Home News MotoGP Motorland Aragón: Dampak Ekonomi dan Reputasi yang Besar

Motorland Aragón: Dampak Ekonomi dan Reputasi yang Besar

by VR46 Fans

**Pengaruh Ekonomi dari Sirkuit Motorland di Komunitas Aragon**

Studi yang dilakukan oleh Institut Fomento Aragon mengungkapkan bahwa pengaruh ekonomi dari sirkuit Motorland di komunitas Aragon mencapai 47 juta euro per tahun saat Alcañiz menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MotoGP. Hal ini menyebabkan dampak global sejak beroperasinya sirkuit sekitar 650 juta euro. Studi ini menganalisis dampak kegiatan dari fasilitas ini di wilayah tersebut.

Dilansir dari data tahun 2022 dan sebelumnya, studi ini mencatat hasil dari laporan eksternal dari konsultan AINMER dan Onclusive, perusahaan yang ahli dalam melakukan studi pasar. Manuel Blasco, Kepala Lingkungan dan Pariwisata, menyampaikan hasil utama dari laporan tersebut dalam dewan direksi sirkuit. Motorland bukan hanya Grand Prix MotoGP, meskipun menjadi andalannya. Sebenarnya, ini adalah acara berdampak global yang menggerakkan jutaan euro. Ini adalah kesempatan langka yang sedikit kota yang memiliki, dan Alcañiz memilikinya,” ungkap Blasco bersama Wali Kota Alcañiz, Miguel Ángel Estevan.

### 200.000 Pengunjung per Tahun

Pada tahun 2022, total 196.229 orang mengunjungi sirkuit kecepatan tersebut. Laporan juga menghitung bahwa setiap orang dari penonton yang menghadiri Grand Prix MotoGP di Motorland Aragon memiliki rata-rata pengeluaran 211,20 euro per hari dan 463,5 euro per menginap. Selain itu, ada 5.568 orang yang bergerak antara pembalap dan tim mereka, organisasi GP, hakim, dan pekerja dengan rata-rata menginap 5,20 hari dan pengeluaran rata-rata per orang per hari sekitar 93 euro untuk akomodasi, restoran, transportasi, dan pengeluaran lainnya.

Menurut data dari survei yang dilakukan kepada pengunjung, separuh dari responden datang dalam kelompok dua orang (47,2%), sementara 29,8% datang dalam kelompok lebih dari tiga orang, dengan rata-rata ukuran kelompok 3,07 orang dan rata-rata menginap 1,98 hari.

### Asal Pengunjung dan Dampaknya

Dari segi asal pengunjung, sebagian besar pengunjung Motorland Aragon (94,1%) berasal dari berbagai daerah di Semenanjung, sedangkan di antara orang asing, yang paling menonjol berasal dari Prancis (2,5%), Inggris (0,6%), Andorra (0,3%), dan Australia (0,3%). Dalam hal pengunjung domestik, 33% berasal dari Aragon, dengan 24,4% berasal dari Zaragoza dan 6,6% dari Teruel. Di antara provinsi lainnya, Barcelona (13,5%), Madrid (8,3%), Castellón (4%), dan Valencia (3,6%) menjadi yang paling menonjol. Selain itu, hampir 60% dari publik telah menghadiri Grand Prix sebelumnya, dengan kepuasan umum sebesar 8,2.

Data ini telah berdampak pada pariwisata, karena jumlah turis asing telah meningkat dua kali lipat antara tahun 2009 dan 2019, naik dari 9,61% menjadi 17,65%. Pada tahun 2019, April dan September menjadi bulan kedua dan keempat dengan jumlah turis terbanyak di Teruel, bersamaan dengan acara besar Motorland (Superbikes dan MotoGP).

### 482 Lapangan Kerja Terbuat

Studi juga menyimpulkan bahwa Motorland Aragon membantu menciptakan 482 lapangan kerja penuh waktu di Spanyol selama tahun 2022. Pihak yang paling diuntungkan adalah seluruh sektor HORECA dan perhotelan, diikuti oleh perdagangan eceran dan transportasi.

Dengan demikian, diperkirakan bahwa Grand Prix Aragon menghasilkan dampak ekonomi langsung sebesar 12 juta euro dan dampak tidak langsung sebesar 10,6 juta euro, total dampak ekonomi sebesar 22,6 juta euro.

### 266 Hari Aktivitas

Penggunaan sirkuit selama sisa tahun, tidak termasuk minggu MotoGP, menyebabkan kehadiran 127.215 orang di Motorland, dengan pengeluaran rata-rata sekitar 72 euro. Diperkirakan, total dampak langsung sirkuit selama sisa tahun adalah 9.126.612 euro. Selain itu, pengeluaran Motorland dalam pembelian dari pemasoknya menghasilkan peningkatan permintaan sebesar 5.448.141 euro. Studi menyimpulkan bahwa, dengan menerapkan efek pengganda dari analisis INE, dampak ekonomi langsung dan tidak langsung dari sirkuit adalah 47.095.022 euro.

### Proyeksi Media

Studi juga menganalisis proyeksi media dari Motorland Aragon dan Grand Prix MotoGP, yang menurut konsultan Onclusive mencapai 14.959.440 euro.

Sebagai konteks, perlu dicatat bahwa Motorland adalah sirkuit MotoGP termuda di Spanyol yang telah menerima penghargaan sebagai fasilitas terbaik di Kejuaraan Dunia sebanyak empat kali. Menurut penulis studi, Motorland sedang dalam fase pertumbuhan dan memiliki “potensi besar untuk meningkatkan hasilnya” dalam menarik peserta, karena selain menjadi sirkuit terbaru, tidak memiliki beberapa faktor yang menjadi daya tarik bagi publik (penutupan balapan, lokasi wisata yang menarik, dan reputasi sebagai destinasi liburan) dan memungkinkan untuk memiliki ruang perbaikan yang luas untuk meningkatkan kunjungan ke daerah tersebut.

“Kita memiliki banyak ruang untuk perbaikan. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah meningkatkan sinergi antara Motorland dan Tecnopark, lebih memanfaatkan sirkuit kart dan tanah, memberikan stabilitas pada kompetisi, memperbaiki hubungan dengan federasi dan dengan ‘klaster’ otomotif,” kata Blasco.

Related Articles

Leave a Comment

3 × 5 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.