Home Otomotif Kampas Rem Palsu Bisa Berbahaya

Kampas Rem Palsu Bisa Berbahaya

by Rohmat Ali

Bahaya Menggunakan Kampas Rem Palsu Pada Kendaraan Bermotor.

Kampas Rem Palsu, Bahaya yang Mengintai Kendaraan Anda

JAKARTA, iNews.id – Rem merupakan komponen penting pada kendaraan yang berfungsi memperlambat hingga menghentikan laju. Apabila menggunakan sparepart palsu, maka ada bahaya yang mengintai.

Prinsip kerja rem adalah dengan memanfaatkan gesekan yang terjadi antara 2 buah brake pad atau kampas rem dengan piringan cakram. Ketika pedal rem diinjak maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper.

Piston ini akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan menjadi terhenti. Untuk menjaga sistem rem pada kendaraan agar tetap pada kondisi yang ideal, maka perawatan rem harus selalu rutin dilakukan.

Menjaga Sistem Rem pada Kendaraan dalam Kondisi Ideal

Kondisi sistem rem tidak selamanya ideal, gesekan pada komponen sistem rem menyebabkan performa rem akan semakin menurun. Hal ini terjadi karena ketebalan kampas rem dan brake disc akan selalu berkurang seiring waktu pengoperasian. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan merawat sistem rem secara rutin agar kondisinya tetap optimal.

Bahaya Menggunakan Kampas Rem Palsu

Dalam memilih kampas rem, sebaiknya harus berhati-hati. Banyak kampas rem yang beredar di pasaran menawarkan harga murah. Ini bisa menjadi tanda kampas rem palsu. Ini dampak buruk menggunakan kampas rem palsu pada performa pengereman di kendaraan bermotor.

1. Cakram akan cepat aus

Memiliki struktur material yang lebih keras dibandingkan kampas rem original, maka produk palsu dapat menyebabkan piringan cakram terkikis. Hal ini disebabkan gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan cakram. Pemngendara akan merasa kampas rem lebih awet tetapi harus merelakan piringan cakram kendaraan yang aus.

2. Suara bising pada saat pengereman

Gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu yang memiliki jenis material tidak standar atau dianggap lebih keras menyebabkan bunyi abnormal pada saat pengereman. Hal ini mungkin akan mengganggu ketika berkendara.

3. Rem kurang pakem

Kampas rem palsu lebih awet dibandingkan dengan kampas rem original. Namun, material kampas rem palsu lebih keras tetapi tingkat kepakeman tidak sebaik produk original atau asli dari pabrikan. Kampas rem ori cenderung lebih empuk sehingga bisa bekerja secara optimal dengan memberikan daya cengkram ke cakram yang lebih baik pada saat pengereman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kampas rem palsu dapat membahayakan keselamatan berkendara. Dengan adanya gesekan yang tidak ideal antara kampas rem palsu dengan piringan cakram, maka performa pengereman kendaraan akan menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan kampas rem yang asli dan berkualitas. Jangan tertipu dengan harga murah karena keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya jauh lebih berharga.

Related Articles

Leave a Comment

five × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.