Home News MotoGP Jorge Martin Dominasi Tes MotoGP Sepang

Jorge Martin Dominasi Tes MotoGP Sepang

by Dita

Pembalap MotoGP memulai tes pramusim di Sirkuit Sepang dengan semangat tinggi, menunjukkan performa terbaik mereka untuk mempersiapkan musim balap yang akan datang. Jorge Martin, pembalap Pramac Racing, tampil sebagai yang tercepat di hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Sepang.

Dalam sesi uji coba yang dimulai pukul 10.00, pembalap Trackhouse Racing, Raul Fernandez, berhasil meraih posisi teratas dengan catatan waktu 2 menit 00.044 detik. Namun, drama terjadi saat pembalap tim satelit Aprilia dan Francesco Bagnaia dari Ducati terjatuh di Tikungan 11 dalam insiden yang terpisah.

Fernandez adalah orang pertama yang terjatuh dari motornya di tikungan kanan yang panjang, sementara Bagnaia terjebak oleh oli yang ditinggalkan di lintasan oleh Aprilia. Motor Fernandez terbakar di gravel trap, dan pembalap Spanyol itu sendiri harus dibawa ke pusat medis untuk menjalani pemeriksaan setelah mengeluh kesakitan. Namun, dia dapat bergabung kembali dengan sesi setelahnya.

Setelah evakuasi motor mereka, Maverick Vinales mulai mengisi catatan waktu di atas motor pabrikan Aprilia, menembus batas waktu dua menit dengan catatan waktu 1 menit 59,639 detik sebelum jam pertama berakhir. Pada jam kedua, Jorge Martin mengambil alih puncak tabel dengan catatan waktu terbaik 1:58,201.

Tak lama setelah pukul 13.00, pembalap Pramac berhasil melaju lebih cepat lagi usai mencatatkan waktu 1:57,570 di lap pertama sesi ini, yang membuat dirinya hanya berjarak setengah detik dari rekor tercepat yang pernah dicetak di Sepang. Pembalap dengan catatan waktu 1m57.951 detik ini tetap tak terkalahkan hingga akhir sesi, dengan sebagian besar pembalap menjauh dari serangan waktu pada sesi sore hari.

Kompetitor yang paling dekat dengan Martin pada hari itu adalah rookie MotoGP, Pedro Acosta, yang membukukan waktu terbaik 1:58,220 detik di atas KTM-nya untuk finis di urutan kedua. Fabio Quartararo, yang tim Yamaha-nya kesulitan untuk mencatatkan waktu satu lap sepanjang tahun 2023, melompat ke posisi ketiga dengan hanya dua jam tersisa dengan catatan waktu yang hanya 0,008 detik lebih lambat dari Acosta.

Upaya terakhir Quartararo membuat Fabio di Giannantonio dari VR46 turun ke P4, setelah unggul 0,032 detik di depan Ducati dari tim pabrikan Enea Bastianini. Vinales membawa Aprilia terdepan setelah memperbaiki catatan waktu 1 menit 58,470 detik di satu jam pamungkas, meninggalkan Ducati Alex Marquez (Gresini) dan Marco Bezzecchi (VR46).

Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez menjalani awal yang sulit pada tes MotoGP keduanya sebagai pembalap Ducati. Meski begitu, ia mampu mendorong dirinya ke urutan kesembilan dengan upaya terakhir 1:58,621, yang membuatnya terpaut 0,670 detik dari sang pencatat waktu, Martin.

Putaran pertama Marquez hanya berlangsung selama empat tikungan karena motornya terhenti di lap terakhir karena masalah teknis. Masalah lain mengikutinya pada putaran kedua, dengan kecelakaan kecil di Tikungan 15 yang memberikan pukulan lain baginya selama sesi pagi. Namun, lintasan yang lebih mulus pada sore hari membantunya masuk ke posisi 10 besar saat sesi berakhir.

Hasil hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Sepang juga menunjukkan bahwa Franco Morbidelli adalah satu-satunya pebalap yang tidak beraksi pada hari pembukaan tes. Pasalnya, rekrutan baru Pramac ini masih dalam tahap pemulihan dari kecelakaan parah yang dialaminya saat melakukan uji coba privat Ducati di Portimao bulan lalu.

Gumpalan darah kecil ditemukan di kepalanya setelah menjalani CT scan di Rumah Sakit Faro, yang berdampak pada persiapannya menghadapi musim baru. Namun, masih ada kemungkinan Morbidelli bisa tiba di Malaysia sebelum tes berakhir pada hari Kamis. Posisinya di Pramac diambil alih oleh pebalap penguji Ducati Michele Pirro pada Selasa.

Selain Pirro, ada Cal Crutchlow yang ikut serta dalam tes ini karena ia mengumpulkan lebih banyak data untuk Yamaha, satu-satunya pabrikan yang tidak memiliki tim satelit di MotoGP.

Dengan hasil yang menarik dari hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Sepang, para pembalap dan tim akan terus mempersiapkan diri untuk menghadapi musim balap yang akan datang. Semua mata akan tertuju pada bagaimana para pembalap menghadapi tantangan dan bagaimana performa mereka akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan dari tes pramusim ini dan siapa yang akan menjadi yang terbaik di musim balap MotoGP mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

18 − 11 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.