Home News MotoGP Teknik Videometri, Kunci Sukses Pembalap MotoGP

Teknik Videometri, Kunci Sukses Pembalap MotoGP

by Dita

Videometri: Teknologi Terbaru yang Membantu Pembalap MotoGP Meningkatkan Performa

Dalam olahraga di mana jaraknya sangat ketat dan setiap milidetik sangat berarti, bantuan apa pun akan sangat membantu pembalap untuk meningkatkan waktu putarannya. Sebuah teknik diperkenalkan di MotoGP beberapa tahun yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem itu telah disempurnakan dan menjadi faktor kunci bagi banyak pembalap. Hal ini berarti bahwa pada 2024, untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan, setiap tim di grid kelas utama akan memiliki teknisi atau pelatih yang menangangi videometri.

Apa itu videometri? “Ini terdiri dari perekaman, pada titik tertentu di lintasan (selalu di tikungan), lintasan yang dilewati oleh pembalap yang telah ditentukan sebelumnya, dan dengan program perangkat lunak, menumpangkan gambar-gambar tersebut untuk melihat garis berbeda yang digunakan oleh setiap pembalap. Jika Anda bisa atau memiliki kemampuan, meniru garis pembalap tercepat,” jelas mantan kepala teknis MotoGP kepada Motorsport.com. “Setelah Anda memiliki gambarnya, sangat mudah untuk menganalisisnya dan itu sangat efektif, terutama ketika membandingkan pembalap dengan motor yang sama,” tambah teknisi, yang timnya tidak memiliki sistem ini saat ia masih di MotoGP. “Mereka baru mulai menggunakannya pada tahun berikutnya.”

Dalam sebuah Grand Prix, sering terdengar seorang pembalap mengatakan bahwa ia kalah di tikungan atau sektor tertentu di lintasan. “Tapi kami akan memperbaikinya besok. Koreksi itu bisa dilakukan dengan dua cara, yang tradisional adalah mengikuti pembalap di lintasan yang melaju lebih cepat di setiap titik, untuk memahami apa yang dia lakukan lebih baik dari Anda. Pilihan lainnya adalah dengan menerapkan teknik video ini untuk mempelajari jalur yang berbeda,” ia menerangkan.

Dipelopori Insinyur Belgia

Teknisi data pertama yang menggunakan video untuk meningkatkan performa motor adalah Serge Andrey dari Belgia, yang mulai menerapkannya saat ia bekerja di Ducati pada 2010 dan mengembangkannya selama empat musim. Dengan kedatangan Andrea Dovizioso, pabrikan Borgo Panigale menutup program tersebut di akhir 2013. Andrey, yang merupakan seorang insinyur, mulai mengembangkan perangkat lunaknya sendiri, karena tidak ada perangkat lunak di pasaran pada saat itu yang dapat menumpangkan gambar lintasan yang bergerak.

Keahlian pembalap Belgia ini tidak luput dari perhatian dan LCR-Honda mengontraknya pada 2014 dalam upaya untuk meningkatkan hasil Stefan Bradl. Tetapi, ia akhirnya mengalami musim terburuknya sebelum pindah ke Aprilia pada 2015. Di tahun yang sama, Cal Cruthclow bergabung dengan tim Lucio Cecchinello dan departemen videometrik mulai berkembang.

Inovasi tersebut menarik perhatian Marc Marquez, yang saat itu merupakan pembalap bintang untuk tim pabrikan Repsol Honda. Pembalap Spanyol itu mulai mengunjungi truk tempat Andrey bekerja, dan Honda mulai menggajinya untuk merawat sang juara. Pada saat yang sama, tim Suzuki mulai menggunakan teknik yang sama dengan insinyur lain, Motohiko Tono dari Jepang, yang memanfaatkan modernisasi perangkat lunak perekaman video, mengadaptasi sistem untuk melakukan pekerjaan itu, dan ternyata berhasil, karena Repsol Honda dengan cepat mendapatkan jasanya untuk membuat departemen videometri mereka sendiri.

Hal itu tidak berjalan sesuai harapan, karena Márquez lebih memilih untuk tetap menggunakan jasa Andrey, insinyur LCR, meninggalkan Tono, yang dikenal oleh semua orang di paddock sebagai ‘cinque’, untuk bekerja dengan pembalap kedua Honda, tahun lalu Joan Mir, dan dua pembalap sebelumnya, Pol Espargaro. Kepercayaan Marquez pada Andrey begitu besar sehingga ia menawari untuk bergabung dengannya di Gresini atau, sebagai alternatif, membeli perangkat lunak yang telah ia kembangkan selama bertahun-tahun. Pria Belgia ini lebih memilih untuk tetap menjaga ‘rahasia’ di LCR, tempat dia sudah betah selama satu dekade terakhir.

Pelatih Ikut Berperan

Ini berarti bahwa tim tidak lagi membutuhkan seorang insinyur untuk melakukan pekerjaan tersebut, sehingga sosok perekam dan editor gambar diperkenalkan, serta pelatih videometri. Yamaha, dengan kedatangan Esteban Garcia (2019) di dalam kotak Maverick Vinales (yang mengetahui teknik ini sejak di Suzuki), mulai mempekerjakan seorang ahli video, Daniel Bollini, untuk merekam gambar dan mengedit video, dengan manajer tim atau, pada saat itu, Wilco Zeelenberg, yang bertanggung jawab untuk menganalisisnya bersama dengan para pembalap. Dengan cepat, tim memahami bahwa sosok ‘pelatih’ perlu didukung oleh gambar, tidak hanya oleh apa yang dilihat oleh para ahli di lintasan.

VR46 Racing Team, yang memiliki pelatih terbaik di paddock, Idalio Gavira, menempatkan Roberto Locatelli sebagai pelatih videometriknya, untuk menganalisis rekaman bersama. Tahun ini pria Italia itu meninggalkan VR46 untuk bergabung dengan Fantic di Moto2, dengan mantan pembalap Andrea Migno menggantikan posisinya di tim MotoGP, merekam video dan membantu Idalio. Gresini juga telah mengembangkan teknik ini selama beberapa waktu, dalam hal ini dengan mantan pembalap Italia lainnya, dua kali juara dunia 125cc dan 250cc, Manuel Poggiali. Pekerjaan Poggiali tidak luput dari perhatian di Ducati. Mulai tahun ini dan seterusnya, dia akan bergabung dengan staf teknis tim resmi untuk videometri, bergantian, setidaknya tahun ini, pekerjaannya dengan Gresini dan Ducati.

Tim yang berbasis di Bologna, merupakan tim pertama yang memiliki departemen ini, pada 2011. Kemudian, mereka menutupnya pada 2013, kembali menghadirkannya setelah 10 tahun berselang. Itu menunjukkan bahwa departemen ini telah menjadi faktor yang makin membantu para pembalap. Hal ini juga dipahami oleh Pramac, yang meskipun memiliki anggaran yang ketat untuk melakukan perombakan pada staf mereka, tahun ini telah membawa Max Sabbatani untuk bertanggung jawab atas ‘videometrik’. “Ini adalah area yang kami lewatkan dan bersama Max kami akan mengambil langkah maju di area ini,” jelas Gino Borsoi.

Sebuah langkah yang diputuskan KTM beberapa tahun lalu, ketika putra manajer tim saat itu, Mike Leitner, bertanggung jawab untuk merekam dan mengedit gambar sehingga para teknisi dapat menganalisisnya. Namun, dengan kepergian pembalap Austria itu pada akhir 2021, perusahaan yang berbasis di Mattighofen itu memutuskan untuk menyewa perusahaan eksternal untuk menyediakan layanan pengeditan video dan gambar, seperti yang dilakukan oleh Aprilia dan tim satelitnya, GasGas dan, mulai musim ini, Trackhouse Racing yang baru.

Di WSBK, videometri juga mulai mengakar. Ducati dan Yamaha memiliki sistem dan pelatih masing-masing, Chaz Davies dan Nicolò Canepa, sementara Honda akan menerapkannya mulai musim ini dan seterusnya.

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi videometri telah menjadi bagian penting dalam meningkatkan performa para pembalap MotoGP. Dengan adanya teknisi atau pelatih yang menangani videometri, para pembalap dapat mempelajari jalur yang berbeda dan melakukan koreksi untuk meningkatkan waktu putarannya. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi tidak hanya berdampak pada sektor industri, namun juga dalam dunia olahraga. Dengan adanya teknologi videometri, diharapkan para pembalap dapat terus meningkatkan performa mereka dan memberikan pertandingan yang lebih seru di lintasan.

Related Articles

Leave a Comment

20 + six =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.