Home News MotoGP Jorge Martin Kuasai Sesi FP1 MotoGP Thailand dengan Ban Medium

Jorge Martin Kuasai Sesi FP1 MotoGP Thailand dengan Ban Medium

by Dita

Jorge Martin Memuncaki Tabel Hasil FP1 MotoGP Thailand.

Pada Jumat (27/10/2023), cuaca cerah menyelimuti Sirkuit Internasional Chang saat para pembalap MotoGP menggelar sesi latihan bebas pertama. Dalam kondisi trek yang kering, para pembalap memiliki kebebasan untuk menguji berbagai setelan, terutama temperatur ban depan yang sangat mempengaruhi hasil balapan.

Dalam sesi latihan tersebut, hampir semua pembalap menggunakan kombinasi ban lunak dan keras, kecuali Brad Binder yang memasang ban keras di depan dan belakang. Awalnya, Jorge Martin, Alex Marquez, dan Franco Morbidelli berhasil menduduki peringkat pertama. Namun, setelah tujuh menit berjalan, Fabio Quartararo berhasil membawa Yamaha YZR-M1 ke puncak dengan waktu 1:32,008.

Namun, formasi tiga besar berubah setelah 10 menit. Alex Marquez, Maverick Vinales, dan Jorge Martin berhasil menduduki posisi terdepan. Jorge Martin menjadi pembalap yang menjadi acuan dengan waktu 1:31,484 saat sesi latihan memasuki 15 menit. Ia hanya unggul tipis, yaitu 0,002 detik dari Alex Marquez.

Hingga 20 menit berjalan, Francesco Bagnaia dan Marc Marquez masih tertahan di papan tengah. Namun, pembalap Aprilia RS-GP tampil cukup kuat dalam sesi ini. Hingga 15 menit terakhir, terdapat tiga pembalap, yaitu Vinales, Aleix Espargaro, dan Raul Fernandez yang berhasil menempati enam besar.

Fabio Di Giannantonio juga melanjutkan tren positif dengan menduduki peringkat keempat. Namun, Quartararo mengalami goncangan keras ketika melintasi kerb di Tikungan 4. Tinggal 12 menit lagi, Aleix Espargaro berhasil merangkak ke posisi keempat sebelum akhirnya merebut posisi pertama dari rekan setimnya, Vinales. Kecepatan Espargaro meningkat setelah memasang ban depan baru.

Honda, yang biasanya kuat di Sirkuit Buriram, mengalami kesulitan dengan motor RC213V. Takaaki Nakagami menjadi pembalap Honda terbaik dengan menempati posisi kedelapan, sedangkan Marc Marquez berada enam posisi di belakangnya.

Pembalap Ducati baru mulai menunjukkan performa yang baik setelah memasuki lima menit terakhir sesi latihan. Jorge Martin, yang memasang dua ban medium, berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 1:30,520. Espargaro, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales juga berhasil masuk ke empat besar.

Pol Espargaro berhasil menggeser posisi kakaknya dan menduduki peringkat ketiga pada detik-detik terakhir. Sepuluh besar di sesi latihan ini diisi oleh Franco Morbidelli, Augusto Fernandez, Diggia, Raul Fernandez, Alex Marquez, dan Francesco Bagnaia.

Namun, Repsol Honda, yang merupakan tim pabrikan Honda, mengalami hasil yang kurang memuaskan. Marc Marquez menempati posisi ke-18, sedangkan Joan Mir berada di posisi ke-20. Keduanya terpisah oleh Johann Zarco.

Berikut adalah hasil dari sesi latihan bebas pertama MotoGP Thailand:

1. Jorge Martin (Ducati)
2. Aleix Espargaro (Aprilia)
3. Pol Espargaro (Honda)
4. Franco Morbidelli (Yamaha)
5. Maverick Vinales (Aprilia)
6. Augusto Fernandez (KTM)
7. Diggia (Ducati)
8. Raul Fernandez (KTM)
9. Alex Marquez (Honda)
10. Francesco Bagnaia (Ducati)

Dari hasil sesi latihan bebas pertama ini, terlihat bahwa Jorge Martin tampil sangat kuat dengan mencatatkan waktu tercepat. Namun, persaingan masih sangat ketat dengan Aleix Espargaro dan Pol Espargaro yang mampu bersaing di posisi terdepan. Kita tunggu bagaimana hasil kualifikasi dan balapan yang akan berlangsung pada hari-hari mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

16 − 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.