak di bagian belakang. Sementara itu, Martinator tetap menggunakan ban yang sama dengan pagi hari (keras dan sedang) untuk mencoba dengan komponen yang sudah digunakan.

Namun, madrileño menunjukkan waktu yang lebih baik, meskipun pemimpinannya diambil alih oleh Di Giannantonio, yang juga menggunakan ban baru. Aleix Espargar jatuh di akhir lintasan. Dia sudah datang dengan kondisi setengah terluka setelah patah tulang kaki kiri di Qatar. Dia bangkit dengan rasa sakit. Tidak lama kemudian, Marco Bezzecchi mengalami kecelakaan di tikungan 8. Dia terbalik beberapa kali. Hampir seketika, Augusto Fernández juga jatuh di tikungan masuk garis finish.

Kemudian, Alex Rins kehilangan keseimbangan di tikungan awal. Pembalap asal Barcelona ini kembali ke LCR Honda untuk mengucapkan selamat tinggal dan melakukan tes dengan Yamaha. ‘Diggia’ terus meningkatkan waktunya, meskipun menggunakan ban keras atau yang sudah terpakai. Kondisi fisiknya luar biasa. Kemenangannya di Lusail akan memberinya kontrak dengan VR46 untuk 2024. Marc Márquez dan Fabio Quartararo menunjukkan bahwa mereka lebih dekat dengan para pemimpin. Mereka mungkin bisa memberikan kejutan, atau ketakutan, bagi salah satu Ducati. Brad Binder, dengan KTM, juga muncul di putaran tersebut.

Dengan tersisa 27 menit, Martín sudah keluar dengan ban baru di bagian depan dan ban lunak di bagian belakang. Dia tidak langsung menjadi pemimpin karena Marc Márquez sudah menggunakan dua ban lunak dan hampir memecahkan rekor Jorge Lorenzo tahun 2016. Namun, pembalap Prima Pramac bisa mengalahkan pembalap asal Lleida itu… dengan selisih satu milidetik. Meskipun begitu, Maverick Viales berhasil memecahkan rekor waktu tercepat yang sebelumnya dipegang oleh juara lima kali asal Balearic. Dia berhasil mencatatkan waktu 1:29.392, unggul sembilan milidetik. Aspal yang baru membantunya. ‘Diggia’, dengan ban lunak, hampir saja mengalahkan pembalap asal Gerona itu. Namun, dia kalah lima milidetik.

Jack Miller mengalami kecelakaan di tikungan 3. Dia mengalami benturan keras setelah terjatuh. Dia bangkit dengan berjalan terhuyung-huyung. Petugas lapangan menampilkan bendera merah karena ada beberapa bagian yang tersebar di lintasan. Hal ini terjadi saat Bagnaia hendak meninggalkan pit lane. Di belakangnya, Jorge Martín juga akan keluar dari pit lane setelah lawannya. Keduanya harus didorong kembali ke garasi oleh mekanik mereka.

Aktivitas kembali berlanjut dengan cepat, namun kali ini Pecco dan Jorge keluar dengan posisi yang jauh lebih rendah, dengan beberapa pembalap di antara keduanya. Namun, pembalap asal San Sebastián de los Reyes ini berhasil melewati beberapa pembalap dan mengejar posisi pertama.

Luca Marini dan Raúl Fernández jatuh setelah melewati garis finish. Pecco masuk ke pit di luar ‘top 10’… dengan Jorge yang terus mengejarnya. Ini adalah cara Jorge untuk memberikan tekanan. Davide Tardozzi, kepala tim tim resmi Ducati, berdiri di depan Jorge di pit lane dan memberitahunya untuk keluar, namun ’89’ hanya bergerak saat melihat lawannya pergi.

Bagnaia masuk ke dalam permainan dan keluar dari lintasan. Jorge mengejarnya. Miller jatuh lagi dan bendera kuning keluar yang membatalkan putarannya. Pembalap asal Chivasso itu tidak berhasil masuk dalam percobaan pertamanya. Jorge terlalu mendekat sehingga dia harus melintasi garis. Drama kecil bagi Bagnaia terjadi saat Pol Espargar jatuh dan bendera kuning keluar lagi. Pecco gagal masuk dalam ‘top 10’. Tujuan pertama tercapai… oleh Martinator.

Juara bertahan harus melalui Q1. Mereka yang sudah masuk dalam Q2 adalah: Viales, Martín, Zarco, Di Giannantonio, Bezzecchi, Binder, Marc Márquez, Raúl Fernández, Miller, dan Aleix Espargar. Sedangkan yang harus melalui sesi kualifikasi kembali adalah: Bastianini, Alex Márquez, Quartararo, Morbidelli, Bagnaia, Nakagami, Marini, Augusto Fernández, Rins, Savadori, dan Pol Espargar.

Di kelas Moto3, banyak kecelakaan terjadi, termasuk dua kecelakaan yang melibatkan David Alonso, David Muñoz, dan Ayumu Sasaki. Namun, kecelakaan terparah adalah yang dialami oleh Deniz Öncü, yang mengalami kecelakaan parah di tikungan 4. David Almansa tidak dapat berpartisipasi karena belum pulih sepenuhnya, dan digantikan oleh Marcos Ruda di Finetwork MIR. Pada akhirnya, Holgado mendominasi, seperti yang dilakukannya di pagi hari, dengan juara bertahan Masi finis di posisi keenam.

Di kelas Moto2, terjadi duel sengit antara Pedro Acosta, Fermín Aldeguer, dan Arón Canet. Ketiganya berhasil mencatat waktu di bawah rekor, dengan juara bertahan, El Tiburón de Mazarrón, finis di posisi pertama. Ramírez, Alonso López, dan Izan Guevara juga masuk dalam ‘top 14’. Sedangkan yang gagal masuk adalah: Manu González, yang terjatuh, Arenas, Garz, yang berlaga sebagai pembalap tamu, García Dols, Escrig, dan Alcoba.

Dengan demikian, hasil klasifikasi dari Praktik MotoGP Valencia adalah sebagai berikut:

1. Maverick Viales
2. Jorge Martín
3. Johann Zarco
4. Fabio Di Giannantonio
5. Marco Bezzecchi
6. Brad Binder
7. Marc Márquez
8. Raúl Fernández
9. Jack Miller
10. Aleix Espargar

Dengan hasil ini, para pembalap akan mempersiapkan diri untuk sesi kualifikasi dan balapan yang akan berlangsung pada hari Minggu. Semua mata tertuju pada siapa yang akan menjadi juara di MotoGP Valencia.

Related Articles

Leave a Comment

fifteen − ten =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.