Home Otomotif Ngecas Mobil Listrik: Keselamatan dan Perjalanan Panjang

Ngecas Mobil Listrik: Keselamatan dan Perjalanan Panjang

by Rohmat Ali

Mengendarai Mobil Listrik: Perjalanan Road Trip yang Menantang Namun Menyenangkan

Mengendarai mobil listrik kini tidak sesulit beberapa tahun lalu. Apalagi, saat ini jaringan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sudah tersebar banyak baik di rest area jalan tol, kantor-kantor PLN, atau fasilitas umum lainnya. Mengendarai mobil listrik juga memaksa kita untuk menjaga keselamatan berkendara, apalagi untuk perjalanan panjang seperti road trip. Dengan mengendarai mobil listrik, kita harus merencanakan dengan matang perjalanan yang dilakukan.

Terkadang, jika bawa mobil konvensional, saat berangkat kita isi saja bensin sampai full. Tanpa memikirkan waktu istirahat, kadang-kadang kita bablas nyetir sampai bensin tersisa sedikit. Tapi dengan mengendarai kendaraan listrik tidak bisa begitu. Meski SPKLU sudah tersebar lumayan banyak, tapi lokasinya mungkin agak berjauhan. Jadi, sebelum berangkat kita harus memastikan dan melakukan perencanaan perjalanan, di mana saja kita bisa ngecas mobil sekaligus beristirahat.

Setidaknya itu yang kami alami saat road trip ke Yogyakarta menggunakan mobil listrik Toyota bZ4X. Sesuai journey management atau rencana perjalanan yang kami siapkan sebelum berangkat, kami melakukan perjalanan maksimal 2-3 jam dan mampir ke SPKLU untuk ngecas. Hal itu sesuai dengan anjuran para pakar road safety yang menyarankan pengemudi harus istirahat setelah nyetir 2-3 jam. Siapkan juga alternatif SPKLU terdekat untuk jaga-jaga kalau SPKLU yang kita sambangi ternyata offline atau sedang digunakan oleh pengguna kendaraan listrik lain.

Pengecasan menggunakan SPKLU fast charging 60 kW dan ultra fast charging 200 kW. Untuk mengisi ke 80 persen sih sangat cepat. Tapi dari 80 sampai full yang memakan waktu lama. Maklum, arusnya dibatasi agar kesehatan baterai tetap awet. Sekali charging mobil listrik membutuhkan waktu 1-2 jam. Sambil menunggu mobil dicas, kita bisa melakukan berbagai aktivitas sekalian rehat setelah perjalanan panjang. Kita bisa makan, ke toilet, beribadah, atau bahkan bisa menunggu di dalam mobil sambil rebahan. Usai ngecas, badan segar kembali untuk melanjutkan perjalanan. Dengan badan yang segar, kita bisa berkendara dengan aman deh.

Mengendarai mobil listrik di perjalanan jauh memang memerlukan sedikit perencanaan lebih. Namun, hal tersebut justru membuat perjalanan kita menjadi lebih menyenangkan. Melakukan perjalanan dengan mobil listrik memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik. Kita diharuskan untuk merencanakan dengan matang, baik itu rute perjalanan, tempat pengisian daya, juga waktu istirahat sehingga perjalanan kita menjadi lebih terorganisir.

Tidak hanya itu, mengendarai mobil listrik juga memberikan dampak positif bagi lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil. Sehingga, perjalanan road trip kita tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan namun juga membantu melestarikan lingkungan. Inovasi teknologi dalam bidang otomotif semakin memberikan keuntungan yang lebih baik bagi kita dan lingkungan sekitar.

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi mobil listrik, kenyamanan dalam berkendara juga semakin meningkat. Banyak fitur-fitur canggih yang ditawarkan, seperti tampilan layar sentuh yang informatif, sistem keamanan yang canggih, hingga kenyamanan dalam ruang kabin mobil. Semua fitur tersebut memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan memberikan rasa aman bagi pengemudi maupun penumpang.

Namun, tantangan yang dihadapi juga memberikan pengalaman yang berbeda. Mengelola daya baterai mobil listrik dan mencari tempat pengisian daya merupakan bagian dari petualangan yang menarik. Dengan adanya perencanaan yang matang, pengelolaan daya dan pencarian tempat pengisian daya akan menjadi bagian dari keseruan perjalanan road trip kita.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, diharapkan kedepannya jaringan SPKLU untuk mobil listrik akan semakin banyak dan mudah diakses. Sehingga, perjalanan dengan mobil listrik akan semakin nyaman dan praktis. Jika saat ini masih terasa sedikit sulit, namun dengan adanya kesadaran untuk melestarikan lingkungan, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dapat menikmati perjalanan dengan mobil listrik tanpa kendala.

Dengan adanya pengalaman road trip menggunakan mobil listrik, kita semakin terbuka dan sadar akan pentingnya perencanaan dan kesadaran lingkungan. Pengalaman ini memberikan kesan yang berbeda dan membuat kita semakin peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, mengendarai mobil listrik bukan hanya sekadar sebuah perjalanan, namun juga sebuah bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Diharapkan, dengan semakin maraknya penggunaan mobil listrik, kesadaran lingkungan juga semakin meningkat. Sehingga, kita dapat menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang. Dengan memilih untuk mengendarai mobil listrik, kita telah memberikan kontribusi kecil namun berarti dalam melestarikan lingkungan. Semoga ke depannya, teknologi mobil listrik semakin berkembang dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat luas.

Related Articles

Leave a Comment

5 × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.