Home News MotoGP Marc Marquez: Debut Spektakuler di MotoGP Qatar 2024

Marc Marquez: Debut Spektakuler di MotoGP Qatar 2024

by Dita

Marc Marquez di Qatar: Harapan dan Realita

Sebuah utopia saat berpikir bahwa Marc Marquez bisa menang dalam debutnya bersama tim Gresini Racing di MotoGP Qatar 2024, demikian pikir banyak penggemar. Prestasi itu tidak diragukan lagi akan sesuai dengan karakternya, juara dunia delapan kali dan masih menjadi pembalap yang paling banyak memenangi balapan di kelas utama (59), jauh di depan Francesco Bagnaia yang baru mengoleksi 18 kemenangan dan Fabio Quartararo 11 sukses.

Marquez melepaskan sisa musim kontraknya dengan Honda demi mengendarai Ducati milik tim satelit Gresini Racing dengan tujuan untuk kembali memiliki opsi untuk memperjuangkan kemenangan. Yang terpenting, gelar juara dunia, mahkota yang sudah tidak dimenangkannya selama empat tahun, setelah enam kali antara 2013 dan 2019.

Qatar, di atas kertas, bukanlah sirkuit yang paling cocok untuk pembalap Spanyol itu, atau setidaknya bukan trek di mana dia banyak menang. Faktanya, dia hanya menang sekali di MotoGP, pada 2014, musim di mana dia memborong 10 kemenangan secara beruntun.

Bahkan pada 2019, ketika berdiri di podium teratas 12 Grand Prix, ia tidak bisa menang di bawah sorotan lampu Losail. Namun, itu selalu terjadi saat ia mengendarai motor Honda. Tetapi tahun ini, Marquez akan bertarung dengan Ducati GP23 yang tahun lalu terbukti menjadi motor yang sangat kompetitif.

Tiga kemenangan Gresini

Berbeda dengan Marc, lintasan Losail tampaknya cukup menguntungkan bagi Gresini. Mereka telah menang tiga kali di sana.

Pada 2004, Movistar Gresini Racing mendudukkan Sete Gibernau, yang meraih kemenangan di atas Honda RC211V.

Namun, yang jauh lebih menarik dari itu, Gresini telah memenangi dua balapan malam terakhir di Losail, pada 2022 dan 2023.

Yang tak terlupakan adalah kemenangan Enea Bastianini di grand prix pembuka musim 2022. Itu balapan pertama bagi tim Gresini setelah meninggalkan Aprilia dan, di bawah kepemimpinan janda Fausto Gresini (yang meninggal dunia pada Februari 2021), Nadia Padovani, yang merapat ke Ducati.

Pada 6 Maret, melawan segala rintangan, Bastianini menjalani balapan yang tak terlupakan untuk bangkit dari ketertinggalan dan meraih kemenangan di depan Brad Binder dan Pol Espargaro. Foto pembalap Italia yang mengangkat Padovani di lengannya di atas podium akan tetap dikenang selamanya. Yang tak kalah luar biasa adalah sukses Fabio Di Giannantonio tahun lalu.

Karena adanya perbaikan lintasan untuk mengakomodasi F1, Sirkuit Losail tidak menjadi tuan rumah balapan perdana pada 2023, seperti yang sudah menjadi kebiasaan sejak 2007. Jadwal mereka pun dipindah ke 19 November, yang merupakan balapan kedua dari belakang.

Perubahan tersebut memaksa para rider untuk mengikuti delapan Grand Prix dalam dua bulan, di tengah-tengah perebutan gelar juara antara Pecco Bagnaia dan Jorge Martin. Terlepas dari pertarungan tersebut, pemenang utama di Qatar adalah Di Giannantonio, yang merupakan kemenangan pertama dan satu-satunya di kelas utama.

Hal yang mengherankan adalah bahwa Diggia, yang berada di musim keduanya di MotoGP, tidak pernah benar-benar kompetitif. Namun, semuanya berubah ketika Gresini mengumumkan perekrutan Marc Marquez, yang membuatnya tidak memiliki kursi untuk 2024. Pembalap Italia itu bereaksi dan mulai berjuang untuk meraih podium dan kemenangan yang tak terlupakan di Qatar.

Sejak 2004, tahun pertama Qatar dilombakan, 20 Grand Prix telah diselenggarakan, seperti pada 2020, karena pandemi, tidak dilombakan, tetapi pada 2021 diadakan dua balapan. Di kelas utama, pembalap dengan kemenangan terbanyak adalah Casey Stoner dan Valentino Rossi, masing-masing empat kali, dengan tiga kemenangan untuk Jorge Lorenzo dan dua kemenangan untuk Maverick Viñales dan Andrea Dovizioso. Berdasarkan merek, Yamaha telah menang sepuluh kali, Ducati tujuh kali dan Honda tiga kali. KTM dan Aprilia masih belum terkalahkan di bawah lampu LED di Losail.

Related Articles

Leave a Comment

twenty − twelve =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.