Home News MotoGP Marc Mrquez Menunjukkan Kemajuan di Tes Sepang MotoGP, Namun Masih Cautious

Marc Mrquez Menunjukkan Kemajuan di Tes Sepang MotoGP, Namun Masih Cautious

by VR46 Fans

Marc Mrquez telah menyelesaikan uji coba di Sepang dengan bersaing dengan para pembalap terbaik MotoGP. Dia membuat kemajuan yang signifikan dalam satu putaran dan juga dalam ritme balapan. Dia bahkan mencatat waktu tercepat sepanjang sejarah sirkuit Malaysia. Namun, Marc tetap berhati-hati.

Sebagai rangkuman dari uji coba tersebut, Marc mengatakan, “Saya puas dengan uji coba ini karena kemajuannya positif: saya tidak pernah stagnan, tidak pernah mundur, tapi setiap hari kami terus memperbaiki. Hari pertama memang agak kacau karena beberapa hal, tapi hari kedua dan ketiga di dalam box, semuanya berjalan sempurna dan itu memungkinkan kami untuk bekerja. Hari kedua saya banyak melakukan putaran dan ritme mulai membaik, dan hari ketiga, saya fokus untuk memperbaiki upaya satu putaran, karena di situlah saya masih kesulitan. Dan kami berhasil memperbaikinya. Kami akan melihat apakah saya mampu mencapai level mereka atau tidak; saat ini saya belum sejajar dengan mereka, para pembalap terdepan, seperti Bagnaia, Martín, Bastianini, dan adik saya, Alex, di sini di Malaysia. Tapi saya akan terus bekerja keras agar tidak ada keraguan dan saya akan terus berusaha.”

Marc juga mengungkapkan bahwa dia sudah bisa bersaing dalam sesi balapan yang lebih panjang. “Ya, saya sudah bisa bersaing, tidak bisa saya pungkiri, dalam balapan jarak jauh. Saya menyadari bahwa perlu dipahami kapan waktu terbaik untuk melakukan balapan jarak jauh. Ada pembalap yang melakukannya saat cuaca sangat panas, ada yang saat cuaca sedikit lebih dingin. Saya berada di tengah-tengah. Memang kami terus memperbaiki, level ritme balapan sudah lebih baik. Namun, upaya satu putaran masih perlu diperbaiki, meskipun kami sudah sedikit memperbaikinya. Kuncinya adalah berapa banyak putaran yang saya butuhkan di setiap Grand Prix untuk mencapai level yang baik. Dengan Honda, saya keluar dan pada saat kedua keluar, saya sudah di level batas yang saya temukan. Saya sudah di sana dan saya tahu bahwa saya tidak akan lebih cepat atau lebih lambat. Tapi dengan Ducati ini, saya mencapai level yang saya pikir adalah batas saya, jika saya sendirian di lintasan, saya akan berpikir bahwa saya sudah di batas, dan, kemudian, sedikit demi sedikit, saya terus memperbaiki dan semakin naik.

Tentang posisinya saat ini, Marc mengungkapkan, “Jarak saya dengan waktu tercepat hanya setengah detik. Memang, dari segi ritme, saya tidak terlalu jauh, tapi di sini Anda bisa melakukan 72 putaran seperti kemarin dan 50 hari ini, tapi di Grand Prix, tidak. Di Grand Prix Anda hanya melakukan 20 putaran di pagi dan 20 di sore hari, dan di situ Anda harus mencari cara dan mengeluarkan kemampuan terbaik, tapi kami akan mencoba bekerja dengan cara terbaik agar jarak ini bisa diperpendek dan, sedikit demi sedikit, progresi ini, yang alami, bisa terus menurun.”

Marc juga berbicara tentang ekspektasi dan kenyataan yang dia hadapi. “Bagi saya, yang penting adalah jika Anda percaya pada ekspektasi, saya akan panik atau gelisah selama dua hari pertama. Saya sangat jelas dengan tujuan saya tahun ini, secara pribadi, saya sangat jelas dengan apa yang saya cari dan saya ingin menikmati di box saya, di lintasan. Jika saya bisa lebih baik atau lebih tinggi, tentu saja, tapi jika tidak, saya akan fokus di box saya, di garasi saya, dan saatnya akan datang di beberapa balapan, beberapa momen di mana kami bisa lebih dekat, tapi jika tidak, jangan biarkan panik menyebar.”

Tentang tim Gresini, Marc mengatakan, “Selama tiga hari, kami mulai mengenal tim. Tentu saja, saya harus mengatakan bahwa saya senang karena kami mulai dengan semangat. Tidak mungkin dengan empat hari kami sudah mengenal tim seperti yang saya lakukan dengan kelompok yang saya kerjakan selama 12 tahun, tapi mereka sangat mengenal motor, mereka tahu semua rahasia motor, dan itu juga membantu pembalap pemula di motor ini.”

Menurut Marc, tujuan utamanya bukan untuk puas dalam tiga balapan pertama. “Tidak. Bagi saya, tujuan utama adalah progresi, mencoba untuk terus meningkat. Tentu saja, akan ada momen-momen sulit, sirkuit yang sulit bagi saya, tapi ada pembalap sekelas Jorge Lorenzo yang, misalnya, ketika pindah ke Ducati, orang-orang mulai berpikir bahwa dia tidak bisa beradaptasi, tapi kemudian dia mulai memenangkan balapan. Kami akan melihat apakah saya bisa semakin mendekat karena saya sudah cukup dekat, tapi belum selevel dengan para pembalap terdepan. Saya masih jauh dari yang saya inginkan karena selalu ingin lebih.”

Marc juga berbicara tentang gaya balapnya dan batas-batas yang dia rasakan. “Ketika saya balapan, saya pikir tidak ada pembalap yang merasakan batas, terutama setelah tiga hari, Anda sudah di batas. Siapa pun yang mengatakan tidak merasakan batas, itu bohong, tapi yang saya rasakan adalah saya masih kaku di atas motor, saya tidak bisa bermain dengan tubuh dengan baik dan itulah salah satu alasan mengapa saya melakukan balapan Sprint lagi sore ini, meskipun saya sudah lelah, untuk mencoba bermain dengan tubuh dan mencoba hal-hal baru.”

Proses pembelajaran juga menjadi fokus bagi Marc. “Misalnya, dalam Sprint hari ini, saya merasa setengahnya lebih lelah dari Sprint kemarin, karena saya sudah mulai lebih rileks dan lebih cepat, tapi kemarin sudah banyak kesalahan; hari ini, lebih sedikit. Hari ini lebih konsisten; kemarin kami melihat di mana kesalahan, di mana saya butuh bantuan dari motor, di mana saya perlu mengubah gaya balapan saya dan ini membantu. Pembelajaran ini? Di uji coba, Anda bisa melakukannya dengan tenang dan perlahan: sekarang, coba ban yang sudah aus; sekarang, coba ini… tapi dalam balapan, Anda tidak bisa mengambil bagian-bagian, Anda harus langsung ke seluruh sirkuit.”

Dari data yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa Marc Marquez mengalami kemajuan yang positif dalam uji coba di Sepang. Meskipun masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki, namun semangat dan kerja kerasnya untuk terus berkembang menjadi nilai tambah bagi pembalap asal Spanyol tersebut. Semoga Marc Marquez dapat terus meningkatkan performanya dan meraih hasil yang memuaskan dalam balapan MotoGP mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

five × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.