Home Otomotif CFN Puncak Bogor: Malam Tanpa Kendaraan di Tahun Baru 2024

CFN Puncak Bogor: Malam Tanpa Kendaraan di Tahun Baru 2024

by Rohmat Ali

Car Free Night di Puncak Bogor Mulai Malam Tahun Baru 2024

Polisi akan menerapkan malam tanpa kendaraan atau car free night di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat pergantian malam tahun baru 2024. Kepolisian telah menyiapkan dua jalur alternatif bagi mereka yang hendak menuju Cianjur dan Bandung. Rencananya, penerapan car free night di kawasan Puncak, Bogor akan dimulai pada Minggu malam (13/12) mulai pukul 21.00 WIB hingga Senin (1/1) pukul 01.00 WIB.

Menurut Juru Bicara Polri Kombes Pol A. Maladi, terdapat dua jalur alternatif yang telah disiapkan. Jalur pertama akan melalui kawasan Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Cikalong, dan kemudian menuju Cianjur. Sementara jalur kedua akan memandu pemudik melintasi rute Ciawi, Cicurug, Cibadang, Kota Sukabumi, dan Cianjur. “Dua alternatif itu sudah siap saat diberlakukannya CFN nanti,” ujar Maladi dikutip dari Antara.

Selain penerapan car free night, kepolisian juga menerapkan aturan ganjil genap di jalur Puncak mulai tanggal 29 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Bagi pelaku perjalanan yang melanggar aturan ganjil genap, mereka akan langsung diputar balik oleh petugas. “Kemudian atau kembali memutar masuk ke jalur alternatif tersebut. Kita masukkan ke jalur-jalur alternatif terdekat, sehingga silakan melalui jalur alternatif,” ucap Ardian, anggota KBO Satlantas Polres Bogor.

Apabila ada kendaraan yang melintas saat car free night di Puncak, polisi akan melakukan tindakan. Pertama, mereka akan mengarahkan kendaraan ke kantong parkir terdekat. “Apabila ditemukan kendaraan masih melintas, maka kami akan lakukan yaitu yang pertama adalah mengantongkan ke lokasi parkir yang memadai,” kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto kepada wartawan di Simpang Gadog.

Kepolisian sangat berharap bahwa masyarakat yang akan menuju kawasan Puncak dapat menepati waktu kedatangan dan waktu untuk sampai ke lokasi tujuan pada saat malam perayaan tahun baru, yaitu pada pukul 21.00 WIB hingga 01.00 WIB. “Kami harapkan memang masyarakat yang akan menuju kawasan Puncak itu menepati waktu kedatangan, dan waktu untuk sampai ke lokasi tujuan pada saat malam perayaan tahun baru pada pukul 21.00 WIB-01.00 WIB,” lanjutnya.

Dengan adanya kebijakan car free night dan aturan ganjil genap ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan keselamatan selama libur tahun baru. Selain itu, hal ini juga sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan dalam merayakan tahun baru.

Terkait dengan penerapan kebijakan car free night dan aturan ganjil genap di jalur Puncak, ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para pemudik untuk menghindari kemacetan dan kelancaran perjalanan selama libur tahun baru. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Rencanakan perjalanan dengan matang, tentukan rute alternatif yang akan dilewati dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan.
2. Mulailah perjalanan lebih awal untuk menghindari kemacetan dan memberikan waktu cadangan bagi kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak terduga.
3. Patuhi aturan lalu lintas dan jangan melanggar aturan ganjil genap yang diberlakukan oleh kepolisian selama libur tahun baru.
4. Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum atau carpooling agar dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya.
5. Persiapkan diri dengan membawa perlengkapan darurat dan mengikuti perkembangan informasi lalu lintas melalui radio atau aplikasi navigasi selama perjalanan.

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan pemudik dapat menghindari kemacetan dan menjalani perjalanan dengan nyaman selama libur tahun baru. Dengan demikian, kegiatan car free night di Puncak, Bogor dapat berjalan lancar tanpa kendala, dan masyarakat dapat merayakan pergantian tahun dengan aman dan nyaman.

Dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban selama libur tahun baru, kolaborasi antara kepolisian, pemerintah, dan masyarakat sangatlah penting. Dukungan dan kepatuhan dari masyarakat terhadap aturan yang diberlakukan akan sangat berkontribusi dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang tertib dan aman. Oleh karena itu, mari kita sama-sama mendukung dan mematuhi aturan yang ada demi keamanan dan keselamatan bersama.

Melalui penerapan kebijakan car free night dan aturan ganjil genap, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pemudik yang merayakan libur tahun baru di kawasan Puncak, Bogor. Semoga dengan adanya kebijakan ini, masyarakat dapat merayakan pergantian tahun dengan suka dan duka dalam suasana yang tertib, aman, dan nyaman. Semoga libur tahun baru tahun ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi kita semua. Selamat merayakan tahun baru!

Related Articles

Leave a Comment

15 − one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.