Home News MotoGP Revolusi Peraturan Kejuaraan MotoGP: Pengurangan Mesin dan Aerodinamika

Revolusi Peraturan Kejuaraan MotoGP: Pengurangan Mesin dan Aerodinamika

by Dita
ducati 1

Ducati, Honda, Yamaha, Aprilia, dan KTM membentuk MSMA, sebuah asosiasi pabrikan yang bekerja sama untuk merancang peraturan baru yang akan diberlakukan mulai tahun 2027. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kecepatan yang dicapai oleh prototipe, dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan di sirkuit seoptimal mungkin. Salah satu langkah yang diambil adalah pengurangan kapasitas mesin dari 1000 cc menjadi 850 cc, yang secara langsung akan menyebabkan penurunan kekuatan mesin. Meskipun awalnya beberapa pabrikan meragukan langkah ini, namun akhirnya mereka menyetujuinya.

Pabrikan-pabrikan pesaing juga memahami bahwa perubahan yang sama relevan akan diterapkan pada peraturan musim 2027 di tingkat aerodinamika, bahan bakar, dan lainnya. Selain itu, juga ada rencana untuk memperkenalkan power unit dengan sifat baru. Namun, masih terdapat beberapa poin yang masih dalam diskusi dan belum ada kesepakatan, seperti pembatasan atau bahkan kemungkinan pelarangan perangkat ketinggian belakang. Beberapa pabrikan mengusulkan untuk menghilangkan perangkat depan secara langsung, namun hingga saat ini belum ada kesepakatan mengenai hal tersebut.

Tujuan dari revolusi ini adalah untuk mengurangi aerodinamika (bodywork) dan volume serta ukuran sirip, dengan tujuan untuk meminimalkan turbulensi dan panas berlebih pada ban yang dihasilkan oleh sepeda motor bagi mereka yang berkendara di belakang. Hal ini dianggap penting terkait dengan keselamatan, karena sistem pengereman saat ini jelas terpengaruh. Oleh karena itu, MSMA telah menjadwalkan pertemuan baru setelah akhir musim di Valencia, untuk mencoba memajukan kesepakatan dan mulai menyelesaikan kesepakatan akhir.

Transisi dari mesin 1.000 cc menjadi 850 cc akan menjadi yang keempat di kelas utama dalam sejarah kejuaraan MotoGP. Sebelumnya, perubahan serupa terjadi dari mesin dua-tak dan 500cc saat era MotoGP diperkenalkan pada tahun 2001, lalu dari 4T dan 990 cc. Pada tahun 2007, kapasitas mesin dikurangi menjadi 800 cc, sebelum akhirnya kembali ke 1000 cc pada tahun 2012. Pengurangan yang diusulkan oleh MSMA ini akan membawa MotoGP lebih dekat ke Moto2, meskipun perbedaan besar antara kedua kategori tersebut akan terus ditandai oleh elektronik, yang semakin canggih di kelas utama.

Dengan adanya perubahan-perubahan ini, Dorna berharap dapat mengandalkan kembali pada enam merek berbeda untuk mengikuti kejuaraan MotoGP. Meskipun masih terdapat beberapa poin yang perlu diselesaikan, namun para pabrikan dan asosiasi terkait sedang bekerja keras untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak. Semoga dengan perubahan-perubahan ini, kejuaraan MotoGP akan semakin menarik dan keselamatannya dapat lebih terjamin.

Related Articles

Leave a Comment

two × 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.