Home Otomotif Apple Batal Produksi Mobil Listrik, Karyawan Dipindah ke AI

Apple Batal Produksi Mobil Listrik, Karyawan Dipindah ke AI

by Rohmat Ali

Apple Menghentikan Pengembangan Mobil Listrik Setelah Satu Dekade

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, memutuskan untuk menghentikan proyek pengembangan mobil listrik yang telah mereka kembangkan sejak satu dekade silam. Meskipun proyek ini tidak pernah diumumkan secara resmi oleh Apple, namun menurut laporan dari Carscoops, pengembangan mobil listrik ini telah dimulai sejak tahun 2014.

Dengan rancangan yang telah beredar, mobil listrik buatan Apple diharapkan akan dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir seperti perintah suara untuk mengatur navigasi, pengaturan otonom, dan banyak fitur canggih lainnya. Pada awal tahun ini, mobil listrik Apple telah masuk ke tahap akhir pengembangan, namun secara mengejutkan, proyek ini akhirnya dibatalkan.

Menurut sumber internal yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Bloomberg, pengumuman penghentian proyek ini disampaikan oleh COO Jeff Williams dan Kevin Lynch kepada tim pengembang yang beranggotakan 2 ribu orang. Setelah penghentian proyek ini, sejumlah karyawan yang terlibat dalam pengembangan mobil listrik tersebut dipindahkan ke divisi pengembangan artificial intelligent (AI) yang menjadi prioritas perusahaan. Namun, sayangnya, tidak sedikit di antara mereka yang akhirnya di-PHK oleh perusahaan, meskipun Apple tidak mengungkapkan jumlah pastinya.

Kabarnya, proyek mobil listrik Apple tidak mendapat dukungan penuh dari para eksekutif senior di perusahaan. Mereka sudah sejak lama menolak rencana pengembangan kendaraan non-emisi ini, dan pembatalan proyek ini akhirnya diumumkan pada awal bulan Februari. Sebelumnya, mobil listrik Apple yang dijuluki sebagai iCar ini diharapkan akan menjadi kendaraan masa depan yang bisa menantang merek-merek lain seperti Tesla, Xiaomi, dan Huawei.

Dengan berakhirnya proyek mobil listrik ini, Apple sepertinya akan fokus pada pengembangan teknologi AI generatif yang diharapkan bisa memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan ke depannya. Meskipun demikian, keputusan untuk menghentikan pengembangan mobil listrik ini tentu saja mengecewakan banyak pihak yang telah menantikan kehadiran kendaraan tersebut di pasaran.

Dengan begitu, apa pendapat kalian mengenai keputusan Apple untuk menghentikan proyek mobil listrik setelah satu dekade pengembangan? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Related Articles

Leave a Comment

twelve − nine =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.