Home News MotoGP Musim 2023 Yamaha: Dari Kekecewaan Hingga Harapan

Musim 2023 Yamaha: Dari Kekecewaan Hingga Harapan

by Dita

Musim 2023 merupakan musim yang tidak memuaskan bagi tim Yamaha. Dimulai dengan perpisahan dengan tim satelit (RNF, pindah ke Aprilia) dan diakhiri dengan minimnya kemenangan. Hal ini tentu saja mengecewakan bagi raksasa seperti Yamaha, terutama setelah merebut juara dunia terakhir pada 2021 atas nama Quartararo. Sang juara dunia bahkan kesulitan untuk menerobos 10 besar musim ini. Tim tersebut pun memutuskan untuk mengubah arah. Namun, upaya mereka belum cukup untuk mengembalikan kepercayaan besar El Diablo, yang beberapa kali menegaskan bahwa Yamaha hanya punya waktu sedikit untuk meyakinkannya bertahan. Sebagai informasi, kontrak Quartararo berlangsung hingga akhir 2024.

Massimo Meregalli, manajer tim Yamaha, membahas musim yang baru saja berakhir dalam sebuah obrolan dengan rekan-rekan GPOne, di mana dia membahas beberapa topik, dari masalah Quartararo hingga keinginan untuk kembali ke puncak berkat dukungan tim satelit. Tanpa diragukan lagi, ini adalah musim terburuk sejak saya berada di MotoGP, musim yang panjang karena kami melakukan sprint dan pelit dengan hasil. Sayangnya, kami tahu sejak awal bahwa situasinya akan sulit dan, pada titik tertentu, satu-satunya hal yang kami coba lakukan di dalam tim adalah tidak menuduh, tetapi mencoba mengoptimalkan apa yang kami miliki semaksimal mungkin, meskipun kami telah melakukannya tahun sebelumnya,” jelas manajer tim Yamaha.

Situasi memburuk dalam waktu singkat, hanya dua tahun lalu, Quartararo menjadi juara dunia bersama Yamaha dan sekarang tim mencoba untuk kembali ke jalur yang benar. “Pada 2021, kami memulai dengan kuat dan para pesaing masih memiliki motor baru untuk diperbaiki, kemudian kami menderita di paruh kedua musim. Kami mampu menyembunyikan batas kemampuan kami dalam dua tahun terakhir karena yang lain memiliki masalah di awal. Namun, tahun ini, semua orang memulai dengan kuat, dengan motor yang kompetitif, dan kami dihadapkan pada kenyataan,” ia menjelaskan. Meregalli tidak menyembunyikan beratnya situasi dan sulitnya menemukan keseimbangan. Namun, angin segar mulai berhembus. Quartararo meraih tiga podium pada Minggu (Austin, Buddh, dan Mandalika) dan posisi ketiga di Sprint Race Assen. Bukan hal yang diinginkan oleh seorang juara dunia, tetapi tampaknya ada sesuatu yang berubah di akhir musim.

“Untungnya beberapa podium datang dan membawa antusiasme. Secara pribadi, saya merasa berat untuk meninggalkan rumah karena berpikir bahwa, kecuali sesuatu yang istimewa terjadi, ini akan menjadi akhir pekan yang sulit,” Meregalli melanjutkan. “Namun di akhir musim ini, kami mulai mencoba sesuatu yang baru untuk musim depan,” ujar Meregalli, yang mengaku telah mendengarkan Quartararo, yang meminta Yamaha untuk berani.

“Kami mengambil risiko karena Yamaha tidak terbiasa memberikan sesuatu yang baru yang belum pernah dicoba oleh para penguji. Kami tidak akan rugi dan kami mencoba mengantisipasi sesuatu. Pada akhirnya, ada beberapa peningkatan dalam beberapa balapan terakhir. Sekarang, saya berharap untuk memulai Sepang sedikit lebih baik dari bagaimana kami finis di Valencia.” Tes Sepang akan menjadi penting untuk memahami ke arah mana pengembangan motor dan peningkatan apa yang akan terjadi pada YZR M1.

“Yang pasti tidak akan ada perubahan. Saya sudah tahu bahwa kita tidak akan melihat M1 yang pasti di sana, tapi saya berharap motor ini akan lebih kompetitif. Konsesi akan memungkinkan kami untuk bekerja sepanjang tahun di semua aspek. Tentu saja, kami akan melakukan evolusi untuk aerodinamika dan saya mengharapkan hal yang sama untuk mesin. Juga akan ada sesuatu yang baru untuk sasis,” Meregalli menjanjikan. House of Iwata akan mengambil keuntungan dari konsesi dan akan dapat memanfaatkannya selama musim ini untuk kembali ke puncak. Hal ini juga penting untuk meyakinkan Quartararo agar tetap bertahan di Yamaha.

“Bahkan baginya sulit untuk mencerna kenyataan bahwa ia tidak mulai menang, tetapi pada akhirnya ia mengerti bahwa kami harus memanfaatkan peluang dan terus bekerja. Saya angkat topi untuk Fabio karena dia tidak pernah mundur meskipun ada paket yang tidak memungkinkannya untuk memberikan apa yang dia inginkan,” ia memuji pembalap utama. “Fabio, bagaimanapun, sangat senang dengan paket aerodinamis baru, itu adalah ujian utama di Valencia,” ia mengklarifikasi pekerjaan Marmorini, yang bertanggung jawab pada mesin.”Orang Jepang selalu sedikit konservatif, kami belum berhasil mengubahnya sepenuhnya, tetapi penting untuk memiliki kolaborasi semacam ini, seperti fakta bahwa kami telah mengembangkan aerodinamika di Italia. Ini adalah buah dari perubahan mentalitas yang diminta Fabio.”

Oleh karena itu, pada 2024 juga akan sangat penting dalam hal pasar untuk mencoba mempertahankan Quartararo. Ide Yamaha adalah kembali memiliki tim satelit, dan Meregalli mengonfirmasi pembicaraan dengan direktur tim VR46, Uccio Salucci, untuk mengambil alih dari Ducati di VR46 mulai 2025. “Itu adalah salah satu tujuan kami dan manajemennya akan berbeda dari apa yang kami lakukan di masa lalu, saat kami hanya memasok motor. Ide yang kami miliki saat ini adalah bersinergi langsung dengan tim satelit untuk bekerja sama. Tentu saja tim pertama yang akan kami pilih adalah tim Valentino, dia adalah duta Yamaha dan hubungan kami sudah sangat dikenal,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Comment

13 − 7 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.