Home Otomotif Pemotor Ditegur Tetap Berteduh, Bakal Ditilang

Pemotor Ditegur Tetap Berteduh, Bakal Ditilang

by Rohmat Ali

Pengendara Sepeda Motor di Indonesia Diimbau untuk Memakai Jas Hujan Saat Musim Hujan.

Musim hujan telah tiba di beberapa daerah di Indonesia. Bagi para pengendara, terutama pemilik sepeda motor, persiapan lebih baik diperlukan untuk menghadapi kondisi ini. Salah satu perlengkapan yang sangat penting adalah jas hujan. Namun, sayangnya masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak melengkapi diri dengan jas hujan saat berkendara.

Perlengkapan ini menjadi sangat penting untuk menghindari kedinginan dan basah saat hujan. Namun, akibat dari ketidaksiapan ini, banyak pemotor yang memilih untuk berteduh di kolong jembatan atau flyover. Hal ini tidak hanya mengganggu arus lalu lintas, tetapi juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, perilaku tersebut juga berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas yang tidak hanya mengganggu ketertiban, tetapi juga membahayakan keselamatan pengguna jalan. Hal ini juga bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 105 yang menyatakan bahwa setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan mencegah hal-hal yang dapat membahayakan keamanan lalu lintas.

Sebagai tanggapan atas perilaku ini, pemerhati masalah transportasi, Budiyanto, menyatakan bahwa aparat kepolisian berhak untuk menindak pengendara yang berteduh di kolong dan memicu kemacetan. Pengendara yang mematuhi teguran akan dibiarkan melanjutkan perjalanan, namun bagi yang tidak patuh, polisi berhak untuk menindak dengan melakukan tilang.

Dalam Pasal 104 ayat 3 UU 22/2009 disebutkan bahwa pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian. Sedangkan Pasal 282 mengatur bahwa setiap pengguna jalan yang tidak mematuhi perintah polisi dapat dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

Pada akhirnya, Budiyanto mengimbau kepada semua pengguna jalan untuk mempersiapkan kelengkapan berkendara saat hujan. Jika ingin menggunakan jas hujan, disarankan untuk mencari pemberhentian di tempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Ini penting untuk memastikan keselamatan dan ketertiban lalu lintas di jalan raya.

Dengan demikian, penting bagi para pengendara, khususnya pengendara sepeda motor, untuk memahami pentingnya kelengkapan berkendara, terutama saat musim hujan. Jangan hanya memikirkan kenyamanan pribadi, tetapi juga memikirkan keselamatan dan kenyamanan bersama. Dengan demikian, dapat membantu menciptakan arus lalu lintas yang lebih lancar dan aman bagi semua pengguna jalan. Semoga dengan kesadaran ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dalam berlalu lintas, terutama saat musim hujan.

Related Articles

Leave a Comment

4 + thirteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.