Home News MotoGP Kalender MotoGP 2024: Musim Terpanjang dengan 22 Balapan

Kalender MotoGP 2024: Musim Terpanjang dengan 22 Balapan

by Dita

MotoGP 2024: Kalender Terpanjang dalam Sejarah Kompetisi

FIM dan promotor balap motor Dorna pada akhir September 2023 mengumumkan kalender MotoGP musim 2024, yang merupakan kalender terpanjang dalam sejarah kompetisi ini dengan 22 balapan. Kejuaraan Dunia MotoGP terbaru akan dimulai pada Sabtu (10/3/2024) di Qatar dan berakhir pada 17 November di Valencia. Simak balapan-balapan MotoGP musim 2024 dan detailnya.

Kalender MotoGP 2024

Tergantung pada kontrak
Tergantung pada kontrak dan homologasi
Acara antisipasi: Hungaria – Sirkuit Balaton Park
Kapan tes pramusim MotoGP akan diadakan pada 2024?

Tes pramusim MotoGP 2024 akan berlangsung di Sepang pada 6-8 Februari dan Qatar pada 19-20 Februari. Namun sebelum itu, akan ada tiga hari shakedown dengan para pembalap di Sepang dari 1-3 Februari 2024. Pada 2024, akan ada lebih banyak pengujian daripada sebelumnya.

Balapan baru yang akan hadir di MotoGP 2024

Musim 2024 melihat kembalinya GP Aragon, yang absen musim 2023, meskipun itu bukan balapan baru. Sirkuit yang akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 2024 adalah Sokol di Kazakhstan, yang seharusnya akan dibuka pada 2023 sebelum perang Rusia-Ukraina memaksa pembatalan. Jika tidak dapat diselenggarakan di sana, maka yang akan digunakan adalah Balaton Park di Hungaria, yang ditetapkan sebagai sirkuit cadangan untuk 2024. Proyek di Finlandia pun ditinggalkan.

Rincian kalender MotoGP 2024

Kalender MotoGP 2024 mengembalikan empat balapan di Spanyol, setelah Aragon dicoret dari jadwal 2023. Selain itu, akan ada total 11 grand prix yang akan bertepatan dengan Formula 1, yang diresmikan pada awal Juli.

Setelah tes pramusim selesai, Sirkuit Losail akan kembali menjadi tuan rumah pemberhentian pertama tahun ini pada 10 Maret. Jadwal baru ini juga ditandai dengan kembalinya Grand Prix Aragon, yang dijadwalkan pada 1 September, yang akan bergabung dengan Grand Prix Spanyol di Jerez (28 April), Catalunya (26 Mei) dan Valencia, yang, seperti yang sudah menjadi tradisi, akan mengakhiri kejuaraan ini pada 17 November 2024. Ada juga upaya untuk kembali ke lintasan Sokol yang terpaksa dibatalkan karena perang di Ukraina, dan yang, jika dapat diadakan pada 2024, akan berlangsung pada pertengahan Juni. Jika balapan tidak dapat diselenggarakan pada tahun 2024, FIM telah menunjuk Balaton Park di Hungaria sebagai pengganti, yang bagaimanapun juga masih menunggu homologasi dan penandatanganan kontrak, dan juga membiarkan balapan di Portugal dan India tunduk pada kontrak.

Jadwal baru ini menghadirkan akhir musim yang sangat padat, dengan sembilan balapan yang tersebar hanya dalam 12 pekan, dimulai dari balapan di Alcaniz pada 1 September dan berlanjut ke Valencia (17 November). Para penggemar dua disiplin balap motor utama akan lebih teralihkan perhatiannya dari sebelumnya. Sampai batas tertentu, bahkan kewalahan, jika memperhitungkan bahwa akan ada 11 akhir pekan di mana Grand Prix F1 dan MotoGP akan berlangsung bersamaan. MotoGP Qatar akan bentrok dengan jadwal F1 GP Arab Saudi, yang akan diselenggarakan pada Sabtu.

Berapa banyak double header dan triple header yang akan berlangsung di MotoGP 2024?

Argentina dan Amerika Serikat akan menjadi double-header pertama, pada 7 dan 14 April. Kemudian Catalunya pada 26 Mei dan Italia pada 2 Juni akan menjadi seri kedua balapan MotoGP 2024. Sebelum libur musim panas, Belanda pada 30 Juni dan Jerman pada 7 Juli akan menjadi seri kedua. Aragon pada 1 September dan San Marino (Misano) pada 8 September akan menjadi seri ketiga dan terakhir MotoGP 2024. Akan ada dua putaran MotoGP tiga seri pada 2024, tetapi sangat berdekatan. Yang pertama adalah, antara akhir September dan awal Oktober, GP India, GP Indonesia, dan GP Jepang. Kemudian, akan ada dua pekan tanpa balapan dan sebelum lomba terakhir di Valencia, akan ada tiga seri pada akhir Oktober dan awal November, dengan GP Australia, Malaysia, dan Thailand yang akan menyusul satu sama lain.

Kapan jeda musim panas MotoGP musim 2024 akan berlangsung?

Grand Prix terakhir pada paruh pertama MotoGP 2024 adalah GP Jerman pada 7 Juli, dan setelahnya akan ada jeda hampir sebulan pada Juli dan awal Agustus hingga GP Inggris yang akan mengakhiri jeda musim panas pada 4 Agustus.

Berapa banyak Sprint Race yang akan ada di MotoGP 2024?

Menyusul debut sukses Sprint Race musim ini, format akhir pekan akan berlanjut di 2024, dengan para rider akan menghadapi 44 balapan, dua balapan per seri, jumlah tertinggi dalam sejarah MotoGP. jumlah tertinggi dalam sejarah MotoGP. Dengan kata lain, akan ada Sprint Race di setiap akhir pekan pada 2024, seperti pada 2023.

Dengan kalender yang lebih padat dan lebih banyak balapan, MotoGP 2024 diharapkan akan menjadi musim yang sangat menarik bagi para penggemar balap motor di seluruh dunia. Dengan kembalinya beberapa balapan dan sirkuit baru, serta penambahan jumlah Sprint Race, para pembalap akan diuji lebih dari sebelumnya. Semoga musim 2024 akan menjadi musim yang penuh dengan aksi balap yang menegangkan dan memikat.

Related Articles

Leave a Comment

3 + fifteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.