Home News MotoGP Crutchlow Absen di GP Italia, Yamaha Terpaksa Batalkan Janji

Crutchlow Absen di GP Italia, Yamaha Terpaksa Batalkan Janji

by Dita
cal crutchlow yamaha factory r

# Cal Crutchlow Absen di GP Italia karena Cedera, Yamaha Terpaksa Menunda Rencana

Senin (20/5/2024), pabrikan Jepang mengumumkan lewat media sosialnya bahwa pembalap tes tidak akan turun di Mugello, 31 Mei-2 Juni, karena cedera.

“Yamaha dengan menyesal mengumumkan bahwa Crutchlow tidak akan ambil bagian di GP Italia sebagai wild card. Pembalap penguji pabrikan itu mengalami sakit di tangan kanannya tahun ini dan menjalani prosedur untuk mengatasinya. Namun, komplikasi yang dialaminya membuatnya tak bisa ambil bagian di GP Italia,” tulis mereka dengan menyertakan foto sang rider Inggris.

Setelah MotoGP Italia, ia dijadwalkan untuk berlaga di atas Yamaha M1 di balapan kandangnya, Grand Prix Inggris pada 2-4 Agustus, dan Grand Prix San Marino pada 6-8 September.

## Janji lain goyah

Pengaktifan tim uji coba dan pengembangan Crutchlow, di bawah pengawasan teknisi veteran Italia, Silvano Galbusera, adalah salah satu dari sekian banyak janji yang diucapkan Yamaha untuk meyakinkan Fabio Quartararo agar tetap bertahan selama dua musim. Sayangnya, pekerjaan itu kini terhenti akibat cedera yang dialami pembalap 38 tahun itu.

Crutchlow bergabung dengan Yamaha sebagai test rider pada akhir 2020, dan harus kembali beraksi pada 2021 dan 2022 untuk menggantikan pembalap Yamaha yang cedera, dengan tampil sepuluh kali di antara dua musim tersebut.

Musim lalu, ia hanya mengikuti satu balapan sebagai wild card, yaitu GP Jepang, sebuah kontribusi sangat kecil yang sekarang, dengan dorongan baru yang diambil oleh perusahaan motor biru Jepang, akan berubah secara substansial. Pembalap Inggris, yang memulai debutnya di MotoGP 2011, telah mengoleksi 19 podium dan tiga kemenangan dalam kariernya.

Tanpa tim satelit selama tiga tahun terakhir, praktis pekerjaan tim penguji menjadi hal yang fundamental dalam pengembangan YZR M1, karena para insinyur hanya memiliki data dari Quartararo, Alex Rins, dan apa yang dapat diberikan oleh Crutchlow.

Dengan absennya Crutchlow di GP Italia, Yamaha terpaksa menunda rencana pengembangan dan peningkatan performa motor mereka. Harapan untuk melihat Crutchlow kembali beraksi di atas lintasan harus ditunda hingga balapan selanjutnya.

Semoga proses pemulihan Crutchlow berjalan lancar sehingga ia dapat segera kembali ke lintasan dan memberikan kontribusi yang berharga bagi tim Yamaha. Semua pihak tentu berharap agar cedera yang dialami pembalap veteran ini dapat segera sembuh sehingga ia dapat kembali menunjukkan performa terbaiknya di atas motor YZR M1. Semoga Yamaha dapat segera mendapatkan pengganti yang mampu mengemban tugas dengan baik selama absennya Crutchlow.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.