Home News MotoGP Jadwal MotoGP 2023 Dirilis, Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah

Jadwal MotoGP 2023 Dirilis, Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah

by Dita

Jadwal MotoGP 2024 diumumkan, termasuk trek baru di Kazakhstan dan Indonesia.

Jadwal MotoGP untuk musim 2024 telah diumumkan. Seri ini akan dimulai pada 10 Maret dengan Grand Prix Qatar, yang kembali menjadi balapan pembuka musim setelah sebelumnya dipindahkan ke November pada 2023. MotoGP selanjutnya akan menuju Eropa untuk GP Portugal dan GP Argentina pada tanggal 24 Maret dan 7 April.

Seperti musim ini, Argentina akan menjadi tuan rumah GP Amerika di COTA pada 14 April, sebelum kejuaraan kembali ke Eropa untuk GP Spanyol pada 28 April. Tahun depan akan melihat kembalinya keempat balapan di Spanyol, setelah Aragon ditiadakan untuk musim 2022. Sehingga tidak ada rotasi acara di Iberia.

Setelah balapan di Spanyol, GP Prancis akan berlangsung pada 12 Mei, diikuti oleh MotoGP Catalunya pada 26 Mei, dan kemudian disusul oleh GP Italia di Mugello pada 2 Juni. Perjalanan ke Eropa akan diselingi dengan upaya kedua untuk menggelar GP Kazakhstan di sirkuit Sokol. Namun, MotoGP terpaksa membatalkan balapan di negara ini karena sirkuit tidak akan siap tepat waktu.

GP Belanda akan berlangsung pada 30 Juni, diikuti oleh GP Jerman pada 7 Juli, sebelum musim panas selama tiga minggu. Paruh kedua musim ini akan dimulai pada 4 Agustus dengan GP Inggris di Silverstone, dan GP Austria akan berlangsung pada 18 Agustus. Kemudian, paruh musim berikutnya dimulai pada 1 September dengan kembalinya GP Aragon, yang tahun ini ditiadakan, dan GP San Marino pada 8 September.

Meskipun ada saran bahwa GP India akan diundur ke Oktober setelah penyelenggaraan pertama pada tahun ini, edisi kedua akan tetap dilaksanakan pada 22 September. Musim ini juga akan memiliki tiga seri berturut-turut yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 29 September dan Jepang pada 6 Oktober.

Sepekan kemudian, akan diikuti oleh tiga balapan berikutnya yaitu Australia pada 20 Oktober, Thailand pada 27 Oktober, dan Malaysia pada 3 November. Kejuaraan MotoGP musim ini akan berakhir pada 17 November dengan GP Valencia. Untuk tes pramusim tahun 2024, akan dimulai pada 6-8 Februari di Malaysia, diikuti oleh dua hari di Qatar pada 19-20 Februari.

Namun, yang cukup mengecewakan, terdapat dua belas balapan MotoGP yang akan berbenturan dengan acara Formula 1 di musim depan. Beberapa bentrok zona waktu yang terjadi antara F1 dan MotoGP adalah F1 Monako dan MotoGP Barcelona, F1 Austria dan MotoGP Assen, serta F1 Italia dan MotoGP Aragon.

MotoGP juga telah menambahkan lintasan baru Balaton Park di Hungaria sebagai cadangan, setelah tempat tersebut menerima homologasi. Kalender MotoGP untuk musim 2024 telah menarik minat banyak penggemar di seluruh dunia. Semoga dengan adanya penjadwalan yang cermat, akan memberikan semangat dan sajian balapan yang menarik bagi para penggemar MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

eleven + 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.