Home News MotoGP Ducati Dominasi Total di MotoGP, Menghantui Pesaing-Pesaingnya

Ducati Dominasi Total di MotoGP, Menghantui Pesaing-Pesaingnya

by VR46 Fans

Ducati: Dominasi Tanpa Tanding di MotoGP

Ducati telah memimpin MotoGP selama dua tahun terakhir. Berkat kejeniusan tenang dari Gigi Dall’Igna, Borgo Panigale telah menghancurkan persaingan di ajang balap dua roda karena motor mereka jauh lebih unggul dari yang lain. Baik KTM, Aprilia, Yamaha, maupun Honda tidak mampu menyaingi mesin-mesin kuat dari Italia.

Sebagai referensi, pada akhir Kejuaraan Konstruktor 2023, Ducati mengumpulkan 700 poin, sementara pesaingnya tertinggal jauh. KTM hanya mampu mengumpulkan 373 poin, Aprilia 326 poin, Yamaha 196 poin, dan Honda 185 poin.

Angka-angka Mengerikan
Merek Italia ini telah mencapai sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Pecco Bagnaia telah memenangkan dua gelar berturut-turut. Dan jika melihat secara global, dengan delapan motor di lintasan, perusahaan asal Bologna ini terus mengumpulkan kemenangan. Totalnya, mereka telah meraih 17 kemenangan. Dan ada lebih banyak data menakjubkan: pada musim 2023, para pembalap Ducati naik podium sebanyak 43 kali (Bagnaia 15 kali, Jorge Martín 8 kali, Marco Bezzecchi 7 kali, Johann Zarco 6 kali, Luca Marini 2 kali, Alex Márquez 2 kali, Fabio Di Giannantonio 2 kali, dan Enea Bastianini 1 kali).

Dan yang terakhir, ada data mengerikan lainnya bagi pesaing. Ducati meraih 13 kali finis 1-2 pada musim yang berakhir di Valencia bulan November lalu. Mereka bahkan mendominasi podium pada delapan kesempatan yang berbeda.

Tambahan yang Mengerikan
Dan sekarang, Marc Márquez telah memutuskan untuk bergabung dengan Gresini Racing. Artinya, pada tahun 2024, juara delapan kali tersebut juga akan membalap dengan senjata paling menakutkan di MotoGP. Dan itu adalah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan bagi pesaing Ducati.

“Hanya pembalap Ducati yang secara teratur mengalahkan kami dan memiliki keunggulan besar dengan delapan motor di grid, delapan motor fantastis, dan tahun depan akan menjadi lebih buruk karena motor yang memenangkan gelar dunia akan dikendarai oleh Marc Márquez. Itu tidak terdengar baik bagi seluruh persaingan. Itu adalah pekerjaan sulit, tapi kami tidak punya pilihan selain memperbaiki motor kami dan berhenti membuat kesalahan,” ungkap Massimo Rivola, seperti yang dikutip oleh Speedweek.

Pimpinan Aprilia mengakui bahwa akan tidak mungkin untuk menggulingkan raksasa asal Bologna ini dalam waktu dekat di kelas utama balap motor. “Kita tidak pernah merencanakan untuk menurunkan ekspektasi, tetapi kami memiliki masalah dengan delapan Ducati super cepat yang ada di grid. Tujuan kita harus menjadi produsen terbaik kedua. Jika kita menggabungkan semuanya, kita bisa menjadi cepat. Ini tentang detail dan kita harus bekerja lebih tekun pada detail-detail tersebut,” tegas insinyur Italia tersebut, yang tahu bahwa mereka harus memberikan Aleix Espargaró dan Maverick Viñales sebuah RS-GP24 yang kuat untuk bisa bersaing dengan raja-raja kejuaraan.

“Tidak Bagus untuk MotoGP”
“Kami tahu bahwa sulit untuk melawan Ducati dengan keunggulan yang mereka miliki sekarang, baik secara numerik maupun statistik, dengan semua data yang mereka kumpulkan. Karena waktu di lintasan adalah cara untuk mengembangkan motor. Dan dengan cara ini mereka mendapatkan dua kali lipat waktu di lintasan. Saya tidak ingin menyakiti perasaan siapa pun, karena mereka melakukannya dan kami tidak. Masalahnya adalah bahwa seharusnya mereka tidak diizinkan melakukannya. Saya katakan hal ini kepada Carmelo (Ezpeleta) setiap hari. Saya tidak mengatakan bahwa mereka tidak memiliki hak untuk melakukannya. Mereka mencapai tujuan mereka, mereka menginvestasikan banyak, dan karena itu mereka melakukan yang terbaik untuk kepentingan mereka. Tapi itu tidak bagus untuk MotoGP,” demikian disimpulkan oleh pimpinan tim dari Noale.

Dengan dominasi yang begitu kuat, tampaknya Ducati akan tetap menjadi raja di MotoGP untuk waktu yang lama. Bagaimana para pesaing mereka akan menanggapi dominasi ini? Apakah mereka akan mampu menemukan cara untuk menyaingi keunggulan Ducati? Kita tunggu saja bagaimana perkembangan MotoGP ke depannya.

Related Articles

Leave a Comment

16 + 15 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.