Home News MotoGP Maverick Viales Raih Pole di MotoGP Valencia

Maverick Viales Raih Pole di MotoGP Valencia

by VR46 Fans

Maverick Viales Raih Pole Position MotoGP di Valencia untuk dua balapan penentu. Pecco Bagnaia memperbaiki masalahnya dan akan start di depan Jorge Martn yang tidak bisa menekan lawannya dan hanya akan memulai balapan dari posisi keenam di belakang yang dipegang oleh pebalap Italia tersebut.

Kondisi cuaca saat itu cukup baik, dengan matahari bersinar terang, namun udara terasa dingin dengan suhu sekitar 15 derajat Celsius dan 12 derajat Celsius di aspal.

Sebelum sesi latihan bebas kedua dimulai, Repsol Honda mengumumkan bahwa Joan Mir akan absen sepanjang sisa grand prix karena masalah leher. Diperkirakan dia akan berpartisipasi dalam uji coba.

Alex Rins akan balapan untuk terakhir kalinya dengan LCR Honda. Sementara itu, Miguel Oliveira absen di tim RNF Aprilia dan digantikan oleh pembalap uji Lorenzo Savadori.

Pada sesi kualifikasi 1, semua mata tertuju pada Pecco Bagnaia. Di sesi latihan sebelumnya, dia tampil cepat dan tampaknya telah menyelesaikan masalahnya.

Saat keluar dari pit, Alex Marquez meniru langkah kakaknya dan berada di belakangnya, meskipun dengan jarak tertentu.

Di putaran pertamanya, sang pemimpin dan juara bertahan sudah mencatat waktu 1:29.6 yang sangat bagus. Di putaran kedua, catatan waktu yang lebih baik dicetak oleh pembalap Cervera tersebut. Augusto Fernandez hanya berjarak tujuh milidetik dari pebalap asal Turin, sehingga kepercayaan dirinya pun semakin bertambah.

Ketika istirahat, ketiga pembalap tersebut unggul jauh dari yang lain: Quartararo hanya memiliki satu motor setelah menghancurkan Yamaha-nya dalam latihan bebas. Pol Espargar dan Bastianini tertinggal jauh. Morbidelli, Nakagami, atau Marini, bahkan lebih jauh lagi.

Pecco keluar dengan sangat cepat dan ban baru. Tidak ada waktu bagi siapa pun untuk mengikutinya. Dia mencatat waktu 1:29.1 yang sangat bagus. Hanya terpaut 43 milidetik dari rekor lintasan yang dibuat oleh Maverick Viales pada hari sebelumnya. Pada putaran berikutnya, Bagnaia memecahkan rekor tersebut dengan waktu 1:29.054 yang fenomenal. Senyum kembali terpancar di box resmi Ducati.

Pembalap asal Chivasso itu pergi ke garasinya dengan percaya diri bahwa tidak ada yang bisa menggesernya dari posisinya. Alex Marquez sedikit melebar dalam upaya terakhirnya. Augusto juga tidak berhasil memperbaiki waktu. Juara Moto2 2022 itu tidak lolos dalam 37 milidetik terakhir. Bastianini memaksa, tapi tidak berhasil. Dengan demikian, Bagnaia dan Alex Marquez lolos ke sesi Q2. Di bagian belakang kedua grid, posisinya akan diisi oleh: 13. Augusto Fernandez, 14. Bastianini, 15. Quartararo, 16. Nakagami, 17. Marini, 18. Pol Espargar, 19. Morbidelli, 20. Rins, dan 21. Savadori.

Pada sesi Q2, saat keluar dari pit, tear off, plastik yang dilepas dari helm, Marc Marquez mengenai Jorge Martn, yang melepasnya. Kakak dari Marquez bersaudara itu mencoba mengikuti Jorge, yang kemudian sengaja melebar untuk melepaskan diri dari Marquez. Namun, Marquez tetap berada di belakangnya.

Bagnaia keluar dengan ban belakang bekas, dari sesi sebelumnya. Itu adalah ‘pemanasan’ dan tidak bertahan lama dengan ban tersebut.

Binder mencatat waktu bagus 1:29.1 sebagai referensi pertama. Martn, yang mengikuti Marc, berada di posisi kedua dengan selisih 11 milidetik. Namun, pembalap Cervera itu berada di belakang.

Pecco kembali ke lintasan dengan cepat, sebelum Martinator kembali, sehingga dia tidak bisa mengikuti dan menekan. Namun, pembalap Italia tersebut menggunakan ban depan yang sudah digunakan selama empat putaran dan ban belakang yang baru digunakan satu putaran. Sementara itu, Jorge memulai balapan dengan ban keras. Hal yang aneh.

Bagnaia ingin meninggalkan yang lain dan berada di posisi terdepan. Pada putaran berikutnya, dia bahkan memecahkan rekor yang baru saja dibuat beberapa menit sebelumnya.

Marc sangat dekat dengan Jorge. Mereka hampir bersentuhan, tapi tidak berjalan dengan baik. Pada putaran berikutnya, octocampen itu terjatuh di tikungan 2. Tak lama kemudian, Martn tergelincir dan tidak bisa memperbaiki waktunya. Kemudian, Alex Marquez mengalami kecelakaan.

Sementara itu, Maverick Viales bisa mengejar Pecco dan mencetak rekor waktu. Pembalap asal Madrid itu tidak bisa memperbaiki waktunya dan tidak bisa menekan Bagnaia.

Pada akhirnya, pole position diraih oleh Viales, diikuti oleh Bagnaia di posisi kedua, Zarco di posisi ketiga, dan KTM di belakangnya, dengan Miller dan Binder. Jorge Martn hanya berada di posisi keenam. Bukan posisi terbaik untuk mengejar kemenangan dan gelar. Alex berada di posisi kedelapan dan Marc di posisi kesembilan. Bukan Q2 mereka.

Related Articles

Leave a Comment

16 − 11 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.