Home News MotoGP Hidup memiliki cara yang kejam untuk menggigit Anda: Pol Espargaro dan Perjuangannya dalam MotoGP

Hidup memiliki cara yang kejam untuk menggigit Anda: Pol Espargaro dan Perjuangannya dalam MotoGP

by Dita

“Pol Espargaro: Mengatasi Rasa Takut dan Kembali ke Dunia Balap Setelah Cedera Serius”

Hidup memiliki cara yang kejam untuk menggigit Anda. Pol Espargaro pindah ke tim pabrikan Honda untuk 2021, meninggalkan proyek KTM yang tidak sedikit berperan dalam mengembangkannya menjadi pemenang balapan, dengan harapan dapat mengambil langkah besar berikutnya dalam karier MotoGP-nya.

Di samping dua podium, yang terjadi adalah dua tahun penuh penderitaan saat RC123V berjuang untuk menjadi kompetitif dan Honda segera mengasingkan pembalap Spanyol itu setelah keputusannya untuk kembali ke KTM – atau lebih tepatnya Pierer Mobility Group – dengan Tech3 untuk musim ini telah diselesaikan.

Seiring dengan hasil yang diraihnya, begitu pula dengan kehidupan pribadinya. Maka, mudah dimengerti ketika ia mengakhiri tes di Valencia – tes pertamanya bersama KTM sejak 2020 – pada November lalu dengan perasaan gembira. Espargaro pulang ke rumah dan tampaknya akan menekan tombol putar untuk melanjutkan kariernya yang sempat terhenti.

Dengan sekitar 13 menit tersisa di sesi FP2 di Portugal pada 24 Maret 2023, Espargaro berada di out-lap bersiap untuk menyerang 10 besar untuk mengamankan tempat di Q2. Saat memasuki tikungan ke-10, ia terlempar dari motor RC16 yang dikendarainya bersama Tech3. Untuk alasan yang masih membingungkan hingga hari ini, pembatas ban yang ditujunya tidak memiliki pagar udara di depannya. Espargaro mengalami beberapa patah tulang, termasuk di punggung dan rahangnya. Ia harus menjalani operasi, dan selama empat pekan rahangnya diikat dengan kabel. Diet hanya dengan cairan selama itu membuatnya kehilangan dua kilogram otot per minggu.

Dia kemudian mengakui dalam salah satu penampilan pertamanya di media bahwa “Saya tidak mengenali tubuh saya”. Saat Motorsport.com duduk bersama Espargaro di MotoGP San Marino di Misano pada September, berat badannya sudah kembali normal dan sudah pulih sepenuhnya. Ia sudah bisa tersenyum lagi. “Kedengarannya mungkin terlalu berlebihan, tapi inilah yang saya rasakan, Saya hampir mati,” ujar Espargaro dengan jujur tentang insiden yang menimpanya di Maret. “Anda tidak pernah berpikir bahwa ini bisa terjadi pada Anda. Tidak ada seorang pun rider yang berpikir bahwa mungkin besok Anda bisa menabrak tembok dan ciao, dan Anda mati.

“Ketika hal itu terjadi, Anda baru sadar bahwa hal itu mungkin saja terjadi. Ketika rekan yang membalap bersama Anda mengalami cedera serius, maka Anda menyadari betapa sulit dan rumitnya pekerjaan ini. Namun sejak saat itu Anda terus melangkah maju, dan ini adalah olahraga terbaik di dunia. Namun, ketika hal itu terjadi dan Anda kembali mengendarai motor, Anda berkata ‘hmm, itu bisa saja terjadi’.

“Saya pikir seiring bertambahnya usia, itu adalah hal yang membuat Anda sedikit lebih lambat, atau bereaksi dengan cara yang berbeda.”

Inilah salah satu keanehan dari para pembalap. Mereka, lebih dari siapa pun, sangat sadar akan bahaya balapan. Namun, kejutannya adalah ketika sang penuai nyaris saja menghindari kecelakaan. Tapi, seorang pembalap harus memiliki ketidaktahuan yang membahagiakan ini untuk mendorong melampaui batas pikiran guna mengeluarkan kemampuan maksimal dari mesin dan tubuh. Namun, ketika kenyataan menunjukkan dirinya sendiri, pikiran membutuhkan waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. “Kata yang tepat adalah ‘takut'”. Inilah yang dirasakan Espargaro saat ia kembali beraksi di GP Inggris. “Saya takut,” tambahnya. “Saya sadar bahwa saya harus memutuskan kapan harus berhenti. Itu adalah hal yang harus saya katakan pada diri saya sendiri, ‘sudah selesai, sudah selesai, saya sudah matang’. Sampai saat itu sangat sulit untuk menjauh.

“Terutama di lap terakhir, saat Anda kembali ke pit box dan ban digunakan. Kami tahu betapa sulitnya motor ini. Kami melihat kecelakaan di lap peninjauan di Barcelona yang menimpa Iker (Lecuona). Jadi, motor ini sangat sulit di banyak momen, tidak hanya saat Anda memacu motor. Ketika Anda mencoba mendorong hanya untuk mengangkat ban, ini adalah pekerjaan yang sulit… Anda harus mengambil risiko.”

Mengingat insiden serius yang dialaminya terjadi di out-lap, ini menjadi salah satu elemen ketakutan terbesar yang harus diatasi Espargaro sejak kembali. Lalu ada aspek mental, “Terkadang saya mencoba untuk menjadi cepat dan otak saya mengatakan ‘belum saatnya’,” ia mengungkapkan. Fisik juga memiliki batasan. Satu-satunya cara untuk benar-benar pulih hingga 100 persen adalah dengan mengendarai motor MotoGP dan menerima hukuman yang d

Related Articles

Leave a Comment

five × 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.