Home News MotoGP Fabio Quartararo: Mengelola Tekanan dan Emosi di MotoGP 2023

Fabio Quartararo: Mengelola Tekanan dan Emosi di MotoGP 2023

by Dita

Fabio Quartararo, Pembalap MotoGP yang Menghadapi Stres dan Menemukan Ketenangan

Ketika MotoGP 2023 akan segera berakhir, Fabio Quartararo mengakui bahwa tahun 2020 dan 2021 jauh lebih menegangkan” daripada musim ini. El Diablo menggarisbawahi sejauh mana kurangnya ekspektasi telah membantunya. “Dalam dua atau tiga tahun terakhir, saya jauh lebih tertekan dengan hasil yang saya peroleh di kejuaraan. Ketika Anda berada di urutan pertama atau kedua, tekanannya jauh lebih besar. Saat ini, saya tidak memiliki apa pun yang dipertaruhkan, saya hanya mencoba melakukan yang terbaik dan mendapatkan hasil terbaik,” ujarnya saat itu.

Pembalap asal Prancis ini tidak diragukan lagi mengalami musim yang sangat sulit, tetapi ia meninggalkannya dengan pengalaman yang sangat berharga. Dari sudut pandang manusia, dia sadar telah melalui perjalanan panjang dalam hal mengelola emosinya dengan lebih baik, memperbaiki kesehatan mentalnya, setelah mengalami bagian pertama kejuaraan dengan cara yang cukup negatif. “Sebelumnya, ketika saya kembali dari balapan, saya akan tinggal di rumah selama empat atau lima hari, (saya) sangat tertekan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com. “Saya tidak menikmati kehidupan nyata. Saya bertanya-tanya mengapa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, mengapa saya tidak bisa kembali, mengapa tidak ada yang membaik. Saya memiliki sisi yang sangat negatif. Bahkan saat saya tidak bertanding, saya selalu berpikir negatif. Tapi sekarang, apa pun yang terjadi di hari Minggu, apakah itu hasil yang bagus atau buruk, saya memutuskan hubungan pada hari Senin. Saya ingin bersenang-senang dengan keluarga saya, teman-teman saya, berlatih dengan baik, dalam kondisi sehat, dan bagi saya itulah perbedaan utamanya.

Ketenangan yang dia temukan sepanjang 2023 ini adalah contoh dari jalan yang diambil Quartararo di masa lalu. Selama tahun-tahunnya di Moto2, kesulitan telah membuat pilot #20 berkonsultasi dengan psikolog olahraga. Demikian juga, setelah grand prix pertamanya di kelas utama, ketika dia harus memulai dari pit lane alih-alih dari posisi kelima. Kemudian, terutama pada 2020, ketika dia melihat harapannya runtuh. Setelah memenangi gelar, dia menyadari harus belajar menyalurkan emosinya dan dapat mencari bantuan lagi untuk mengatur kondisi mentalnya dengan lebih baik.

Namun, tidak selalu mudah untuk mengendalikan rasa frustrasi yang dapat ditimbulkan oleh hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Pembalap asal Nice itu membiarkan dirinya kehilangan fokus pada awal 2022 ketika menyadari bahwa dia tidak akan mendapatkan peningkatan yang dia harapkan dari Yamaha YZR-M1. Sekali lagi musim ini, dia menuntut kemajuan dari rumah Jepang untuk waktu yang lama, dengan cara yang kemudian dia sesali. Tapi dia tahu bahwa ketika merasa mendidih, dia harus bereaksi dan mengambil pendekatan yang lebih positif.

“Masalah saya adalah dia bisa membuat saya marah dengan sangat cepat. Terlalu cepat. Dan untuk segala hal, terutama untuk olahraga,” jelasnya bulan lalu di siniar resmi MotoGP. “Menjadi lebih tenang telah banyak membantu saya dalam menyampaikan pendapat saya kepada para mekanik saya, dan bahkan dalam kehidupan, secara sederhana. “Saya tidak pernah merendahkan siapa pun dan saya tidak pernah melakukan hal-hal yang sangat buruk. Saya berteriak, meskipun jika Anda berteriak selama setengah jam, mekanik tidak akan mengerti apa-apa.

Fabio Quartararo a terminé dixième du championnat en 2023. “Anda harus mengatakan apa yang tidak berfungsi, karena jika Anda mengatakan tidak ada yang bekerja, montir akan menjawab, ‘Baiklah, apa yang Anda ingin saya lakukan? Apa yang Anda ingin saya perbaiki? Anda harus memikirkan area yang ingin Anda tingkatkan, apakah itu pengereman, belokan, atau cengkeraman.’ “Itu adalah sesuatu yang harus saya pelajari. Saya benar-benar mempelajarinya dari pelatih mental saya dan, tahun ini, saya selalu berusaha untuk tetap positif dalam situasi yang sulit.”

Quartararo harus menerima kenyataan bahwa ia belum bisa menang lagi dalam 1,5 tahun. Namun, ia ingin melihatnya secara positif karena pengalaman yang didapat. “Ini sebenarnya adalah babak baru dalam karier saya,” ia menjelaskan. “Saya pikir ketika kami keluar dari ini, saya akan belajar banyak dari momen-momen buruk itu. Anda selalu belajar lebih banyak di saat-saat sulit.

“Ketika Anda menang, semuanya berjalan dengan baik, tetapi pada saat-saat itulah Anda harus mempertanyakan diri sendiri, di mana Anda menjadi banyak pertanyaan, ketika Anda harus tetap tenang. Anda menghadapi kesulitan dan saya pikir saat itulah Anda benar-benar mendapatkan pengalaman.”

Pembalap asal Prancis ini telah mengalami kesulitan di masa lalu, tetapi besarnya kemunduran saat ini telah 10 kali lipat dibanding musim juara. “Di Moto3, saya tidak pernah menang. Saya bisa saja finis kedua, ketiga atau kelima, tapi saya tidak pernah merasakan kemenangan. Di Moto2, saya memenangi dua balapan, menurut saya! Dan di MotoGP, saya selalu berjuang untuk naik podium, kemenangan dan gelar,” ujarnya. “Saya menikmatinya dan merasakan bagaimana rasanya selalu berada di puncak, menang atau naik podium. Dan kemudian, dari satu tahun ke tahun berikutnya…

“Tahun 2022 sangat sulit, saya tidak pernah menyangka akan berada di antara 3 besar di akhir kejuaraan. Tetapi tahun ini, kami telah meraih tiga podium dan tidak ada kemenangan, dan itu juga termasuk dalam Sprint Race. Secara mental itu sangat sulit, terutama di bagian pertama musim ini. Saya tidak pernah menerima posisi yang akhirnya saya dapatkan. Saya menjadi sangat marah.

“Bahkan, setelah balapan saya pulang ke rumah dan saya kecewa, saya tidak menikmati hidup. Dan di tengah musim, saya berkata pada diri sendiri bahwa mulai sekarang saya akan memberikan 100 persen, menikmati hasil apa pun itu. Segera setelah balapan berakhir, memutuskan hubungan dan menikmati berada di rumah. Antara Februari dan Juli, saya tidak menikmatinya.

“Sebagai seorang pribadi, saya adalah seorang pemenang. Saya tidak ingin menyerah.Itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lakukan,” tegas Quartararo yang bertekad memanfaatkan pengalaman ini untuk kembali ke puncak. “Bahkan ketika Anda berada dalam situasi di mana Anda tahu bahwa Anda tidak dapat berjuang untuk meraih kemenangan, saya masih percaya bahwa saya harus melakukannya.Di mana pun posisinya, saya selalu ingin finis di depan. Saya tidak tahu kapan itu akan terjadi, tetapi kami akan berada di puncak lagi, itu pasti “, pungkasnya.

Dari perjalanan panjang yang dilalui Quartararo, kita dapat melihat bagaimana pengalaman sulit dapat menjadi pelajaran berharga dalam mengelola stres dan emosi. Ketenangan yang dia temukan sepanjang 2023 ini adalah contoh dari perubahan positif dalam cara dia menghadapi tekanan dan ekspektasi. Dengan pengalaman yang dia dapatkan, Quartararo memiliki keyakinan bahwa dia akan kembali ke puncak dan meraih kemenangan di masa depan.

Related Articles

Leave a Comment

7 + 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.