Home News MotoGP Kekuatan Mesin MotoGP dan Kesiapan Fisik Rider

Kekuatan Mesin MotoGP dan Kesiapan Fisik Rider

by Dita

Johann Zarco, Pembalap MotoGP yang Memiliki Kondisi Fisik Prima

Motor MotoGP tidak pernah sekuat ini. Mesin-mesin ini memiliki kekuatan yang luar biasa, mampu mencapai kecepatan lebih dari 360 km/jam, dan menguji para pembalap di setiap putaran dan setiap manuver. Meskipun kontrol traksi telah diperkenalkan untuk mengurangi goncangan yang paling keras, para rider masih sangat aktif di atas motor mereka, harus terus-menerus menyesuaikan pengaturan tertentu atau menggunakan perangkat holeshot untuk memastikan jalan keluar yang efisien di tikungan. Semua pekerjaan ini membuat balapan menjadi sangat menguras tenaga, dan kesulitan ini semakin bertambah ketika kondisi balapan sangat ekstrem, seperti saat seri di Asia musim gugur, ketika panas dan kelembaban tinggi bercampur menjadi satu.

Meskipun persiapan fisik secara khusus ditujukan untuk acara-acara ini, mustahil untuk mempertahankan upaya maksimal selama 40 menit balapan, seperti yang ditemukan Johann Zarco di Sepang. “Dalam hal detak jantung, misalnya, ini tidak terlalu intens dibandingkan dengan Sprint Race. Jika Anda mencapai kecepatan maksimal yang sama seperti pada Sprint Race, ada saat di mana Anda harus melepaskannya dan tujuannya adalah untuk tetap konstan,” jelas pembalap asal Prancis itu kepada Canal+. “Tetapi bahkan jika saya mencoba mengaturnya, pada kenyataannya saya hanya empat ketukan lebih lambat dari pada saat sprint, jadi itu tidak besar, tidak menyisakan banyak udara. Dan kemudian ada panas : sepeda mengeluarkan panas, jadi begitu Anda dekat dengan seseorang, maka akan terasa panas.”

Untuk menjaga kondisi fisiknya selama GP Malaysia dan memastikan dirinya bisa finis, Zarco mengurangi intensitas balapan untuk sementara waktu. “Saya mencoba mengerahkan lebih banyak tenaga, tapi tidak berhasil. Saya mencoba rileks, tapi itu juga tidak membuat saya melaju lebih cepat…” jelas pembalap asal Prancis ini, menggambarkan situasi yang sulit untuk dikelola. “Setelah beberapa saat, Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan juga berkonsentrasi untuk tidak membuat kesalahan. Tapi, ini adalah motor yang sangat kuat, ada beberapa yang mengendarainya dengan lebih mulus, lebih santai, yang lain kurang begitu dan itulah mengapa kami berlatih untuk bertahan.”

Sejak kedatangannya di MotoGP 2017, Johann Zarco telah melihat kategori ini makin ketat. Ditambah dengan kalender yang lebih panjang dan akhir pekan kian intens dengan hadirnya Sprint Race. Balapan menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya, dengan motor yang memiliki performa sangat mirip dan ban yang tidak mudah rusak, memaksa Anda untuk mempertahankan kecepatan sangat tinggi dari awal hingga akhir. “Ini terlihat lebih sulit, atau kami membutuhkan pendekatan yang benar-benar fokus pada aspek olahraga untuk mempersiapkan diri menghadapi akhir pekan yang intens, dengan Sprint Race dan balapan panjang di hari Minggu. Ban sekarang lebih konsisten dibandingkan enam tahun lalu, jadi itu berarti kami tidak bisa bermain-main dengan konsistensi. Dulu, Anda bisa membedakan antara ban yang sudah aus dan yang baru, tapi sekarang lebih sulit. Segalanya telah berkembang pesat.

“Saya sangat senang berada di antara mereka yang masih tampil baik dengan semua fitur baru ini. Dengan semua balapan ini selama bertahun-tahun, yang paling berubah adalah ritme yang harus Anda temukan selama balapan akhir pekan. Balapan akhir pekan sepertinya tidak lagi hanya sekali, Anda harus menemukan ritme Anda untuk tampil sepanjang waktu.”

Pertahankan energi sepanjang musim

Keinginan untuk tampil sepanjang waktu inilah yang memandu Johann Zarco dalam mengatur persiapan fisiknya. Selain perawatan yang diberikan oleh saudara perempuannya, Severine, seorang ahli osteopati yang bekerja dengan getaran yang dihasilkan oleh mangkuk Tibet, rider 33 tahun ini juga ditemani oleh perenang Gregory Mallet dan fisioterapis Alexandre Mathieu, yang mengikutinya ke semua Grand Prix untuk membantunya pulih. Dengan dua sesi latihan sehari ketika berada di rumah, yang terdiri dari bersepeda di jalan raya, berlari, latihan di gym, dan memanjat, serta pola makan yang dia lakukan dengan cermat, Zarco berusaha mempertahankan tingkat kebugaran tinggi untuk mempertahankan energinya sepanjang musim. Dia berada dalam posisi yang tepat untuk menghadapi Grand Prix yang sangat berat.

Jika para rider terus berupaya menyempurnakan latihan mereka, seperti yang telah dilakukannya sendiri dengan melakukan perubahan selama dua tahun terakhir, Sprint Race akan menjadi modulasi lain pada 2023. Pelajaran yang dipetik musim ini, terutama di ajang yang paling menuntut fisik, telah membantu menyempurnakan program sehingga siap untuk tes pramusim pertama, yang akan diadakan di Sepang pada awal Februari. “Latihan telah berkembang sepanjang tahun ini. Dengan mengambil semua informasi ini –  itulah mengapa saya berkendara dengan (monitor detak jantung), karena memungkinkan saya untuk merekam aktivitas saya selama akhir pekan dan melihat di zona mana saya berada dalam hal detak jantung,” ungkapnya. “Saya telah beradaptasi selama tahun ini dan sudah memungkinkan kami untuk memiliki program yang baik untuk musim dingin. “Setelah itu, tidak ada perubahan besar, tapi ada banyak kesinambungan sehingga Anda tidak kehilangan benang merah dan membuat kemajuan tanpa menyadarinya. Itulah yang terjadi tahun ini, dan tahun depan kami akan memastikannya tetap seperti itu.”

Related Articles

Leave a Comment

7 − six =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.