Home Otomotif Recall Toyota: Avanza, Veloz, dan Model Lain Perlu Perbaikan

Recall Toyota: Avanza, Veloz, dan Model Lain Perlu Perbaikan

by Rohmat Ali

Toyota-Astra Motor (TAM) Baru Saja Recall Lima Model Kendaraan Toyota, Apa Saja Masalahnya?

Toyota-Astra Motor (TAM) baru saja mengumumkan bahwa mereka akan melakukan recall atau penarikan kembali beberapa model mobil Toyota di Indonesia. Recall ini dilakukan karena adanya masalah pada beberapa bagian kendaraan yang berpotensi mengganggu kinerja sistem kelistrikan dan keselamatan pengendara. Sebanyak lima model Toyota yang terkena dampak recall, yakni Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Vios, dan Yaris Cross dengan tahun produksi yang berbeda-beda.

Toyota Sienta, model tahun produksi Juni 2016–April 2020, mengalami permasalahan pada Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A). Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan akibat performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric.

Selain itu, Toyota juga melakukan recall terhadap Avanza produksi November 2022 dan Veloz produksi November 2022. Mobil itu perlu dilakukan perbaikan Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya. Hal ini menyebabkan perangkat safety tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping.

Model Toyota Veloz tahun produksi Oktober 2021–Agustus 2023, Toyota Avanza tahun produksi November 2021–September 2023, Toyota Vios tahun produksi Juni 2022–Agustus 2023, dan Toyota Yaris Cross tahun produksi Mei–September 2023 juga mengalami recall. Toyota menilai ada kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut pada mobil-mobil tersebut. Instruksi pengencangan yang tidak tepat dapat membuat mur menjadi kendur sehingga menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju di jalan.

“Kami mengimbau pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apapun,” terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran persnya, Selasa (13/2/2024).

Pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar recall disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota dapat mempersiapkan stall, teknisi, tools, dan parts pengganti. Dengan begitu, pemilik mobil tidak perlu menunggu antrean terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“Sekali lagi, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami berharap pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar recall, dapat segera datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen supaya tidak ada kendala safety di kemudian hari. Dengan visi Total Mobility Solution, pelanggan dapat mengakses informasi recall melalui website resmi kami, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811150031 untuk pengecekan awal. Atau dapat pula menghubungi jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan selanjutnya melakukan booking service untuk perbaikan sehingga memberikan peace of mind,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

The F-Shaped pattern works well to present the information in a clear and easy-to-follow structure. This layout emphasizes the key points and ensures that the reader can easily understand and digest the content.

Related Articles

Leave a Comment

three × four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.