Home News MotoGP Fabio Di Giannantonio: Kesimpulan Positif dari Tes MotoGP

Fabio Di Giannantonio: Kesimpulan Positif dari Tes MotoGP

by Dita

Fabio Di Giannantonio: Pembalap Baru yang Membuat Kesimpulan Positif di Tes MotoGP

Fabio Di Giannantonio membuat kesan pertama yang baik di tim VR46 pada hari pertama dan satu-satunya tes pascamusim MotoGP, yang diadakan beberapa pekan lalu di Ricardo Tormo, Valencia. Pembalap asal Roma itu mengenakan setelan balap Gresini Racing hitamnya dan naik ke Ducati Desmosedici GP23 dari tim VR46, yang hingga beberapa jam sebelumnya adalah milik Luca Marini. Setelah beberapa jam mempelajari motor dan tim, Di Giannantonio mencetak rekor kronometrik yang penting, meninggalkan tim barunya dengan perasaan yang baik untuk musim 2024.

Alessio Salucci, yang lebih dikenal sebagai ‘Uccio’ dan sekarang menjadi direktur tim VR46, menjelaskan alasannya memilih Di Giannantonio untuk menggantikan Marini yang akan hengkang. Bukan masalah pasar, dengan Fabio yang masih berstatus bebas setelah kedatangan Marc Marquez di Gresini Racing, tetapi karena ia terkesan dengan penampilannya dalam 2 bulan terakhir musim ini.

“Saya sangat senang dengan Fabio langsung dan saya berharap… dia akan menjadi kuat. Karena tidak benar bahwa ia hanya menjadi kuat sebelum atau setelah penandatanganan. Dia telah tampil kuat selama dua bulan berturut-turut,” jelas Salucci kepada awak media, termasuk Motorsport.com.

Uccio, sebelum menjatuhkan pilihan dan mengambil Di Giannantonio, juga berbicara dengan Gigi Dall’Igna, direktur Ducati Corse, untuk mencoba menjelaskan langkah maju yang dibuat oleh mantan rider Gresini itu di paruh kedua musim ini.

“Saya menganalisis berbagai hal, balapan demi balapan, tikungan demi tikungan, dan dia benar-benar telah mengubah gigi. Saya juga berbicara dengan Dall’Igna tentang hal ini untuk memahami motivasi teknisnya dan dia mengatakan kepada saya bahwa itu tidak pernah hanya satu motivasi,” ujarnya.

“Selalu ada tiga atau empat aspek yang mengubah situasi. Jadi dia membuat sebuah peredam kejut yang berfungsi, sebuah pemetaan dengan gas di bawahnya yang hilang. Dia menaruh beberapa motivasi ke dalamnya. Dan masih menganggap bahwa pada level itu semua pembalap melaju dengan sangat cepat – dan kemudian Di Giannantonio datang.”

Cukup satu hari pengujiannya dengan VR46, Di Giannantonio membuat Salucci dan tim terkesan, bukan karena catatan waktu keringnya yang bagus, tetapi karena kecepatan yang berhasil ia pertahankan dengan ban bekas.

“Sekarang saya ingin dia melanjutkan apa yang dia tinggalkan. Tes pertama bersama kami sangat fantastis, pendekatan yang bagus, ia mencatatkan waktu tercepat ketujuh. Ia mencatatkan waktu 1:30,2 dengan satu set ban yang baru digunakan beberapa lap. Itulah hal yang harus diperhatikan, lebih dari sekedar catatan waktu. Saya sangat senang, ia bekerja sama dengan baik dengan tim dan kami berharap ia terus melaju dengan baik,” pungkas Salucci.

Dari hasil tes pascamusim MotoGP yang dilakukan beberapa pekan lalu di Ricardo Tormo, Valencia, Fabio Di Giannantonio berhasil membuat kesan yang sangat baik dalam tim VR46. Pembalap asal Roma ini berhasil mencetak rekor kronometrik yang penting, meninggalkan tim barunya dengan perasaan yang baik untuk musim 2024. Kesuksesan Di Giannantonio dalam tes tersebut membuat Alessio Salucci, direktur tim VR46, sangat senang dan berharap bahwa Di Giannantonio akan menjadi pembalap yang kuat di musim mendatang.

Salucci menjelaskan bahwa pemilihan Di Giannantonio untuk menggantikan Luca Marini bukanlah masalah pasar, melainkan karena penampilan impresif yang ditunjukkan oleh Di Giannantonio dalam 2 bulan terakhir musim ini. Sebelum memutuskan untuk mengambil Di Giannantonio, Salucci juga berbicara dengan Gigi Dall’Igna, direktur Ducati Corse, untuk mencoba memahami langkah maju yang dibuat oleh Di Giannantonio di paruh kedua musim ini. Dall’Igna menjelaskan bahwa Di Giannantonio berhasil mengubah situasi dengan beberapa aspek teknis yang ia terapkan pada motornya.

Salah satu hal yang membuat Di Giannantonio begitu mengesankan adalah kecepatan yang berhasil ia pertahankan dengan ban bekas. Dalam tes bersama tim VR46, Di Giannantonio berhasil mencatatkan waktu tercepat ketujuh dengan menggunakan satu set ban yang baru digunakan beberapa lap. Hal ini menunjukkan bahwa Di Giannantonio tidak hanya memiliki kecepatan dalam catatan waktu kering, tetapi juga mampu mempertahankan kecepatan dengan ban yang sudah digunakan.

Dengan hasil yang begitu positif dalam tes pascamusim MotoGP, Di Giannantonio diharapkan dapat melanjutkan performa impresifnya dan menjadi aset yang kuat bagi tim VR46 di musim 2024. Kesan pertama yang baik yang ia buat dalam tes tersebut menjadi indikasi bahwa Di Giannantonio memiliki potensi besar untuk meraih kesuksesan di ajang MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

four × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.