Home News MotoGP Alasan Rossi Tak Bisa Maksimal pada FP2 MotoGP Qatar 2019

Alasan Rossi Tak Bisa Maksimal pada FP2 MotoGP Qatar 2019

by VR46 Fans
rossi khawatir

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi layaknya sedang menaiki roller coaster di dua kali latihan bebas (FP1 dan FP2) MotoGP Qatar 2019 yang dilangsungkan di Sirkuit Losail, Doha Qatar. Sempat memuncaki FP1, Rossi melorot ke posisi 17 pada FP2.

Apa yang terjadi? Rossi rupanya menghadapi masalah yang lumayan parah dengan ban depan. Dia menyatakan hanya sedikit merubah setelan mesin pada dua kali tes bebas itu.

Pada FP1 MotoGP Qatar, dia dapat mengalahkan duo Repsol Honda Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Sedangkan pada FP2, dimana pembalap lain akselerasi kecepatan meningkat, Rossi justru melambat.

Ban depan motor YZR-M1 miliknya cepat aus sampai-sampai dia kehilangan grip motor depannya. Kalau tidak segera membenahi masalah ini, Rossi akan sulit menembus kualifikasi kedua (Q2) secara langsung.

Dia mesti memperbaiki ini dan meraih posisi 10 besar di FP3 MotoGP Qatar 2019 yang dilangsungkan malam nanti di Sirkuit Losail.

Rossi Mulai Khawatir

Rossi mengaku sangat heran dengan masalah yang terjadi di motornya. Dia bisa tampil bagus di sesi pagi hari namun jeblok di sore harinya.

“Ini hari yang mengherankan karena saya pikir tidak terlampau buruk di pagi hari dan tidak seburuk sore ini. Kami tidak merubah banyak setingan motor namun saya merasakan masalah dengan ban depannya. Saya tak bisa seimbang sehingga tak bisa maksimal,” kata Rossi .

“Di sisi lain, trek mulai memberikan cengkraman lebih baik sehingga pembalap lain mulai memperbaiki catatan waktunya. Sedangkan saya kesulitan.”

Rossi mulai khawatir tak bisa menembus Q2. Dia mengatakan harus menemukan cara supaya bisa jadi cepat.

“18 pembalap mencatatkan waktu lap di kisaran 1 detik, jadi bila tidak maksimal akan dengan gampangnya terlempar dari 15 besar. Kami mesti temukan cara supaya bisa jadi lebih cepat,” kata Rossi.

Rossi memenuturkan dia sudah merasa ban mediumnya aus sesudah menjalani lima lap. Ini membuat ban cepat aus tanpa ada perbaikan di kecepatan.

“Bagian kanan ban hancur, ini disebabkan banyaknya belokan ke kanan. Saya juga mulai merasakan getar. Sungguh disayangkan setelah apa yang kami dapatkan pada pagi hari,” ujar Rossi.

Related Articles

Leave a Comment

two × four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.