Home News MotoGP Debut Ducati Marquez: Tantangan dan Harapan

Debut Ducati Marquez: Tantangan dan Harapan

by Dita

Marc Marquez, Pembalap Anyar Gresini Racing yang Siap Bersaing di MotoGP 2024

Selama tiga kali uji coba MotoGP 2024, pembalap anyar Gresini Racing telah terbiasa dengan Ducati Desmosedici GP23. Seberapa kuat dia akan bersaing dalam perebutan poin Kejuaraan Dunia akan terlihat jelas di Sirkuit Losail, lokasi seri pembuka.

Jorge Lorenzo, yang memenangi gelar MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015, mengenal Marquez dengan baik. Selama bertahun-tahun, kedua pembalap Spanyol ini telah bertarung dalam berbagai duel, termasuk satu atau dua kali memenangi balapan. Keduanya terlibat dalam duel sengit di Silverstone 2013, Mugello 2014, Mugello 2016, dan Spielberg 2018. Dalam tiga dari empat kasus ini, Lorenzo yang menang tipis.

Terlepas dari duel mereka saat Marquez membela Honda dan Lorenzo pertama kali untuk Yamaha dan kemudian untuk Ducati, kedua pembalap Spanyol ini juga sudah saling mengenal satu sama lain selama setahun sebagai rekan setim.

Pada 2019, mereka memakai kostum tim pabrikan Honda. Saat Marquez memenangi titel MotoGP keenam dan terakhirnya dengan cara yang dominan, musim itu berubah menjadi bencana bagi Lorenzo.

Pada tahun pertamanya dan satu-satunya tahun di atas Honda, Lorenzo sama sekali tidak bisa mengendalikan RC213V. Saat itu, ia tidak pernah masuk 10 besar.

Fakta bahwa pria kelahiran 1987 itu melewatkan empat balapan karena cedera juga menjadi faktor lain yang membuatnya memilih pensiun pada akhir 2019.

Kini Marquez menjadi orang yang berganti pabrikan. Setelah 11 tahun mengendarai Honda, juara dunia MotoGP enam kali itu mengendarai Ducati tahun ini. Di tim satelit Gresini, Marquez tidak menunggangi Desmosedici GP24 saat ini, melainkan model tahun lalu, Desmosedici GP23.

Menurut Lorenzo, bagaimana performa Marquez di tahun pertamanya sebagai pembalap Ducati?

“Setelah debutnya di atas Ducati pada tes Valencia sangat mengesankan, semua orang mengira Marc akan memenangi hampir semua balapan. Tapi, saya rasa itu tidak akan terjadi,” kata Lorenzo beberapa hari sebelum balapan pembuka MotoGP musim 2024 dalam perbincangan dengan MotoGP.com.

Secara spesifik, Lorenzo melihat ada tiga tanda tanya untuk tahun pertama Marquez di atas Ducati. “Tanda tanya pertama adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan Marc sampai dia benar-benar memahami Ducati,” ujar juara dunia MotoGP tiga kali itu.

Francesco “Pecco” Bagnaia, menyadari bahwa kampiun MotoGP enam kali itu belum sepenuhnya memahami Ducati selama uji coba musim dingin.

“Anda mengendarai Ducati seperti mengendarai Honda,” ujar Bagnaia dalam percakapan pribadi dengan Marquez di sela-sela tes di Sepang.

Lorenzo melanjutkan, “Tanda tanya kedua bagi saya adalah seberapa besar perbedaan antara Ducati 2023 dan Ducati 2024. Jika perbedaannya sangat besar, maka itu berarti Jorge Martin dan ‘Pecco’ Bagnaia memiliki motor yang lebih baik dari Marc. Dan mereka adalah salah satu pembalap terbaik.

“Dan tanda tanya ketiga adalah kondisi fisiknya. Apakah lengannya sudah pulih sepenuhnya atau dia masih butuh waktu untuk mencapai kondisi maksimalnya lagi? Apakah dia mungkin tidak akan pernah sekuat fisiknya seperti sebelumnya? Ini adalah tanda tanya ketiga yang saya lihat mengenai Marc.”

Menjelang debut balapan Marc Marquez bersama Ducati akhir pekan depan (9-10 Maret) di Qatar, berikut ini adalah kilas baliknya. Sejauh ini, 14 pembalap telah berhasil memenangkan satu atau lebih balapan MotoGP dengan mengendarai Ducati.

Beberapa di antaranya, seperti Casey Stoner, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo, meraih kemenangan pertama mereka bersama tim pabrikan Ducati. Tiga orang lainnya – Francesco Bagnaia, Jack Miller, Danilo Petrucci – meraih kemenangan Ducati pertama mereka di tim pabrikan, tetapi sebelumnya berkompetisi untuk tim satelit Ducati selama bertahun-tahun.

Sebanyak lima orang lainnya – Jorge Martin, Enea Bastianini, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Johann Zarco – meraih kemenangan pertama mereka bersama tim satelit Ducati. Di bawah ini adalah daftar berapa banyak balapan yang mereka butuhkan untuk meraih kemenangan pertama di Ducati.

Related Articles

Leave a Comment

five × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.