Home Otomotif Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic Saat Terjebak Macet

Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic Saat Terjebak Macet

by Rohmat Ali

Menghadapi Kemacetan Saat Mudik Naik Mobil Matic

Kemacetan di ruas jalur mudik seringkali menjadi momok menakutkan bagi para pemudik, apalagi bagi yang menggunakan mobil dengan transmisi otomatis atau matic. Namun, tahukah kamu bahwa posisi tuas transmisi mobil matic seharusnya berada di N bukan D ketika terjebak macet? Hal ini penting untuk diperhatikan agar mobil tetap dalam kondisi yang aman.

Menurut Technical Team Aftersales Support Dept. Auto2000, Gesang Pranoto, saat mobil matic terjebak dalam kemacetan panjang, sebaiknya tuas transmisi berada dalam posisi N. Jika tuas transmisi tetap dalam posisi D, maka mesin transmisi akan tetap bekerja meskipun mobil berhenti. Hal ini bisa membebani sistem transmisi dan mengakibatkan kerusakan dalam jangka panjang.

Gesang menjelaskan bahwa ketika transmisi matic terjebak dalam kemacetan atau saat berhenti di lampu merah, sebaiknya posisi tuas transmisi berada di N agar beban transmisi tidak terlalu berat. Hal ini mirip dengan saat kita menunggu di lampu merah, di mana kita menahan rem agar kendaraan tidak maju. Dengan posisi N, transmisi mobil akan lebih stabil dan tidak terbebani saat berhenti.

Selain itu, Gesang juga menyarankan agar jika jalur yang dilalui mengalami kemacetan panjang, mematikan mesin juga bisa menjadi opsi yang baik. Hal ini tidak hanya membantu menghemat bahan bakar, tapi juga mengurangi tekanan pada sistem mesin. Sebelum melakukan perjalanan panjang seperti mudik, pastikan untuk mengisi penuh tangki bahan bakar agar tidak kehabisan di tengah perjalanan.

Jika sampai kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan, pemudik dapat menghubungi call center Pertamina di nomor 135. Pastikan untuk memberikan informasi lokasi dengan jelas agar bantuan dapat segera datang. Selalu siapkan nomor darurat dan persiapan lainnya sebelum memulai perjalanan mudik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan memperhatikan posisi tuas transmisi mobil matic, mengatur penggunaan bahan bakar, dan tetap tenang dalam menghadapi kemacetan, mudik dengan mobil matic menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pemudik yang akan melalui perjalanan mudik dengan mobil matic. Semoga perjalanan mudik kali ini lancar dan menyenangkan!

Related Articles

Leave a Comment

12 + 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.