Home News MotoGP Jorge Martin Mengunci Kemenangan Sempurna di MotoGP San Marino 2023

Jorge Martin Mengunci Kemenangan Sempurna di MotoGP San Marino 2023

by VR46 Fans

Jorge Martin Memenangkan MotoGP San Marino 2023 di Misano.

Hasil balapan MotoGP San Marino 2023 di Misano telah memunculkan Jorge Martin sebagai pemenang. Pembalap asal Spanyol yang mengendarai motor Pramac Ducati berhasil menyelesaikan lomba dengan waktu 41 menit 33,421 detik. Posisi kedua diraih oleh Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 Ducati, dengan selisih waktu 1,350 detik dari Jorge Martin. Sementara itu, Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo menyusul di posisi ketiga dengan selisih waktu 3,812 detik.

Hasil balapan kali ini membuat Jorge Martin semakin mendekati posisi teratas klasemen pembalap yang saat ini dipegang oleh Francesco Bagnaia. Pembalap Pramac Ducati ini berhasil mencuri poin-poin penting dari posisi Bagnaia yang sedang memimpin klasemen.

Balapan ini merupakan keberhasilan kedua kali Jorge Martin meraih kemenangan berturut-turut di Misano. Ia juga berhasil meraih kemenangan dalam balapan Sprint yang digelar sehari sebelumnya. Di posisi ketiga, Bagnaia berhasil melewati Marco Bezzecchi dan berhasil mengamankan podium ke-3.

Sekali lagi, motor-motor Ducati menunjukkan performa yang sangat impresif. Tiga pembalap Ducati, yaitu Martin, Bagnaia, dan Bezzecchi, berhasil mendominasi tiga posisi terdepan. Namun, kali ini Bagnaia berada di posisi kedua, diikuti oleh Bezzecchi di posisi ketiga. Bagnaia bahkan sempat melakukan serangan terhadap Martin, namun tidak berhasil untuk menyalipnya.

Pada paruh pertama balapan, Bagnaia justru mendapatkan tekanan dari Bezzecchi, sehingga terjadi pertarungan sengit antara pembalap-pembalap lokal tersebut. Hal ini memberikan kesempatan bagi Martin untuk menjauhkan diri dari mereka. Di 10 lap terakhir, Martin berhasil mempertahankan keunggulannya dan semakin menjauh dari Bagnaia dan Bezzecchi.

Bagnaia mengalami kesulitan di balapan kali ini. Ia bahkan kehilangan posisi kedua dari Bezzecchi. Pada babak akhir, Bagnaia menghadapi serangan dari Dani Pedrosa, pembalap wild-card dari KTM. Namun, Bagnaia berhasil mempertahankan posisinya dan tidak memberikan celah bagi Pedrosa untuk melakukan serangan.

Sayangnya, Brad Binder mengalami kecelakaan di lap ke-8 dan gagal finis. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi harapan Binder untuk meraih gelar juara di musim ini. Selain itu, rekan setim Binder, Jack Miller, juga terlibat dalam kecelakaan dengan wild-card Ducati, Michele Pirro.

Dalam lomba ini, sebagian besar pembalap memilih menggunakan ban medium untuk 27 lap race ini. Namun, kelima pembalap Honda tetap menggunakan ban soft. Marc Marquez berhasil naik ke posisi keenam dan terus mengejar Maverick Vinales dari tim Aprilia yang berada di posisi kelima. Namun, penggunaan ban soft membuat Marquez kesulitan di lap-lap akhir, sehingga ia harus rela kehilangan posisi keenam ke tangan Miguel Oliveira dan hampir kehilangan posisi ketujuh akibat serangan terakhir Luca Marini.

Setelah balapan, akan ada sesi uji coba resmi yang dilakukan di Sirkuit Misano pada hari Senin. Marc Marquez dan Fabio Quartararo akan mencoba prototipe motor 2024 dari Honda dan Yamaha. Setelah libur sepanjang akhir pekan ini, seri MotoGP selanjutnya akan digelar di Sirkuit Buddh International di India pada tanggal 22-24 September mendatang.

Meskipun mengalami kecelakaan mengerikan seminggu sebelumnya, Francesco Bagnaia mampu tampil memukau di balapan ini. Kepala klasemen sementara ini berhasil membawa pulang 45 poin lebih banyak daripada Jorge Martin, yang juga pembalap Pramac. Meski terluka dan diperban di beberapa bagian tubuh, Bagnaia tetap mampu tampil kompetitif di balapan kandangnya.

Sayangnya, rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati, Enea Bastianini, tidak dapat berpartisipasi dalam balapan kali ini. Ia mengalami patah tangan dan kaki setelah terlibat dalam kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap di Barcelona pada akhir pekan sebelumnya.

Dani Pedrosa menjadi pembalap wild-card yang tampil untuk kedua kalinya bersama tim KTM. Kali ini, ia menggunakan rangka serat karbon, sedangkan rekan setimnya, Stefan Bradl (Honda), dan Michele Pirro (Ducati), juga kembali tampil di sirkuit.

Untuk Balapan ini, Bradl menggunakan motor RCV ‘2023.5’, yang merupakan kombinasi dari mesin tahun ini yang diwajibkan oleh aturan dengan berbagai komponen prototipe untuk tahun 2024. Motor Bradl ini, dan mungkin juga berbagai perkembangan baru lainnya, akan diuji oleh para pembalap reguler Honda dalam sesi uji coba hari Senin.

Alex Rins dari LCR Honda masih belum dapat berpartisipasi dalam balapan ini karena masih dalam proses pemulihan cedera kaki yang dideritanya di Mugello. Ia digantikan oleh pembalap uji coba Jepang, Takumi Takahashi. Namun, sayangnya, Takahashi tidak dapat mencapai waktu lap 105% dalam sesi latihan, sehingga ia tidak dapat berpartisipasi dalam sesi kualifikasi dan balapan akhir pekan ini.

Related Articles

Leave a Comment

four × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.