Home News MotoGP Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung dengan Tim Gresini

Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung dengan Tim Gresini

by Dita

Marc Marquez, Pembalap Legendaris yang Meninggalkan Honda

Marc Marquez, pembalap legendaris asal Spanyol, akan membalap pada 2024 bersama tim Gresini setelah musim 2023 yang buruk yang membuatnya meninggalkan Honda setahun sebelum kontraknya berakhir. Juara dunia delapan kali ini telah berkompetisi selama 11 musim bersama tim asal Jepang tersebut, memulai debutnya di MotoGP pada 2013 dan meraih 59 kemenangan serta enam gelar juara.

Sejak mengumumkan perpisahannya dengan Honda, Marquez tidak pernah menutup kemungkinan untuk kembali suatu hari nanti. Meskipun dia mengakui pada tes Valencia pada November bahwa dalam hal ini bukan keputusannya sendiri.

“Saya tidak ingin menutup pintu,” katanya ketika ditanya apakah kembali ke Honda adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika merek Jepang itu berkembang.

“Untuk alasan ini, saya telah mengatakannya di masa lalu dalam beberapa wawancara dan saya ulangi lagi, hubungan dengan Honda sangat luar biasa dan ketika kami memutuskan untuk berpisah, itu karena kami berdua setuju. Kami saling menghormati satu sama lain, saya tidak ingin situasi ini menjadi kritik karena saya masih ingin membuka pintu untuk Honda.”

Pembalap asal Cervera ini membuat semacam pernyataan cinta kepada Honda.

“Siapa tahu, mungkin pabrikan lain tidak ingin mendengarnya, tapi Honda akan selalu menjadi tim dalam hidup saya, dalam karier saya. Saya telah memenangkan enam kejuaraan dunia dan meraih banyak kemenangan,” ucapnya.

“Dengan konstruktor lain, saya tidak akan mencapai semua angka itu. Honda akan selalu menjadi tim yang paling spesial di hati saya, tapi kita lihat saja apakah kita akan bertemu lagi di masa depan. Itu bukan hanya keputusan saya.”

Pada 2024, Luca Marini akan menggantikan posisi Marc Marquez di Honda. Pembalap Italia itu telah menandatangani kontrak dua tahun dengan merek Jepang tersebut.

Di Valencia, Joan Mir juga memuji Honda 2024 yang dapat ia nikmati pada hari tes tersebut, dan mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya ia mencoba sesuatu di RC213V yang benar-benar berfungsi.

Debut Marquez dengan Ducati berakhir dengan posisi keempat hari itu, hanya terpaut 171 ribu dari catatan waktu terbaik.

Sekarang, 31 Desember ini adalah hari terakhir Marquez sebagai pembalap Honda. Mulai Senin, 1 Januari 2024, dia terlihat dalam balutan warna Gresini dan mendengarnya berbicara sebagai pembalap pabrikan lain.

Dengan begitu, perjalanan Marc Marquez bersama Honda telah berakhir. Meskipun begitu, hubungan antara Marquez dan Honda tetap harmonis dan penuh penghargaan. Marquez selalu mengakui kontribusi besar Honda dalam karier balapnya. Meskipun kini berpisah, Marquez tidak menutup kemungkinan untuk kembali ke Honda suatu hari nanti.

Perpisahan antara Marquez dan Honda juga membuka jalan bagi pembalap lain, seperti Luca Marini, untuk menggantikan posisi Marquez di tim Honda. Marini telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Honda, dan diharapkan dapat melanjutkan tradisi kemenangan dan prestasi yang telah diraih oleh Marquez selama ini.

Dengan begitu, meskipun perpisahan antara Marquez dan Honda terasa sedikit menyedihkan, namun hal ini juga membuka kesempatan bagi pembalap-pembalap lain untuk menunjukkan potensi dan kemampuan mereka di arena balap MotoGP.

Sebagai seorang pembalap legendaris, Marquez tetap memiliki tempat istimewa di hati para penggemar MotoGP, terutama para penggemar Honda. Kontribusi dan prestasinya selama 11 musim bersama Honda tidak akan pernah terlupakan, dan akan selalu menjadi bagian dari sejarah balap motor dunia.

Dengan begitu, meskipun perpisahan antara Marquez dan Honda terasa sedikit menyedihkan, namun hal ini juga membuka kesempatan bagi pembalap-pembalap lain untuk menunjukkan potensi dan kemampuan mereka di arena balap MotoGP. Semoga Marquez tetap sukses dan berprestasi di tim barunya, dan semoga Honda juga dapat terus meraih kesuksesan di MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

3 × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.