Home News MotoGP Haruskah Zarco bergabung dengan Marquez di Honda pada 2019?

Haruskah Zarco bergabung dengan Marquez di Honda pada 2019?

by VR46 Fans
zarco & marquez

Haruskah Tech 3 Yamaha Johann Zarco bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda untuk musim MotoGP 2019? Valentin Khorounzhiy dan Jamie Klein jurnalis ternama memiliki argumen yang berlawanan.

Valentin Khorounzhiy: Zarco harus pindah selagi menjadi pusat perhatian

Untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang berapa banyak kesan yang dibuat Johann Zarco di MotoGP sejak kedatangannya, Anda hanya perlu melihat daftar pabrikan yang tertarik mendapatkan tanda tangannya.

Honda, tentu saja, ada dalam daftar calon potensial, seperti Suzuki dan KTM. Ducati diketahui juga memantau situasi saat ini. Bahkan Yamaha, meskipun sudah memiliki pembalap – pembalap yang kuat, belum mengesampingkan pembalap yang satu ini.

Pihak-pihak yang disebutkan di atas semuanya akan memiliki kontrak yang sangat berbeda untuk ditawarkan. Tetapi jika Zarco memiliki semua opsi yang tersedia dan pilihannya ada padanya, itu sudah jelas. Dia harus bergabung dengan “tim impian” yaitu Honda.

Dani Pedrosa mungkin yang terbaik saat ini untuk menjadi pembalap Honda 2019 dan seterusnya. Pembalap yang didukung oleh Repsol adalah Pedrosa dan merupakan pilihan yang pasti untuk tetap bersama dimasa mendatang.

Motor Honda diakui, belum tampak seperti pilihan terbaik yang tersedia dalam beberapa tahun, tidak stabil dan kurang akselerasi. Tapi perbaikan pada musim ini sudah terlihat jelas dan ketika Honda tidak menang di Qatar kemarin, motor Honda makin cepat di trek yang tidak cocok dengannya.

Saat ini mungkin hanya motor yang bagus harus dimiliki Zarco. Sayangnya motor Honda saat ini adalah bagian dari kesepakatan paket tim untuk Marquez, dan motor yang jelas dirancang untuk Marquez.

Tapi apa produsen lainnya tidak akan memiliki masalah dengan itu? Jika dia mendapat motor ketiga Yamaha, bukankah itu berarti harus bersaing dengan Valentino Rossi? Jika dia pergi ke Ducati, apakah akan lebih mudah bersama Andrea Dovizioso atau Jorge Lorenzo?

Zarco mengatakan dia tidak takut pada Marquez, dan mengapa dia harus takut? Marquez itu brilian, tak tersentuh pada hari-hari terbaiknya, tetapi dia tidak sempurna. Dia memang telah mengalahkan rekan setimnya di setiap race MotoGP sejauh ini, tetapi dia hanya memiliki satu rekan setim: Pedrosa.

Mesin kelas dunia akan datang dengan rekan satu tim kelas dunia. Tanpa yang terakhir, Anda tidak bisa memastikan yang pertama. Zarco dapat memilih untuk bersama Suzuki atau KTM atau bahkan tinggal di Tech 3 pada tahun 2019, tetapi semua yang akan dia dapati hanya janji untuk kemenangan di garis depan.

Apakah garis depan cukup bagus? Zarco, yang akan berusia 28 tahun tahun ini, lebih tua dari Marquez, dan jauh lebih tua dari Maverick Vinales. Ini tidak perlu membuatnya khawatir, tentu saja (kita bisa melihat Valentino Rossi), tapi jangan menipu diri sendiri dan mengatakan itu adalah non-faktor.

Posisi Zarco tinggi mungkin sekarang. Dalam siklus dua tahun MotoGP yang aneh, Anda sama bagusnya dengan musim sebelumnya ketika datang untuk negosiasi kesepakatan dengan tim pabrikan dan Zarco sangat bagus di tahun 2017.

Dalam menentukan masa depannya, dia harus memastikan dia tidak perlu menunggu untuk motor kaliber kejuaraan. Dia telah menerima satu, dan dia harus menuai hasilnya sesegera mungkin.

Jamie Klein: Zarco harus menghindari Marquez

Sementara Zarco berbicara di Qatar Repsol Honda sebagai “tim impian”, ada alasan untuk berpikir bahwa langkah seperti itu dapat dengan cepat berubah menjadi mimpi buruk bagi pembalap Prancis, yang sebagian besar berhubungan dengan pembalap yang akan dipaksa untuk berbagi kemenangan.

Jangan salah, Repsol Honda adalah tim Marc Marquez. Ini berkisar pada bakat eksplosif dan fenomenal dari pebalap utama, yang berkali-kali telah mengatasi kekurangan RC213V dengan cara yang tidak wajar dan secara konsisten mengalahkan Dani Pedrosa.

Maverick Vinales telah menemukan betapa sulitnya bagaimana rasanya berbagi pitbox dengan pembalap seperti Valentino Rossi, dan Zarco bisa merasakan hal yang sama buruknya bila bersama dengan Marquez. Satu-satunya cara untuk menggeser pusat gravitasi di HRC adalah dengan mengalahkan Marquez secara berulang-ulang, sesuatu yang akan sulit dilakukan oleh Zarco.

RC213V, motor yang di tahun-tahun sebelumnya dibentuk berdasarkan gaya Marquez, mendukung pengereman yang keras, terlambat, dan waktu sesingkat mungkin yang dihabiskan untuk keluar tikungan. Dengan kata lain, kebalikan dari Yamaha Jorge Lorenzo yang dipakai Zarco saat ini.

Lorenzo sendiri juga telah menunjukkan betapa sulitnya untuk beralih ke motor yang membutuhkan cara berkendara yang benar – benar berbeda. Setahun penuh telah dijalani Lorenzo, kemenangan pertama tetap bukan hal yang mudah, tetapi sesuatu yang masih jauh untuk diraih.

Zarco mungkin terbukti lebih mudah beradaptasi dari pada Lorenzo, tetapi langkah Honda masih merupakan risiko besar, dan yang perlu dipertimbangkan adalah pabrikan – pabrikan lain yang telah menunjukkan minat terhadapnya: yaitu KTM dan Suzuki.

Suzuki GSX-RR adalah motor yang pada dasarnya sama dengan Yamaha, jadi tak ada alasan untuk berpikir bahwa Zarco tak akan segera bergabung dengannya. Dan mengingat hasil yang diperoleh saingannya dulu di Moto2. Alex Rins kini mampu bersaing didepan, tidak sulit untuk membayangkan Zarco menjadi penantang podium dari awal, dan mungkin lebih dari itu.

KTM akan menjadi taruhan jangka panjang, tetapi menawarkan sesuatu yang unik: kesempatan untuk membentuk seluruh pabrikan dan motor sesuai dengan keinginan Zarco. Saat ini, RC16 adalah hanya kanvas kosong, dan Zarco secara bertahap bisa mengembangkannya menjadi senjata yang sempurna dengan bantuan sumber daya yang cukup besar.

CEO Stefan Pierer telah memilih Zarco sebagai pilihan nomor satu untuk 2019, dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Lebih baik memilih KTM tentu saja, dari pada mengambil risiko menjadi nomor dua bagi Marquez di Honda.

Related Articles

Leave a Comment

6 − five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.