Home Otomotif Peran Toyota dalam Transformasi Industri Mobil Indonesia

Peran Toyota dalam Transformasi Industri Mobil Indonesia

by Rohmat Ali

Pabrik Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) mendapatkan penghargaan National Lighthouse Industry 2024 yang diberikan oleh Menteri Perindustrian Agus Kartasasmita atas kontribusinya dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing industri otomotif di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa pabrik mobil Toyota di Indonesia telah memasuki era industri 4.0. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Wakil Direktur Utama TMMIN, Bob Azam, sebagai bentuk apresiasi atas upaya Toyota Indonesia dalam menghadirkan kendaraan berkualitas.

Bob Azam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia atas penghargaan tersebut. Ia juga berharap agar penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi TMMIN dalam memperkuat peran sebagai role model dan mitra dialog pemerintah dalam transformasi dan teknologi industri 4.0 di Indonesia. Dengan penghargaan ini, TMMIN semakin termotivasi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Perusahaan berkomitmen untuk menjadi lokomotif dalam pembangunan supply chain di Indonesia agar semakin baik ke depannya.

Indonesia dihadapkan dengan tantangan untuk meningkatkan produktivitas industri agar dapat bersaing secara efektif dengan negara lain. Pemerintah mendorong transformasi melalui IR 4.0 sebagai landasan untuk meningkatkan produktivitas pada sektor-sektor prioritas, termasuk industri otomotif. Konsep “lighthouse” diterapkan pada setiap sektor untuk memberikan dorongan dan contoh bagi industri lainnya. Perusahaan yang meraih penghargaan diharapkan mampu mendorong pelaku industri lainnya untuk bersama-sama merealisasikan IR 4.0 di Indonesia.

Transformasi ini juga menjadi perhatian khusus melalui peluncuran Making Indonesia 4.0 oleh Presiden Jokowi sejak tahun 2018. Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) dibangun oleh Kementrian Perindustrian dengan visi menjadi solusi dalam pengadopsian industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia. TMMIN hadir di PIDI 4.0 dengan tujuan untuk dapat turut serta mendukung Industry 4.0 dengan harapan memberikan advokasi konsep konektivitas rantai pasokan, memperkuat daya saing industri melalui pengembangan SDM, dan transformasi digital.

Transformasi digital yang merupakan basis Industry 4.0 sudah menjadi kebutuhan bagi TMMIN. Sebagian besar produk TMMIN, sekitar 52%, digunakan untuk memenuhi permintaan ekspor ke lebih dari 100 negara. Meningkatkan efisiensi produktivitas melalui penerapan setiap aspek Industry 4.0 bersama seluruh rantai pasok menjadi suatu keharusan bagi perusahaan ini.

TMMIN telah menyiapkan peta jalan (roadmap) dalam menyongsong persaingan di era Industri 4.0 yang semakin ketat. Implementasi Roadmap Industry 4.0 di TMMIN telah memasuki tahap 2 yang berlangsung sampai 2024. Tahap ini menekankan langkah TMMIN untuk menjadi role model dalam penerapan teknologi digital di dunia sektor otomotif dengan tiga fokus aktivitas terkait logistic, maintenance, dan quality melalui penerapan inovasi-inovasi program.

Perusahaan terus berupaya untuk memfasilitasi karyawan dalam melakukan skill expansion untuk menunjang penerapan Industri 4.0. Dengan mencetak business analyst dan system analyst yang tersertifikasi, SDM yang kompeten dapat dikembangkan untuk merancang strategi dasar dan menyeluruh dari pengembangan dan implementasi Industri 4.0 di perusahaan.

Dengan penghargaan National Lighthouse Industry 2024, peran TMMIN sebagai role model dalam industri otomotif di Indonesia semakin diperkuat. Pabrik Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas kendaraan Toyota yang diproduksi dan juga berkontribusi terhadap perkembangan industri otomotif di Tanah Air.

Related Articles

Leave a Comment

sixteen + 16 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.