Home News MotoGP Pembalap Aprilia Raih Pole Pertamanya di Sirkuit Ricardo Tormo

Pembalap Aprilia Raih Pole Pertamanya di Sirkuit Ricardo Tormo

by Dita

Maverick Vinales Meraih Pole Position di MotoGP Valencia

Pebalap pabrikan Aprilia, Maverick Vinales, berhasil mencatatkan waktu 1:28,931 detik di Sirkuit Ricardo Tormo untuk meraih pole position pertamanya sejak Assen pada 2021. Dia berhasil mengasapi Francesco Bagnaia, yang sebelumnya mendominasi Q1 sebelum menyelesaikan Q2 di urutan kedua. Sementara itu, saingan utamanya, Jorge Martin, hanya finis di urutan keenam. Hal ini memberi Bagnaia keuntungan menuju Sprint Race sore ini, di mana ia dapat meraih gelar keduanya secara beruntun kalau mengalahkan Martin dengan selisih empat poin.

Johann Zarco akan memulai balapan terakhirnya bersama Pramac Racing dari baris terdepan, sebelum pindah ke LCR Honda musim depan. Hal ini menjadi momen yang menarik karena persaingan di lintasan semakin sengit. Martin nyaris lolos dari bencana di awal Q2 setelah sobekan bagian motor Marc Marquez hampir tersangkut di airbox-nya. Vinales memimpin dengan 1 menit 29,534 detik setelah lap pertama, namun ia disalip oleh pembalap KTM, Brad Binder, dengan Martin di posisi kedua dan Bagnaia terakhir. Pembalap pabrikan Ducati itu tetap berada di depan sementara rival-rivalnya beradu cepat di pertengahan lintasan. Sementara, Martin memilih untuk mengganti motornya.

Sang juara bertahan kemudian menjadi yang tercepat dengan torehan 1:29,167, mengungguli Binder dan Martin, sebelum Bagnaia kembali mencatatkan rekor lap baru usai membukukan 1:29,023. Namun, persaingan semakin panas ketika Marquez dan Martin nyaris bersenggolan di Tikungan 8, saat pembalap Honda itu mengambil risiko di akhir pekan terakhirnya sebelum pindah ke Gresini untuk 2024. Vinales kemudian mencatatkan waktu terbaiknya, 1 menit 28,931 detik, sebelum Marquez crash di belakang Martin di Tikungan 2. Pembalap muda Pramac tersebut kemudian mundur usai mengalami goyangan besar saat keluar dari Tikungan 4. Alex Marquez kemudian terjatuh, begitu juga dengan Binder di Tikungan 8.

Bagnaia mendominasi Q1, memuncaki awal sesi di depan adik Marc Marquez, dengan upaya pertamanya yang lebih cepat dari lap-lap hari Jumat. Meskipun pilot Gresini Racing membukukan beberapa putaran yang lebih cepat, Bagnaia kemudian mencatatkan rekor lap baru dengan catatan waktu 1:29,054. Namun, prestasi itu segera ditutup Vinales. Jack Miller dari KTM akan berada di urutan keempat di depan Binder, dengan Martin P6. Marco Bezzecchi bertengger di posisi ketujuh, bersanding dengan Alex Marquez dan Marc Marquez. Raul Fernandez mengisi grid ke-10 untuk RNF Aprilia, dengan pemenang MotoGP Qatar, Fabio Di Giannantonio, berada di depan Aleix Espargaro dari Aprilia untuk melengkapi posisi 12 besar. Augusto Fernandez nyaris gagal tembus Q2 dengan motor Tech3 GasGas, melanjutkan musim rookie-nya yang kuat. Enea Bastianini berada di belakangnya di atas motor Ducati dan pembalap Yamaha Fabio Quartararo melengkapi barisan kelima.

Takaaki Nakagami dari LCR, Luca Marini dari VR46 dan Pol Espargaro (GasGas) melengkapi barisan keenam, dengan Franco Morbidelli (Yamaha), Alex Rins dari LCR dan Lorenzo Savadori, yang menggantikan posisi Miguel Oliveira yang mengalami cedera di RNF, melengkapi barisan terdepan. Dengan hasil yang didapat dari kualifikasi ini, persaingan di balapan akan semakin menarik dan menegangkan. Para pembalap akan berusaha untuk menunjukkan performa terbaiknya dan meraih hasil yang memuaskan di MotoGP Valencia. Semua mata akan tertuju pada Maverick Vinales, Francesco Bagnaia, dan Jorge Martin yang akan berusaha untuk meraih kemenangan di balapan ini.

Related Articles

Leave a Comment

fifteen + sixteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.