Home Otomotif Touring Bareng Pasangan, Antara Keselamatan dan Keseruan

Touring Bareng Pasangan, Antara Keselamatan dan Keseruan

by Rohmat Ali

Komunitas Motor Married Couples Motorbike Club (MCMC) Gelar Touring ke Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat

Touring memang menjadi kegiatan yang kerap dilakukan para pencinta otomotif, tapi banyak pasangan yang mungkin bete karena tidak diajak touring. Hal tersebut tidak berlaku untuk komunitas Married Couples Motorbike Club (MCMC), yang membuktikan bahwa touring bareng pasangan alias istri ternyata juga asyik!

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, Married Couples Motorbike Club (MCMC), sesuai namanya komunitas ini beranggotakan pasangan suami-istri penikmat berkendara sepeda motor. Untuk membuktikan keseruannya, komunitas motor besar ini pada 8-10 Februari 2024 melakukan touring ke Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Keseruan perjalanan diawali dari Jakarta. Pada hari pertama rombongan tidak langsung ke titik tujuan. Melainkan bermalam di salah satu hotel di Kota Bogor. Setelah semalam menginap, pada Jumat (9/2/2024) pukul 07.00 WIB pagi perjalanan menuju Ciletuh kembali dimulai.

Selepas start dari Kota Bogor, rombongan memasuki jalan Raya Sukabumi. Beruntung selama perjalanan dari Bogor hingga titik pemberhentian kondisi jalanan lengang. Kondisi ini tidak membuat member MCMC memacu kendaraannya sesuka hati, aturan berkendara menjadi prioritas dari MCMC.

Dari Jalan Raya Sukabumi menuju Palabuhanratu rombongan melewati Cibadak dan Cimanggu. Jadi lajurnya lebar dan tanjakan, turunan, serta belokan tidak terlalu curam. Pemandangan pegunungan dan sesekali pohon rindang membuat perjalanan kian mengesankan.

Selanjutnya, jika umumnya yang touring melintasi Jalan Pantai Loji, maka MCMC punya pilihan sendiri. Yaitu melintasi daerah Cigaru dan Panenjoan. Kemudian untuk makan siang rombongan memilih di dekat Amphitheater Panenjoan.

David Eric Burke, salah satu founder MCMC menyampaikan touring jauh ini merupakan yang ke-3. Pertama yaitu ke Bali, kedua ke Jawa Tengah dan di awal 2024 ini ke Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Disampaikan juga oleh David bahwa riding kali ini akan finish di Lido, Kabupaten Bogor. Tujuannya agar tidak kena macet di Bogor, Depok, dan Jakarta.

“Alhamdulillah cuacanya bagus, apalagi sekarang musim hujan dan Imlek juga. Good ride, kurang lebih ada 8 pasangan suami-istri dan beberapa yang riding sendiri. Perjalanan ini kami mulai dari Jakarta dan nanti akan berakhir di Lido, Bogor. Alasan hanya finish di Bogor untuk menghindari kemacetan,” ungkap David.

Dijelaskan juga bahwa touring ini bareng istri, artinya suami-istri masing-masing mengendarai sepeda motor. Misalnya David, istrinya sendiri yaitu Renny Burke touring ke Ciletuh menggunakan Ninja ZX-4RR. Sementara David menggunakan Harley-Davidson.

Utamakan Keselamatan dan Kebahagiaan Perjalanan

David Eric Burke, mengatakan salah satu faktor penting dalam touring adalah aspek keselamatan dan kebahagiaan selama perjalanan. Dari sisi tujuan umumnya anak motor melakukan touring adalah untuk menikmati perjalanan.

Dalam perjalanan touring kali ini, MCMC menyertakan instruktur safety riding. Di antara perannya adalah untuk memberikan evaluasi cara berkendara dan berlalu lintas.

Hal ini menjadi penguat mengingat anggota club ini pun terdiri dari perempuan. Menariknya lagi mayoritas dari member perempuan tersebut sebelum turun berkendara sudah mengikuti pelatihan.

Seperti disampaikan salah satu anggota MCMC, Yanti, yang mengendarai Royal Enfield Interceptor 650. Yanti mengatakan dirinya bisa menikmati perjalanan.

Hal senada juga disampaikan Renny Burke yang telah mempersiapkan diri untuk melakukan touring dengan berlatih terlebih dahulu dengan mengendarai Kawasaki Ninja ZX-4R bermesin 400cc.

“Saya sudah jatuh hati pada genre motor sport dan sudah mengikuti kursus berkendara semua itu bisa dijalani dengan mudah,” ujar Renny.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komunitas Motor Married Couples Motorbike Club (MCMC) adalah komunitas yang mengutamakan keselamatan, kebahagiaan, dan solidaritas antara pasangan suami-istri dalam menggeluti hobi touring. Diharapkan ke depannya, komunitas ini dapat terus berkembang dan memberikan inspirasi bagi pasangan lain untuk turut serta dalam aktivitas touring bersama dengan pasangan. Seperti yang telah ditunjukkan oleh MCMC, touring bersama pasangan ternyata juga dapat menjadi momen yang mempererat hubungan dan meningkatkan kebersamaan antara suami dan istri.

Related Articles

Leave a Comment

3 × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.