Home News MotoGP Balapan MotoGP Valencia 2023: Persaingan Sengit Ducati vs Yamaha

Balapan MotoGP Valencia 2023: Persaingan Sengit Ducati vs Yamaha

by Dita
motogp qatar gp 2023 francesco 2

MotoGP Valencia 2023: Persaingan Sengit Antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia

Sirkuit Ricardo Tormo akan menjadi saksi dari pertarungan sengit antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia di MotoGP Valencia 2023. Kedua pembalap akan memacu Ducati Desmosedici GP23 mereka untuk merebut gelar juara. Grand Prix kali ini akan diadakan di Cheste, pinggiran Valencia, yang sudah enam kali menjadi tuan rumah perebutan gelar juara dalam 17 tahun terakhir. Perubahan jadwal juga terjadi karena adanya F1 GP Abu Dhabi, sehingga balapan MotoGP Valencia diundur satu jam dari biasanya.

Sirkuit Ricardo Tormo, yang merupakan salah satu trek terpendek di kejuaraan, memiliki kesulitan teknis yang diperparah dengan banyaknya perubahan arah. Hal ini mengharuskan para pembalap untuk menghabiskan banyak waktu di tikungan. Dengan putaran yang diselesaikan dengan arah berlawanan dengan jarum jam, sebagian besar tikungan di sirkuit ini mengarah ke kiri. Sirkuit tipe stadion ini juga membutuhkan ban asimetris di depan dan belakang dalam kondisi kering, dengan dinding samping kiri yang diperkuat.

Sejak dimulainya era MotoGP, beberapa pembalap dan pabrikan menonjol di Sirkuit Ricardo Tormo. Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo menjadi pembalap yang mencatatkan prestasi dengan empat kemenangan. Sementara itu, Honda memiliki statistik terbaik di sirkuit ini dengan 10 kemenangan, diikuti oleh Yamaha dengan 6 kemenangan, Ducati dengan 4 kemenangan, dan Suzuki dengan 2 kemenangan. Edisi 2021 akan memiliki tempat khusus dalam sejarah Ducati, di mana Pecco Bagnaia memenangi balapan untuk mengukuhkan statusnya sebagai penantang gelar untuk tahun 2022.

Jorge Martin dan Francesco Bagnaia akan melanjutkan persaingan mereka di MotoGP Valencia 2023. Dalam edisi sebelumnya, Bagnaia berhasil memenangi balapan untuk mengukuhkan statusnya sebagai penantang gelar untuk tahun 2022. Pada tahun berikutnya, ia pun dinobatkan sebagai juara. Sementara itu, Jorge Martin suka mengingatkan bahwa dia juga sangat menikmati trek ini, setelah berada di posisi terdepan dan naik podium selama dua tahun terakhir.

Selain persaingan antarpembalap, jadwal MotoGP Valencia 2023 juga menjadi sorotan. Pada Jumat, 24 November 2023, akan diadakan sesi latihan dan practice untuk kategori Moto3, Moto2, dan MotoGP. Sesi latihan akan dilanjutkan pada Sabtu, 25 November 2023, sebelum akhirnya memasuki sesi kualifikasi dan sprint race. Minggu, 26 November 2023, akan menjadi hari puncak di mana balapan untuk kategori Moto3, Moto2, dan MotoGP akan dilangsungkan.

Dengan persaingan yang semakin memanas antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia, MotoGP Valencia 2023 diprediksi akan menjadi salah satu balapan yang menarik untuk disaksikan. Dukungan dari para penggemar MotoGP di seluruh dunia diharapkan dapat memberikan semangat dan energi tambahan bagi para pembalap untuk memberikan performa terbaik mereka di Sirkuit Ricardo Tormo.

Related Articles

Leave a Comment

3 × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.