Home Otomotif Mobil Lebih Padat saat Menuju Puncak Libur Tahun Baru

Mobil Lebih Padat saat Menuju Puncak Libur Tahun Baru

by Rohmat Ali

Libur akhir tahun adalah waktu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan rekan-rekan. Namun, bersamaan dengan itu, juga datanglah tantangan dalam hal arus lalu lintas yang meningkat drastis. Seperti yang tercatat dalam data statistik, pada tahun 2023, terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintasi beberapa ruas tol di Indonesia. Data menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 3,4% dalam volume kendaraan yang melintasi ruas Tol ASTRA Infra yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto menjelang puncak pergantian tahun.

Tol Tangerang-Merak

Periode 18 – 30 Desember 2023, total kendaraan yang melewati ruas Tol Tangerang – Merak tercatat sebanyak 2.139.973 kendaraan, naik sekitar 2,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada hari puncak tanggal 30 Desember 2023, kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa terpantau lancar, tercatat sekitar 50.276 kendaraan keluar Gerbang Tol Cikupa arah Merak, naik 8% dibanding hari sebelumnya.

Di sisi lain, arus lalu lintas yang keluar Gerbang Tol Merak, tercatat sekitar 9.565 kendaraan melintas, turun 14% dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan, untuk arus lalu lintas yang menuju Gerbang Tol Merak dari arah Jakarta, tercatat sekitar 43.737 kendaraan keluar Gerbang Tol Cikupa, turun sekitar 10% dibandingkan hari sebelumnya. Adapun kondisi lalu lintas di kedua jalur pada 30 Desember 2023 terpantau stabil dengan Volume/Capacity Ratio, yaitu rasio antara volume kendaraan dan kapasitas jalan, sebesar 0,48.

Tol Cikopo – Palimanan

Pada periode yang sama, total volume kendaraan yang melintasi pelatih Tol Cikopo – Palimanan sebanyak 1.187.369 kendaraan, meningkat sekitar 16% dari tahun sebelumnya. Pada tanggal 30 Desember 2023, jumlah kendaraan harian yang melewati tol Cikopo – Palimanan tercatat sebesar 102.688 kendaraan, mengalami peningkatan sekitar 9% dibandingkan dengan hari sebelumnya. Selain itu, kondisi lalu lintas terpantau stabil dengan Volume/Capacity Ratio sebesar 0,5.

Ruas tol ini juga memberikan diskon tarif sebesar 10% pada 28 Desember 2023 dan 3 Januari 2024 mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB. Diskon tersebut hanya berlaku untuk kendaraan yang masuk via Gerbang Tol Kalikangkung dan keluar di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Tol Jombang – Mojokerto

Peristiwa peningkatan volume kendaraan juga terjadi di ruas Tol Jombang-Mojokerto. Total volume kendaraan yang melintas sebanyak 596.128, naik sekitar 4,4% dibandingkan periode mudik Natal tahun sebelumnya. Sementara itu, untuk kendaraan yang melintas pada 30 Desember 2023 sebanyak 53.448 kendaraan, meningkat sekitar 17% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Untuk meningkatkan pelayanan untuk pengguna jalan, petugas Sentra Komunikasi (Senkom) Siap melayani 24 jam. Bagi pengguna jalan yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor telepon Ruas Tol Tangerang-Merak (0254 – 207 878), Tol Cikopo – Palimanan (0260 – 7600 600) dan Jombang – Mojokerto (0321 – 888 123).

Himbauan dan Tips untuk Pengguna Jalan

Menyikapi peningkatan arus lalu lintas dan volume kendaraan yang melintasi tol-tol tersebut, ASTRA Infra melalui kampanye Nataru Ceria menghimbau pengguna jalan untuk dapat rutin memonitor informasi lalu lintas, memastikan kesiapan kondisi kendaraan dan kondisi tubuh fit, menyiapkan kebutuhan perjalanan, mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Untuk mencegah kelelahan, pengguna jalan juga dihimbau untuk dapat beristirahat di rest area maksimal selama 30 menit setelah 4 jam berkendara berturut-turut. Jika rest area penuh, pengguna jalan dapat juga beristirahat di luar jalan tol tanpa dikenakan biaya tambahan. Selain itu, pengguna jalan juga disarankan untuk dapat mengantisipasi cuaca buruk pada liburan Nataru tahun ini.

Penutup

Di tengah euforia libur akhir tahun, peningkatan volume kendaraan yang melintasi ruas tol menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Dengan adanya himbauan dan tips dari pihak terkait, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kondisi lalu lintas yang meningkat. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan liburan.

Related Articles

Leave a Comment

7 − five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.