Home Otomotif Cara Cek Recall Toyota Land Cruiser 300 Yang Kamu Miliki

Cara Cek Recall Toyota Land Cruiser 300 Yang Kamu Miliki

by Rohmat Ali
toyota land cruiser 300 2 169 jpeg

Toyota Land Cruiser 300 Kena Recall, Begini Cara Mengeceknya

Toyota Land Cruiser 300, mobil SUV legendaris yang menjadi idola banyak orang, belakangan ini kembali menjadi sorotan. Hal ini karena Toyota mengumumkan adanya recall untuk ribuan unit Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia terkait dengan reprogramming Electronic Control Unit (ECU). Jika kamu adalah salah satu pemilik Toyota Land Cruiser 300, ada baiknya untuk memeriksa apakah kendaraanmu terkena dampak recall tersebut.

Dilansir dari informasi yang diterima, terdapat sebanyak 2.037 unit Toyota Land Cruiser 300 yang diproduksi dalam rentang waktu Juli 2021 sampai Januari 2024 yang harus diperiksa kembali. Untuk memastikan apakah kendaraan kamu termasuk dalam daftar recall, Toyota telah menyediakan beberapa cara untuk melakukan pengecekan.

Salah satunya adalah dengan mengakses laman resmi Toyota di https://toyota.astra.co.id/ssc atau melalui layanan Toyota Customer Care yang dapat dihubungi melalui telepon di nomor 1-500-315 yang beroperasi 24 jam. Selain itu, konsumen juga dapat melakukan pengecekan melalui layanan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315.

Bagi pemilik kendaraan yang sudah menjual Toyota Land Cruiser 300 yang terkena dampak recall, disarankan untuk segera menginformasikan hal ini ke customer care melalui nomor yang sama. Hal ini bertujuan agar data pelanggan yang menggunakan kendaraan tersebut dapat tercatat dengan baik.

Recall yang dilakukan oleh Toyota terkait dengan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengontrol kinerja transmisi otomatis 10-speed. Masalah yang terjadi terkait dengan cakram kopling di dalam transmisi kendaraan, dimana ada kemungkinan cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling.

Dampak dari masalah tersebut adalah terjadinya sebagian tenaga mesin yang tetap disalurkan ke roda, sehingga mobil dapat berjalan sendiri ke depan secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga 6 km/jam saat pengemudi tidak menggunakan rem parkir. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan risiko tabrakan jika pemilik kendaraan tidak menyadari hal tersebut.

Hal yang memprihatinkan, tidak ada peringatan yang diberikan saat kondisi ini terjadi. Oleh karena itu, pemilik kendaraan diimbau untuk segera melakukan pemeriksaan ke dealer resmi Toyota terdekat. Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatasi potensi masalah yang terjadi.

Untuk memastikan proses berlangsung dengan lancar, para pelanggan yang terkena dampak recall disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota dapat mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan. Selain itu, pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu memeriksa lampu tanda peringatan MID di kendaraan untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Dalam keterangan resmi yang diterbitkan oleh Toyota, disampaikan pesan untuk para pemilik kendaraan yang terkena dampak recall, “Bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan dan/atau pemrograman ulang ECU transmisi otomatis di dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara.”

Jadi, bagi kamu yang merupakan pemilik Toyota Land Cruiser 300, sangat disarankan untuk segera melakukan pengecekan apakah kendaraanmu terkena dampak recall ini. Keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara adalah hal yang utama, jadi pastikan untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan agar kendaraanmu tetap aman digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu prioritaskan keselamatan dalam setiap perjalanan.

Related Articles

Leave a Comment

three × 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.