Home Otomotif Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

by Rohmat Ali

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor, Tentukan Titik Istirahat

Momen liburan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sama seperti libur lebaran, masyarakat banyak yang melakukan mudik ataupun liburan ke luar kota atau menuju kampung halamannya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh menggunakan sepeda motor wajib untuk mempersiapkan segala hal saat berkendara. Mulai dari persiapan kendaraan, perlengkapan berkendara, persiapan diri, dan rencana perjalanan.”

Saat akan melakukan perjalanan, hal pertama yang dilakukan adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, mulai dari mesin, ban, rem, lampu, dan spion. Langkah selanjutnya, persiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Pengendara dapat menggunakan smartphone untuk menentukan jalur mudik yang paling mudah dilalui dan memakan waktu paling sedikit. Dengan demikian, perjalanan mudik jauh akan menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan mengetahui rute perjalanan, pengendara dapat menentukan titik-titik peristirahatan selama perjalanan.

Melakukan istirahat sangat penting di sela-sela saat berkendara, karena dapat membantu pengendara untuk tetap fokus. Sebaiknya, setiap dua jam perjalanan melakukan istirahat guna mencegah kelelahan, yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan. Pastikan tubuh pengendara terhidrasi dengan baik dengan cukup minum dan mengkonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit. Jika menggunakan tas punggung, pastikan ukurannya sesuai dengan bahu pengendara agar terlihat oleh pengendara lain.

Penting untuk memastikan bahwa beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang seharusnya untuk motor tersebut. Selalu perhatikan untuk membawa jas hujan di dalam motor, sehingga kita siap menghadapi kondisi cuaca saat hujan. “Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, yang paling penting saat melakukan perjalanan mudik jauh adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman. Pastikan selalu menggunakan helm, jaket, dan riding gear lainnya saat berkendara selama di perjalanan,” kata Ludhy.

Demi keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan jauh, sangat penting untuk memeriksa kondisi fisik dari motor itu sendiri. Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa ban, rem, cairan pendingin mesin, dan persediaan amplop kecil dalam motor. Pastikan juga untuk membersihkan kaca spion dan kaca depan motor untuk memastikan visibilitas yang baik.

Perlengkapan berkendara yang nyaman dan aman sangat diperlukan dalam perjalanan jauh. Pastikan untuk memakai helm yang sesuai standar SNI dan masih dalam kondisi baik. Memilih helm yang benar-benar pas dan nyaman akan memberikan kenyamanan dalam berkendara jarak jauh. Serta pastikan juga untuk memakai sepatu yang nyaman dan tahan air, serta jaket pelindung tubuh yang dapat memberikan perlindungan dalam keadaan darurat.

Saat melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk selalu membawa perlengkapan cadangan seperti kunci kontak, busi, kipas radiator cadangan, dan lainnya. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu di tengah perjalanan yang bisa membuat perjalanan terhenti mendadak. Selain itu, pastikan untuk membawa dokumen kendaraan dan identitas diri yang diletakkan pada tas pinggang yang mudah dijangkau.

Kecelakaan seringkali terjadi karena pengendara mengemudikan tanpa persiapan yang matang. Perencanaan adalah kunci untuk melakukan perjalanan jauh dengan aman dan nyaman. Pastikan untuk merencanakan rute perjalanan, titik-titik perhentian dan istirahat, serta persiapan fisik dan mental sebelum memulai perjalanan. Dengan demikian, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Articles

Leave a Comment

15 + eleven =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.