Home News MotoGP Marc Márquez: Pecco Bagnaia Favorit MotoGP 2024

Marc Márquez: Pecco Bagnaia Favorit MotoGP 2024

by VR46 Fans

El Mundial MotoGP 2024 akan segera dimulai. Antusiasme besar bagi para penggemar di seluruh dunia -tidak hanya di Spanyol- terletak pada pertanyaan apakah Marc Márquez akan kembali bertarung untuk gelar. Pria asal Cervera ini adalah yang paling karismatik, paling berprestasi (delapan gelar, enam di kelas utama) dan telah mengalami masa sulit akibat cedera dan ketidakmampuan teknis sejak 2020.

Perekrutan Marc Márquez oleh tim Gresini, sebuah tim independen yang sangat sederhana, memungkinkannya untuk memandu motor terbaik di grid, yaitu Ducati. Namun, dalam versi 2023, bukan yang paling canggih, meskipun merupakan tunggangan yang mampu bersaing untuk podium, kemenangan, dan, jika beruntung, gelar, seperti yang ditunjukkan oleh Enea Bastianini pada 2022 atau Marco Bezzecchi pada 2023, mengendarai Desmosedici dari tahun sebelumnya.

Pembalap asal Ilerda ini memilih untuk menjaga profil rendah dalam kedatangannya. Meskipun memiliki catatan prestasi yang gemilang, tekanan favoritisme kini beralih ke Pecco Bagnaia, juara dua musim terakhir, dan Jorge Martín, juara kedua musim lalu. Hasil tes pra musim membenarkan hal ini, terutama dengan nomor ‘1’. Namun, adaptasinya semakin meningkat, dan semua orang berharap hal itu akan berlanjut selama 21 seri. “Saya seharusnya meningkatkan performa saya secara bertahap,” kata Márquez sendiri. “Sikapnya cerdas,” sorot Gigi Dall’Igna, sang ahli teknis Ducati, yang tetap mendominasi secara teknis di kejuaraan ini.

Karena kejuaraan ini telah menjadi kompetisi untuk memberikan lebih banyak dan lebih banyak sayap pada motor. “Aprilia kami memiliki hingga 30 konfigurasi aerodinamis yang berbeda,” ujar Romano Albesiano, direktur teknis mereka. Hal ini tidak disukai oleh siapa pun dan akan dibatasi, tetapi pada tahun 2027. Hingga saat itu, akan ada lebih banyak apendiks, yang sudah ada di belakang, roda, dll. Motor-motor ini akan menjadi yang paling cepat dalam sejarah, melebihi 360 km/jam, namun hal ini akan terpecahkan pada tahun berikutnya, hingga kapasitas mesin dikurangi dan aerodinamika serta perangkat untuk menurunkan tinggi motor dibatasi. “Orang tidak peduli apakah kita akan mencapai 360 km/jam atau 320 km/jam,” pendapat tertua dari Márquez, dalam sebuah pernyataan yang didukung oleh semua pihak: organisasi, tim, pembalap… dan penggemar.

Yang dicari -dan telah ditemukan- adalah kesetaraan. Berbeda dengan F1 atau kompetisi lainnya, dalam MotoGP tidak ada yang tahu siapa yang akan memenangkan setiap balapan. Namun, ada kecenderungan menuju ‘Copa Ducati’, karena tim-tim dari Bolonia terus memiliki delapan motor di grid, dari total 22, telah meraih dua gelar berturut-turut dan musim dingin telah menunjukkan bahwa mereka telah mengambil langkah maju dengan GP24. Tim-tim lainnya juga meningkat, sedikit oleh KTM dan Aprilia, tetapi tetap tertinggal, terutama Honda dan Yamaha, yang melihat jangka panjang dengan banyak uji coba dan konsesi untuk meningkatkan performa.

Masalah Marc Márquez akan terletak pada versi baru Ducati tersebut. Ada empat pembalap yang akan mengendarainya: Bagnaia, Bastianini, Martinator, dan Morbidelli, dan terbukti bahwa motor tersebut mengalami peningkatan pada mesinnya: lebih bertenaga dan dengan respons yang lebih halus. “Ini memiliki yang terbaik dari GP22 dan GP23, lebih baik di semua area,” kata Pecco tanpa menyembunyikan. Martín telah menghilangkan keraguan awal dan melihatnya sebagai senjata pamungkas.

Faktor lain yang akan mempengaruhi semuanya adalah pasar transfer. Kecuali Pecco Bagnaia (Ducati resmi), Brad Binder (KTM), Luca Marini (Repsol Honda), dan Johann Zarco (LCR Honda), semua harus bernegosiasi untuk masa depan mereka, dengan ‘kebisingan’ yang dihasilkan dari situasi tersebut.

Di antara mereka, setengahnya, adalah Pedro Acosta. Dia adalah satu-satunya rookie dan datang dengan dua gelar, Moto3 dan Moto2, dalam tiga tahun. Integrasi dirinya sangat baik dan dia naik dengan GasGas, yang sebenarnya adalah KTM dengan stiker merek tersebut. Pada tahun 2025, dia memiliki opsi untuk naik ke tim pabrikan Austria. Tiburón de Mazarrón ini bergerak secara diam-diam, tetapi tidak ada yang meragukan bakat besar yang dimilikinya dan mereka melihatnya mendekati puncak segera… bersaing dengan para pembalap Ducati.

Spanyol kembali menjadi kekuatan dominan, karena dari 22 pembalap, sepuluh di antaranya adalah pesaing dari negara tersebut: Maverick Viñales, Raúl Fernández, Pedro Acosta, Joan Mir, Augusto Fernández, Aleix Espargaró, Álex Rins, Jorge Martín, serta Álex dan Marc Márquez. Italia menyumbang enam lainnya: Pecco Bagnaia, Luca Marini, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, dan Marco Bezzecchi. Sehingga hanya enam dari negara lain: Zarco dan Quartararo (Prancis), Brad Binder (Afrika Selatan), Jack Miller (Australia), Takaaki Nakagami (Jepang), dan Miguel Oliveira (Portugal).

Ini akan menjadi Kejuaraan Dunia dengan jumlah seri terbanyak sepanjang sejarah, dengan 21 seri, meskipun Grand Prix Argentina dibatalkan. Yang baru adalah masuknya Kazakhstan. Akan ada empat di Spanyol (Jerez, Barcelona, Aragón, dan Valencia), yang menjadi lima di Semenanjung Iberia dengan Portimao (Portugal). Oleh karena itu, total 42 balapan, karena ada Sprint, pada hari Sabtu, di semua seri, dan balapan panjang pada hari Minggu.

Related Articles

Leave a Comment

4 + fourteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.