Home News MotoGP David Alonso Pecahkan Rekor Lap di Sirkuit Jerez

David Alonso Pecahkan Rekor Lap di Sirkuit Jerez

by Dita

David Alonso Rebut Takhta P1 di Sirkuit Jerez

Hujan dengan intensitas ringan turun di Sirkuit Jerez sesaat sebelum latihan dimulai. Temperatur udara rendah, hanya 13 derajat Celcius. Ini menjadi tantangan para pembalap untuk mengalahkan rekor baru waktu lap milik David Alonso, 1:43,710.

Jose Antonio Rueda sakit sejak Kamis kemarin dan dinyatakan tidak fit sehingga digantikan Vicente Perez. Meski posisinya sudah nyaman di atas, Alonso tak lantas leha-leha menunggu hujan reda. Rider CFMoto Aspar Team segera mengaspal ketika pit lane dibuka, diikuti sejumlah pembalap lain.

Trek basah membuat para peserta cenderung berhati-hati sehingga catatan waktunya jauh lebih lambat dari hari sebelumnya. Alonso membukukan waktu lap lebih dulu, tapi segera diturunkan oleh David Munoz dengan 2:03,322. Xabi Zurutuza dan Tatsuki Suzuki terpaut sedikit di belakangnya.

Hingga delapan menit, 11 pembalap menuliskan waktunya. Munoz menembus 2:01,5 setelah 10 menit. Zurutuza ketinggalan 0,2 detik, diikuti Suzuki, Perez, dan Alonso. Pembalap Jepang itu menyodok ke atas, tapi segera diganti debutan Red Bull KTM Ajo yang menerobos 2 menit.

Pada pertengahan, Munoz kembali lagi ke puncak usai menciptakan 1:59,290. Zurutuza menjadi batu sandungan bagi para pembalap berpengalaman. Pembalap #85 itu beberapa kali memecahkan waktu terbaik. Tiga debutan: Zurutuza, Noah Dettwiler dan Joel Esteban, menghiasi zona lima teratas. Bahkan, dua pembalap Spanyol itu pernah singgah di puncak.

Sisa 10 menit, mendadak Angel Piqueras mendapatkan kecepatan dan mengudeta P1 setelah mencatat 1:58,774. David Munoz dikepung empat pendatang baru. Zurutuza tergelincir dan mengalami highside bersama Jacob Roustone di Tikungan 13. Pembalap Red Bull mendapat bantuan medis.

Esteban mengambil posisi pertama ketika jam menunjukkan lima menit terakhir. Pengganti Ryusei Yamanaka itu membukukan 1:57,552. David Alonso merebut lagi takhtanya di sisa dua menit. Ia membukukan 1;57,469, yang segera dipangkas jadi 1:56,619. Esteban ada di peringkat kedua, diikuti Piqueras, Adrian Fernandez, Matteo Bertelle, Zurutuza, Scott Ogden, Dettwiler, Luca Lunetta, serta Stefano Nepa di P10.

Related Articles

Leave a Comment

three × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.