Home News MotoGP Rumor Davide Brivio Menggantikan Posisi Manajer Tim Honda

Rumor Davide Brivio Menggantikan Posisi Manajer Tim Honda

by Dita
davide brivio racing director

Davide Brivio, Sosok yang Diharapkan Bisa Mengangkat Kembali Honda di MotoGP

Honda telah mengalami sejumlah pergantian personel, dengan mantan manajer teknis Takeo Yokoyama digantikan oleh mantan kepala teknis Suzuki, Ken Kawauchi. Kini, menjelang putaran terakhir musim 2023 di Valencia, ada rumor yang mengatakan bahwa posisi manajer tim Honda, Puig, bisa jadi terancam. Puig mengambil alih posisi manajer tim pada 2018 dari Livio Suppo, yang menggantikan Brivio di Suzuki musim lalu sebelum tim asal Jepang itu keluar dari seri pada akhir 2022. Menurut laporan Speedweek, mantan bos tim Yamaha dan Suzuki, Brivio, bisa saja menggantikan posisi Puig di Honda musim depan. Brivio berperan penting dalam membawa Valentino Rossi ke Yamaha pada 2004, mengakhiri paceklik gelar bagi tim yang berdiri sejak 1992. Pada 2020, ia membantu memandu Suzuki meraih gelar juara dunia pertamanya dalam 20 tahun terakhir bersama Joan Mir, sebelum menerima peran sebagai direktur balap Alpine di Formula 1 pada 2021.

Brivio keluar dari tim F1 pada 2022 untuk mengepalai program pengembangan pembalap muda sebagai direktur proyek ekspansi balap. Kontraknya dengan Alpine dilaporkan akan berakhir tahun ini, meskipun dalam laporan terpisah Speedweek, Brivio telah membantah hubungan dengan Honda. Honda sedang mengalami masa sulit di kelas utama, dengan saat ini berada di posisi terakhir dalam kejuaraan dunia konstruktor. Meskipun berhasil memenangkan grand prix dengan Alex Rins dari LCR di Austin awal tahun ini, sejauh ini Honda hanya mencatatkan satu podium di hari Minggu, saat Marc Marquez finis ketiga di Grand Prix Jepang yang basah.

Begitulah kesulitan yang dihadapi Honda pada 2023, Marquez – yang memenangi enam gelar dalam tujuh tahun bersama tim antara 2013 dan 2019 – memilih untuk mengakhiri kontraknya setahun lebih awal untuk bergabung dengan Gresini Ducati dengan motor yang masih berusia satu tahun. Honda juga akan kehilangan sponsor Red Bull tahun depan, setelah perusahaan minuman berenergi tersebut menyusul Marquez ke Gresini. HRC juga secara hukum tidak akan diizinkan untuk menerima dukungan dari perusahaan minuman energi lain hingga 2025. Rins akan bergabung dengan Marquez yang akan meninggalkan kontrak dua musim untuk bergabung dengan Yamaha pada tahun 2024, setelah merasa diremehkan oleh Honda selama musim yang dilanda cedera bersama LCR.

Dengan kondisi Honda yang sedang sulit, kehadiran Davide Brivio diharapkan bisa memberikan angin segar bagi tim. Sebagai sosok yang memiliki pengalaman sukses dengan tim Suzuki, Brivio diharapkan bisa membawa perubahan positif bagi Honda. Dengan reputasi yang telah dibangunnya selama bertahun-tahun di dunia MotoGP, Brivio diharapkan bisa membawa strategi dan keputusan yang tepat untuk mengangkat kembali performa Honda di lintasan balap. Meskipun masih sebatas rumor, kemungkinan besar Brivio akan menerima tawaran dari Honda mengingat pengalamannya yang luas dan jejak suksesnya di dunia MotoGP.

Pergantian manajer tim merupakan hal yang wajar dalam dunia balap, terutama ketika sebuah tim sedang mengalami masa sulit. Dengan pengalaman dan keberhasilan yang telah diraihnya, Davide Brivio diharapkan bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi Honda. Di sisi lain, peran Alberto Puig yang mungkin akan terancam juga menunjukkan dinamika persaingan di dunia balap yang selalu berubah. Namun, hal ini juga menunjukkan bahwa Honda tengah melakukan langkah strategis untuk memperbaiki performa tim mereka di MotoGP.

Sebagai penggemar balap, kita tentu berharap agar persaingan di lintasan semakin seru dan menarik. Kehadiran sosok seperti Davide Brivio di Honda bisa menjadi salah satu faktor yang membuat persaingan semakin menarik. Semoga, jika rumor ini benar adanya, Brivio bisa membawa Honda kembali ke jalur kemenangan dan menjadi pesaing yang tangguh di MotoGP. Semua penggemar balap tentu berharap agar Honda bisa kembali bersaing di puncak klasemen dan memberikan pertunjukan balap yang menarik bagi para penonton di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Comment

nine + seventeen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.