Home Otomotif Potensi Kendaraan Listrik di Indonesia: Memperluas Ekshibitor Internasional

Potensi Kendaraan Listrik di Indonesia: Memperluas Ekshibitor Internasional

by Rohmat Ali

Event Asia Bike 2024: Kontribusi Indonesia dalam Mengurangi Emisi Karbon

Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memiliki peran yang sangat penting di kawasan Asia Tenggara. Dengan jumlah populasi terbesar dan perkembangan ekonomi yang baik selama 10 tahun terakhir, Indonesia menjadi sorotan banyak pihak, termasuk para pelaku industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Hal ini menjadi latar belakang utama mengapa event Asia Bike 2024 digelar bersamaan di JIExpo Kemayoran.

Sebuah pernyataan menarik datang dari Member of the Board of Management Messe Frankfurt Group, Stephan Buurma, yang menyebut bahwa Indonesia memiliki target untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Hal ini mendorong optimisme bagi ekshibitor internasional yang berpartisipasi dalam event Asia Bike 2024. Dengan populasi kendaraan roda dua yang sangat besar, Indonesia dianggap memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kendaraan listrik.

Meskipun perkembangan kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan negara seperti China, potensi Indonesia jauh lebih besar. Hal ini bisa terlihat dari komitmen pemerintah serta banyak produsen kendaraan listrik yang mulai meramaikan pasar Indonesia. Stephan Buurma sendiri menyatakan bahwa Messe Frankfurt Group hadir untuk menjembatani potensi tersebut, membawa dampak positif dalam upaya mengurangi emisi karbon di Indonesia.

Menariknya, rencana untuk menggelar pameran Asia Bike di Indonesia sudah dipikirkan sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda. Bahkan pada tahun 2017-2018, Messe Frankfurt Group telah merencanakan ekspansi ke pasar Indonesia. Namun, pandemi yang melanda dunia membuat rencana tersebut tertunda hingga akhirnya bisa direalisasikan sekarang. Hal ini menunjukkan dedikasi dan komitmen dari pihak penyelenggara event Asia Bike 2024 dalam memperluas pasar kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan hadirnya event Asia Bike 2024, diharapkan bisa semakin memperkuat posisi Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Melalui peran serta partisipasi para ekshibitor internasional, teknologi dan inovasi dalam industri kendaraan listrik dapat semakin berkembang di Tanah Air. Selain itu, event ini juga menjadi ajang untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya beralih ke kendaraan ramah lingkungan guna menjaga keberlangsungan lingkungan hidup kita.

Tentu, masih banyak langkah yang perlu diambil dalam upaya mengurangi emisi karbon dan mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Namun, dengan adanya event seperti Asia Bike 2024, diharapkan bisa menjadi momentum awal dalam transformasi menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kita semua berperan penting dalam menjaga bumi ini untuk generasi masa depan. Semoga event Asia Bike 2024 dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perubahan menuju masa depan yang lebih bersih dan lestari.

Related Articles

Leave a Comment

8 + 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.