Home News MotoGP Miguel Oliveira: Dari Kegagalan hingga Harapan Musim Depan

Miguel Oliveira: Dari Kegagalan hingga Harapan Musim Depan

by Dita

Miguel Oliveira didera cedera sejak awal hingga akhir musim

Pembalap Portugal itu memulai tahun ini dengan kekecewaan. Jadi pembalap tersukses KTM pada MotoGP 2022, ia malah diturunkan ke tim satelit, Tech3. Harga dirinya tercoreng, Oliveira pun memilih hengkang ke tim satelit Aprilia, RNF Racing. Sinyal awal menjanjikan, dengan menempati posisi kedua dalam kualifikasi di kandang sendiri, Portimao. Sayangnya, ia gagal finis dalam putaran pembuka.

Setelah ditabrak Marc Marquez, ia mengalami cedera kaki kanan yang memaksanya mundur dari MotoGP Argentina. Cedera tersebut merupakan salah satu contoh dari kesialan yang menerpanya musim ini, karena ia kembali terlibat dalam kecelakaan yang tidak disengaja di Jerez dan Losail. Di Spanyol, ia terjebak dalam kecelakaan pada awal balapan dan mengalami patah tulang humerus. Sementara di Qatar, Aleix Espargaro menjatuhkannya di lap pertama Sprint Race, membuatnya mengalami retak tulang belikat. Ia harus mundur dari Le Mans, balapan utama di Losail dan dua putaran di Valencia.

Di antara berbagai periode cedera tersebut, Oliveira hanya mampu meraih lima kali finis di posisi 10 besar dan tiga kali tembus lima besar, terutama karena masalah keandalan motor Aprilia di Belanda, Austria dan Thailand. Ketika ditanya oleh seorang jurnalis tentang musimnya yang “mengerikan”, pembalap berusia 28 tahun ini mengulangi istilah tersebut. Ia berharap telah memusatkan semua kesulitan pada musim ini sehingga dapat memulai dengan awal yang baik tahun depan.

“Sangat buruk,” kata pria yang akan mengenakan seragam tim baru Trackhouse musim depan. “Saya menyelesaikan delapan balapan dan itu tidak seperti yang saya harapkan, sudah pasti. Musim ini saya mengalami banyak hal: kesialan, tabrakan dengan pembalap lain, insiden, masalah teknis dengan motor. Saya mengalami sedikit ketidakberuntungan, tetapi saya pikir itu juga memberi saya kekuatan karakter untuk musim depan. Saya senang bisa mengalami semuanya musim ini, jadi saya harap musim depan akan lebih baik.”

Meskipun Aprilia hanya memiliki dua motor sejak kembalinya mereka pada 2015, tahun ini mereka mengandalkan kehadiran dua motor tambahan dengan RNF dan pengalaman Miguel Oliveira untuk bekerja lebih efektif. Namun, ia hanya mampu menyelesaikan kurang dari separuh balapan. Kontribusinya pada akhirnya cukup kecil.

“Kami senang memiliki tim pribadi ini bersama kami karena sejak awal sudah membantu kami,” kata Direktur Balap Aprilia, Paolo Bonora, kepada situs resmi MotoGP. “Kami dapat memahami lebih banyak tentang perilaku motor dengan gaya berkendara yang berbeda, tetapi kami terlalu banyak menderita karena cedera yang dialami Oliveira. Hal ini sangat memengaruhi musimnya. Dia adalah talenta yang sangat bagus, dengan potensi yang besar, tetapi dia tidak menunjukkan kepada kami, atau siapa pun, apa yang bisa dia lakukan dengan motor ini. Kami berharap musim depan ia akan lebih beruntung.”

Sebelum memikirkan musim 2024, Miguel Oliveira harus menyempurnakan kondisi fisiknya selama liburan musim dingin yang datang pada waktu yang tepat setelah cedera tulang belikatnya. Ia hanya memiliki waktu kurang dari dua bulan untuk kembali bugar, namun ia tetap bersemangat, percaya akan kemampuannya untuk memulai lagi dari awal pada Februari.

“Memang begitulah keadaannya. Saya perlu memulihkan diri, namun saya tidak berkecil hati dengan menyelesaikan musim seperti ini. Tentu saja, saya akan senang menyelesaikan balapan di Valencia dengan pikiran yang baik, melakukan tes dan memiliki perasaan seperti itu untuk musim dingin, tetapi tahun lalu saya menjalani musim dingin dengan kemenangan,” katanya.

“Saya finis ketiga atau keempat di tes Valencia, jadi saya pikir perasaan itu akan hilang ketika Anda memulai lagi dari awal dan menetapkan tujuan baru untuk musim ini. Saya hanya ingin 100 persen untuk tes musim dingin di Sepang, dan melaju dari sana.”

Dengan semangat yang tinggi dan keyakinan akan pemulihan kondisi fisiknya, Miguel Oliveira siap untuk memulai kembali di musim 2024. Meskipun musim ini penuh dengan cedera dan kesulitan, ia percaya bahwa pengalaman tersebut akan memberinya kekuatan karakter dan kesiapan yang lebih baik untuk menghadapi tantangan di masa depan. Semoga Miguel Oliveira dapat pulih sepenuhnya dan kembali bersaing di lintasan MotoGP dengan performa yang lebih baik pada musim mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

two × 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.