Home News MotoGP Pedrosa Menggunakan Chassis Karbon di Sirkuit Misano, Proyek Uji Coba KTM Sukses

Pedrosa Menggunakan Chassis Karbon di Sirkuit Misano, Proyek Uji Coba KTM Sukses

by VR46 Fans

Pedrosa Menggunakan Chassis Karbon di MotoGP Misano, Prakiraan Posisi Keenam

Pembalap Dani Pedrosa mencuri perhatian selama sesi latihan bebas pertama (FP1) di Sirkuit Misano, San Marino. Ia berhasil menjadi yang tercepat pada pertengahan sesi dan mampu mempertahankan posisi teratas hingga lima menit terakhir. Keberhasilan ini menjadi kenangan manis bagi Pedrosa, mengingat dia secara resmi pensiun dari MotoGP pada 2018 lalu.

Akan tetapi, keberhasilan Pedrosa tidak hanya berasal dari kemampuannya sebagai seorang pembalap. Reporter pit lane MotoGP.com, Simon Crafar, dengan cepat memperhatikan bahwa Pedrosa menggunakan sasis karbon serat, bukan sasis trellis besi seperti biasanya. Penggunaan sasis karbon serat ini tidak pernah ditemukan di akhir pekan balap MotoGP sejak periode 2009-2011 saat Ducati menggunakannya.

Lebih lanjut, Pit Beirer dari KTM mengkonfirmasi kepada Crafar bahwa penggunaan teknologi baru ini merupakan bagian dari proyek pengujian tim. Hasil pengujian yang sangat positif membuat Pedrosa dan tim ingin menggunakan sasis tersebut dalam balapan kali ini. Beirer mengatakan bahwa Anda selalu bisa belajar lebih banyak selama akhir pekan balap daripada saat pengujian.

Selain Pedrosa, Aprilia juga sedang melakukan eksperimen dengan penggunaan sasis karbon serat. Namun, mereka belum menggunakan teknologi ini dalam balapan hingga saat ini. Peningkatan pesaing-pesaing lainnya membuat Pedrosa tergeser ke peringkat keenam pada akhir sesi, dengan Pirro (Ducati) memimpin empat besar Ducati lainnya, diikuti oleh Jorge Martin (Pramac), Marco Bezzecchi (VR46), dan Luca Marini (VR46).

Posisi kelima yang mengejutkan berhasil diraih oleh Aprilia milik tim RNF. Di balik mereka, terdapat Pedrosa pada posisi keenam, diikuti oleh Maverick Vinales (Aprilia), Johann Zarco (Pramac), Aleix Espargaro (Aprilia), dan Alex Marquez (Gresini) yang melengkapi sepuluh besar klasemen.

Juara bertahan dan pemimpin klasemen, Francesco Bagnaia, terlihat terpukul dengan penampilannya yang hanya mampu finis di posisi ke-20 untuk Lenovo Ducati. Bezzecchi juga mengalami cedera pada tangan sebagai akibat dari kecelakaan dalam lap pembuka di Barcelona pekan lalu.

Pada kesempatan yang lain, direktur olahraga Ducati, Paolo Ciabbiati, mengomentari rumor tentang kemungkinan bergabungnya Marc Marquez dengan tim Gresini Ducati. Ciabbiati menyatakan bahwa pada dasarnya Marc masih memiliki kontrak dengan Honda hingga tahun depan dan telah dijelaskan strategi Ducati dalam hal pembalap. Namun, ia tidak menutup kemungkinan adanya perubahan di paddock MotoGP yang seringkali penuh kejutan.

Meski mengalami kecelakaan serius dan kehilangan banyak poin di Barcelona, Bagnaia tetap mempertahankan keunggulannya sebagai pemimpin klasemen dengan selisih 50 poin dari Jorge Martin dari tim Pramac. Misano, yang menjadi lomba kandang Ducati, akan menjadi kesempatan bagi Bagnaia untuk memperlebar jarak dengan pesaingnya.

Sementara itu, rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, tidak dapat ikut bergabung di balapan ini karena cedera yang dialaminya akibat kecelakaan yang juga melibatkan Bagnaia di Barcelona pekan lalu. Sebagai penggantinya, pembalap uji Honda, Stefan Bradl, diduga akan menggunakan komponen prototipe untuk musim balapan 2024 dalam balapan ini.

Masih ada beberapa pembalap yang absen dalam lomba di Sirkuit Misano ini. Alex Rins dari LCR Honda masih belum pulih dari cederanya akibat insiden di Mugello, sehingga dirinya masih absen. Iker Lecuona juga tak bisa turun, karena harus kembali menjalani tugas di WorldSBK. Sebagai gantinya, pembalap uji Jepang, Takumi Takahashi, akan menggantikan posisi Rins.

Akhir pekan balap di Sirkuit Misano akan menjadi ajang yang menarik untuk melihat persaingan tim dan pembalap. Penggunaan teknologi baru seperti sasis karbon serat oleh Pedrosa dan kehadiran pembalap wild-card akan memberikan warna tersendiri dalam pertarungan menuju podium di Sirkuit Misano ini.

Related Articles

Leave a Comment

5 × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.