Home Otomotif Rahasia Merawat Motor Agar Tidak Cepat Berkarat

Rahasia Merawat Motor Agar Tidak Cepat Berkarat

by Rohmat Ali

Motor adalah salah satu kendaraan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang gemar touring menggunakan sepeda motor, pastikan Anda merawat kendaraan kesayangan Anda dengan baik. Pasalnya, terdapat beberapa bagian motor yang mudah sekali terkena karat setelah perjalanan jauh. Roddy Raymond Halim dari SCT Motodetailing menyarankan agar sepeda motor segera dicuci secara mendetail setelah perjalanan jauh.

Salah satu bagian motor yang rentan terkena karat adalah bagian kaki-kaki, khususnya swingarm. Swingarm merupakan bagian dari sistem suspensi yang berfungsi menopang bodi motor. Letaknya yang berada di bawah motor membuatnya rentan terkena cipratan air, lumpur, dan pasir. Hal ini dapat menyebabkan karat yang membahayakan motor kesayangan Anda.

Selain swingarm, sokbreker juga termasuk bagian motor yang rentan terkena karat. Sokbreker atau suspensi yang posisinya dekat dengan roda motor sering terkena air hujan, lumpur, dan pasir. Jika tidak segera dibersihkan, bagian ini juga dapat mengalami korosi akibat karat.

Bagian knalpot atau exhaust juga perlu diwaspadai. Bagian leher knalpot merupakan bagian yang rentan terkena karat setelah terpapar air hujan, lumpur, dan pasir. Selain itu, bagian rangka atau sasis juga rentan terkena karat jika tidak segera dibersihkan setelah kena kotoran atau air hujan. Rangka yang terkena karat dapat membuat motor menjadi mudah patah.

Bagian terakhir yang juga rentan terkena karat adalah rantai, terutama untuk motor bebek dan sport. Rantai yang jarang dilumasi dan jarang dibersihkan setelah terkena kotoran atau air hujan juga rentan terkena karat. Untuk menjaga agar motor tetap bersih dan terhindar dari karat, Anda bisa menggunakan jasa detailing. Harga paket detailing bervariasi, mulai dari Rp 35 ribu untuk paket premium wash hingga Rp 750 ribu untuk Nano Ceramic Coating.

Dengan merawat dan membersihkan motor secara rutin, Anda dapat memperpanjang umur motor kesayangan Anda. Jangan biarkan karat merusak performa motor Anda. Selamat merawat sepeda motor Anda dan selamat berkendara!

Related Articles

Leave a Comment

five × 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.